Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indeks Informasi


peta indonesia

Peta Indonesia - menyajikan peta Indonesia dan gambar satelit secara lengkap.

siklus air

Siklus Air - menjelaskan tahapan proses siklus air sesuai dengan urutannya.

kondisi geografis pulau jawa

Kondisi Geografis Pulau Jawa - kekhasan geografi Pulau Jawa yang berbeda dari pulau lainnya.

SDA yang Dapat Diperbaharui

SDA yang Dapat Diperbaharui - Definisi SDA yang dapat diperbaharui disertai contohnya.

Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia - informasi mengenai letak geografis dan astronomis Indonesia serta pengaruhnya.

Kondisi Geografis Pulau Kalimantan

Kondisi Geografis Pulau Kalimantan - Keadaan geografi pulau Kalimantan yang khas dibanding pulau lainnya.

Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Terpanjang di Dunia - penjelasan sungai terpanjang di dunia, apakah S.Amazon ataukah S.Nil.

Kondisi Geografis Pulau Sulawesi

Kondisi Geografis Pulau Sulawesi - kekhasan geografi pulau sulawesi yang menarik untuk dikunjungi.

Peta Eropa

Peta Eropa - menyajikan peta benua eropa disertai batas wilayah dan negara-negara di dalamnya.

SDA yang Tidak Dapat Diperbaharui

SDA yang Tidak Dapat Diperbaharui - pengertian SDA yang tidak dapat diperbaharui dilengkapi dengan contohnya.

Kondisi Geografis Pulau Sumatera

Kondisi Geografis Pulau Sumatera - informasi keadaan geografi pulau Sumatera yang menarik dipelajari.

Peta Malaysia

Peta Malaysia - penyajian peta negara Malaysia disertai batas wilayah dan kota pentingnya.


AIR

Air adalah senyawa dengan rumus kimia molekul H2O (dihidrogen monoksida), dimana setiap molekulnya mengandung 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen yang berikatan kovalen. Pada suhu 273,15°K (0°C) dan tekanan 1 bar (100 kPa) sifat air akan selalu tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Di bumi, air merupakan senyawa yang paling penting bagi semua bentuk kehidupan serta menutupi sekitar 71% permukaan bumi dengan total ketersediannya 330 juta mil kubik (1,4 triliun km3). Air bergerak mengikuti sebuah siklus yang disebut siklus air melalui penguapan, hujan, infiltrasi, dan runoff (aliran air di atas tanah).


PETA

Peta adalah representasi 2 dimensi permukaan bumi pada bidang datar. Peta berfungsi untuk menunjukkan posisi atau lokasi relatif di permukaan Bumi, memperlihatkan bentuk-bentuk permukaan Bumi, dan menyajikan data potensi suatu wilayah. Kartografi merupakan ilmu yang mempelajari seluk beluk peta. Sebuah peta biasanya memiliki unsur-unsur seperti judul, legenda, orientasi arah, skala, simbol dan warna.


BATUAN

Batuan memegang peran penting dalam sejarah pembentukan bumi yang secara sederhana dibagi dalam 3 bagian besar kelompok batuan, yaitu batuan beku, sedimen dan metamorf. Temukan penjelasan lengkap berbagai jenis batuan dari sisi genesa, sifat fisik, kimia, kegunaan, serta informasi penting lainnya pada tautan di bawah ini.


MINERAL

Mineral merupakan bahan padatan an-organik pembentuk batuan. Akumulasi berbagai macam mineral akan membentuk batuan. Temukan penjelasan lengkap berbagai jenis mineral baik dari sifat fisiknya, genesa, kegunaan, serta informasi penting lainnya pada tautan di bawah ini.


KAMUS

Jika anda kesulitan dengan istilah-istilah asing dalam bidang ilmu geologi, geografi ataupun ilmu bumi lainnya, maka informasi ini mudah-mudahan dapat menyelesaikan masalah tersebut. Temukan penjelasan singkat istilah yang anda cari tersebut sesuai abjad pada tautan di bawah ini.


PERUSAHAAN TAMBANG NON-MIGAS

Wilayah Indonesia terkenal dengan sumberdaya alam baik itu berupa mineral maupun batubara. Pengelolaan sumberdaya tersebut diwakili oleh perusahaan yang sudah mengantongi ijin resmi dari pemerintah. Temukan nama-nama perusahaan tersebut sesuai komoditas pengelolaannya pada tautan di bawah ini.


PERUSAHAAN TAMBANG MIGAS

Selain mineral dan batubara, Indonesia juga terkenal dengan sumberdaya alam minyak bumi dan gas alam. Pengelolaan sumberdaya tersebut juga diwakili oleh perusahaan yang sudah mengantongi ijin resmi dari pemerintah. Temukan nama-nama perusahaan tersebut sesuai wilayah/daerah pengelolaannya pada tautan di bawah ini.


PENDIDIKAN GEOLOGI

Menjadi seorang geologist ataupun ahli geologi sudah tentu membutuhkan pendidikan khusus. Di Indonesia institusi yang menyelenggarakan pendidikan geologi dan ilmu bumi masih sangat langka. Jika anda berminat atau hanya sekedar ingin mengetahui informasi universitas, institut, maupun akademi yang menyelenggarakan pendidikan geologi dan ilmu bumi tersebut maka ikutilah tautan di bawah ini.