Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Yang Membuatnya Berbeda Dari Pulau Lainnya Di Indonesia

Bagaimana Kondisi Geografis Pulau Kalimantan? - Kalimantan pada jaman kolonial disebut dengan Borneo, yaitu sebuah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Istilah Borneo sebenarnya berasal dari sebutan yang di pakai oleh Inggris dan Belanda pada jaman penjajahan. Sedangkan untuk nama Kalimantan adalah nama pemberian yang digunakan oleh penduduk bagian timur dari pulau tersebut, yaitu Indonesia.

Ada 3 negara yang menempati pulau ini yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Jadi disini terdapat perbedaan penyebutan nama pulau tersebut yaitu masyarakat Indonesia akan lebih menggunakan kata Kalimantan, sedangkan masyarakat Malaysia dan Brunei menyebut pulau ini sebagai Borneo.

kondisi geografis pulau kalimantan berdasarkan peta
Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta.

Beberapa wilayah penting yang merupakan wilayah perbatasan antar negara di Pulau Borneo ini yaitu Sabah dan Serawak yang dimiliki Malaysia, Temburong dan Belait merupakan wilayah Brunei, serta Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat yang merupakan bagian dari wilayah Indonesia. Jika dihitung maka wilayah daratan Pulau Borneo sebanyak 73% dikuasai oleh Indonesia, 26% oleh Malaysia, dan 1% Brunei Darussalam.

Lihat juga: Kondisi Geografis Pulau jawa

Secara umum kondisi geografis pulau kalimantan berdasarkan peta terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Bentang alam seperti sungai sangat banyak di temukan di Pulau ini. Karena banyaknya sungai yang mengalir disini sehingga Pulau Kalimantan sering dijuluki dengan Pulau Seribu Sungai.

Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Secara Umum

Melihat Kondisi Geografis Pulau Kalimantan dalam wilayah Indonesia yaitu terletak diantara 4° 24' LU - 4° 10' LS dan antara 108° 30' BT - 119° 00' BT. Pulau kalimantan terletak di sebelah utara pulau Jawa, sebelah timur Selat Malaka, berada di barat pulau Sulawesi, dan disebelah selatan Filipina. Luas Pulau Kalimantan secara keseluruhan (Borneo) yaitu sekitar 743.330 Km2, sedangkan khusus bagian Indonesia, luas Pulau Kalimantan adalah 535.834 km2.

Pulau kalimantan juga dikelilingi oleh Laut Cina Selatan yaitu untuk bagian utara-barat, Laut Sulu untuk utara-timur, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di Timur serta Laut Jawa dan Selat Karimata pada bagian selatan.

Pulau Kalimantan memiliki Gunung Kinabalu (4095 m) yang terletak di sabah Malaysia yang merupakan lokasi tertinggi di Kalimantan. Ada juga gunung yang lainnya yaitu Gunung Lumut, Gunung Palung dan Gunung Liangpran.

Lihat juga: Kondisi Geografis Pulau Sumatera

Di pulau Kalimantan banyak terdapat sungai-sungai besar dan panjang, salah satunya yaitu Sungai Kapuas dengan panjang mencapai 1143 km yang terletak di Kalimantan Barat. Selain sebagai sungai terpanjang di Kalimantan, Sungai Kapuas juga merupakan pemegang rekor sungai terpanjang di Indonesia.

Selain Kapuas, ada juga Sungai Barito dengan panjang 890 km yang berada di Kalimantan Tengah, dan Sungai Mahakam dengan panjang 980 km yang berada di Kalimantan Timur.

Sekedar informasi bahwa saat ini total panjang jalan nasional Republik Indonesia yang ada di Kalimantan yaitu sepanjang 6.075,97 km, dimana kondisi jalan yang dianggap permanen dan layak baru mencapai 77%.

Kondisi Geografis Kalimantan Dilihat Dari Batasan Wilayahnya

Dilihat dari batas Laut Pulau Kalimantan:
  • Disebelah utara yaitu Laut Cina Selatan
  • Disebelah barat yaitu Selat Karimata
  • Disebelah timur yaitu Selat Makassar, Laut Sulawesi
  • Disebelah selatan yaitu Laut Jawa

Sedangkan jika dilihat dari Batas daratan Pulau Kalimantan diantaranya:
  • Sebelah utara yaitu Malaysia (Sabah dan Serawak)
  • Sebelah barat yaitu Selat Karimata
  • Sebelah timur yaitu Selat Makassar dan Laut Sulawesi
  • Sebelah selatan yaitu Laut Jawa

Lihat juga: Kondisi Geografis Pulau Sulawesi

Kondisi Geografis Lainnya

Berikut merupakan dataran rendah pada setiap provinsi di Pulau Kalimantan ialah:
  • Kalimantan Tengah, contohnya: Pangkalan Bun, Kuala Kapuas dan Kuala Pembuang
  • Kalimantan Timur, contohnya: sebelah utara (Redeb dan selor) sedangkan di sebelah selatan Pasir
  • Kalimantan Barat, yaitu Contohnya adalah Ketapang, dan Teluk Melano
  • Kalimantan Selatan, contohnya dataran rendah barat dari lanjutan rawa-rawa Kalimantan Tengah dan dataran rendah timur Pegunungan Meratus

Sedangkan Gunung yang ada di Kalimantan diantaranya:
  • Gunung Palung yaitu terletak di Kalimantan Barat
  • Gunung Bukit Raya yaitu terletak di Kalimantan Tengah
  • Gunung Liangpran lokasinya di Kalimantan Timur
  • Gunung Halau-halau yaitu Lokasinya di Kalimantan Selatan

Secara luas wilayah, Kalimantan meliputi seluruh pulau yang seringkali disebut juga dengan Borneo, sedangkan dalam arti sempit Kalimantan mengacu pada wilayah Indonesia saja. Kondisi Geografis Pulau Kalimantan yang berada khusus di wilayah Indonesia terletak antara 4° 24' LU - 4° 10' LS dan 108° 30' BT - 119° 00' BT, sedangkan luas secara keseluruhan daratan Pulau Borneo yaitu 743.330 Km2.