Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Yang Membuatnya Berbeda Dari Pulau Lainnya Di Indonesia

Kondisi Geografis Pulau Kalimantan - Kalimantan pada jaman kolonial sering kali disebut dengan Borneo yaitu pulau terbesar ketiga di dunia. Sebutan Borneo berasal dari nama sebutan yang di pakai oleh kolonial Inggris dan Belanda. Sedangkan untuk nama Kalimantan adalah nama pemberian yang digunakan oeh penduduk begian timur dari pulau yaitu Indonesia.

Ada pembagian wilayah dari pulau ini yaitu untuk Malaysia dan Brunei Darussalam adalah Sabah, Brunei dan Sarawak yang terletak di wilayah utara. Sementara untuk Indonesia wilayah utara yaitu provinsi Kalimantan Utara.

Lihat juga disini: Kondisi Geografis Pulau Sumatera

Dilihat dari kondisi geografis pulau kalimantan letaknya yaitu di sebelah utara pulau Jawa dan di sebelah barat pulau Sulawesi. Sehingga terdapat beberapa pembagian dari pulau Kalimantan menjadi wilayah Indonesia memiliki 73%, Malaysia 26% dan Brunei 1%. Karena banyaknya sungai yang mengalir sehingga pulau Kalimantan ini dijuluki dengan Pulau seribu sungai.

Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Secara Umum

Melihat Kondisi Geografis Pulau Kalimantan dalam wilayah Indonesia yaitu terletak diantara 4° 24' LU - 4° 10' LS dan antara 108° 30' BT - 119° 00' BT. Pulau kalimantan terletak di sebelah utara pulau Jawa, sebelah timur Selat Malaka, berada di barat pulau Sulawesi dan disebelah selatan Filipina. Sedangkan untuk luas Pulau Kalimantan yaitu 743.330 Km2.

Pulau kalimantan juga di kelilingi oleh Laut Cina Selatan yaitu untuk bagian utara-barat, Laut Sulu untuk utara-timur, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di Timur serta Laut Jawa dan Selat Karimata pada bagian selatan (lihat juga disini tentang Laut Terluas di Dunia).

Pulau Kalimantan memiliki Gunung Kinabalu (4095 m) yang terletak di sabah Malaysia yang merupakan lokasi tertinggi di Kalimantan. Ada juga gunung yang lainnya yaitu Gunung Lumut, Gunung Palung dan Gunung Liangpran.

Pada pulau Kalimantan juga terdapat sungai-sungai salah satunya yaitu sungai yang terluas adalah Sungai Kapuas (1143 km) pada Kalimantan Barat. Ada juga sungai Barito (880 km) di Kalimantan Tengah. Kalimantan Timur Indonesia yaitu ada sungai Mahakam (980 km) dan Dungai Rajang (562,5 km) di Serawak Malaysia.

Panjang Jalan Nasional Republik Indonesia di Kalimantan sepanjang 6.075,97 km yang secara umum dilihat dengan kondisi mantap baru mencapai 77%. Jika melihat luas Pulau Kalimantan yang berada pada wilayah Indonesia yaitu 535.834 km2.

Kondisi Geografis Kalimantan Dilihat Dari Batasan Wilayahnya

Dilihat dari batas Laut Pulau Kalimantan:
  • Disebelah utara yaitu Laut Cina Selatan
  • Disebelah barat yaitu Selat Karimatan
  • Disebelah timur yaitu Selat Makassar, laut Sulawesi
  • Disebelah selatan yaitu Laut Jawa

Sedangkan jika dilihat dari Batas daratan Pulau Kalimantan diantaranya:
  • Sebelah utara yaitu Malaysia (Sabah dan Serawak)
  • Sebelah barat yaitu Selat Karimata
  • Sebelah timur yaitu Selat Makassar dan Laut Sulawesi
  • Sebelah selatan yaitu Laut Jawa

Kondisi Geografis Lainnya

Berikut merupakan dataran rendah pada setiap provinsi di Pulau Kalimantan ialah:
  • Kalimantan Tengah. Contohnya: Pangkalabun, Kulau Kapuas dan Kulau Pembuang
  • Kalimantan Timur. Contohnya: sebelah utara (Redeb dan selor) sedangkan di sebelah selatan (pasir)
  • Kalimantan Barat yaitu Contohnya adalah Ketapang, dan Teluk Melano
  • Kalimanta Selatan. Contohnya dataran rendah barat dari lanjutan rawa-rawa Kalimantan Tengah dan dataran rendah timur yaitu Pegunungan Meratus

Sedangkan Gunung yang ada di Kalimantan diantaranya:
  • Gunung Palung yaitu terletak di Kalimantan Barat
  • Gunung Bukit Raya yaitu terletak di Kalimantan Tengah
  • Gunung Liangpran lokasinya di Kalimantan Timur
  • Gunung Halau-halau yaitu Lokasinya di Kalimantan Selatan

Secara luas, Kalimantan meliputi seluruh pulau yang seringkali disebut juga dengan Borneo. Sedangkan dalam arti sempit Kalimantan mengacu pada wilayah Indonesia saja. Kondisi Goeografis Pulau Kalimantan pada wilayah Indonesia terletak antara 4° 24' LU - 4° 10' LS dan 108° 30' BT - 119° 00' BT. Luas secara keseluruhan Pulau Kalimantan yaitu 743.330 Km2.

Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Yang Membuatnya Berbeda Dari Pulau Lainnya Di Indonesia