Inilah Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui - Manusia memerlukan sumber daya alam untuk berbagai hal. Wajib dipahami pengertian sumber daya alam adalah komponen alam yang sifatnya original atau tanpa campur tangan manusia. Di bumi sendiri, sumber daya alam berdasarkan sifat dan jumlah ketersediannya di alam, dibagi menjadi dua macam yakni sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

SDA yang tidak bisa diperbaharui tentunya tidak bisa ditambah, didaur ulang atau dibuat kembali. Jadi jika dipakai terus menerus, lama kelamaan akan habis dan tidak bisa digunakan. Hal ini berbeda dengan jenis SDA yang bisa diperbaharui, dimana tidak akan habis atau punah walaupun dipakai secara terus menerus. Pasalnya SDA ini bisa didaur ulang, dibuat kembali, ditambahkan atau dikonversi ke bentuk yang lain.

Jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah jenis yang saat ini banyak dikembangkan ataupun di konversi oleh para ilmuwan untuk menghasilkan sumber energi baru yang nantinya dapat digunakan untuk menopang kehidupan manusia di Bumi.
Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat diperbarui?
SDA yang dapat diperbaharui adalah salah satu jenis sumber daya alam yang tersedia di alam dan tidak akan pernah habis walaupun digunakan secara terus menerus.

Dalam dunia sains, istilah SDA yang dapat diperbaharui dikenal dengan sebutan renewable resources. Untuk bisa hidup di bumi, manusia memang memanfaatkan sumber daya alam yang disediakan oleh alam. Hanya saja untuk jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, manusia harus lebih hemat dan terbatas dalam pemakaiannya. Untuk pembelajaran kali ini, geologinesia akan lebih khusus membahas mengenai jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Perlu dipahami bahwa SDA yang dapat diperbaharui memiliki jumlah yang tidak terbatas sehingga bisa dipakai terus menerus. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan jika SDA ini seringkali digunakan sebagai sumber energi pengganti (alternatif) yang ramah lingkungan.

Di kehidupan sehari-hari, Anda tentunya sering melihat, bahkan memanfaatkan sumber daya dari alam yang bisa diperbaharui. Apa saja contoh sumber daya alam yang bisa diperbaharui? Inilah beberapa diantaranya:

1. Air
Air adalah senyawa organik di alam dan merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang sangat nyata kehadirannya. Bisa dilihat sendiri bahwa air merupakan sumber daya yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Walaupun jumlahnya sangat melimpah di bumi, nyatanya air dengan kualitas terbaik harus diproses terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari seperti minum, mencuci, memasak dan lain sebagainya.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Meskipun air sudah digunakan secara terus menerus oleh manusia, faktanya air tidak pernah habis. Hal ini dikarenakan adanya siklus hidrologi atau biasa disebut dengan siklus air yang membuat air selalu diperbaharui setiap waktunya.

2. Tumbuhan
Contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbarui selanjutnya adalah tumbuhan. Tumbuhan memiliki peranan yang penting untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Ada banyak tumbuhan yang bisa dimakan seperti tanaman buah-buahan, sayur-sayuran, umbi-umbian, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Walaupun tumbuhan telah banyak dimanfaatkan oleh manusia, tumbuhan tidak pernah habis. Karena tumbuhan bisa ditanam kembali sehingga menghasilkan bibit atau benih yang lebih banyak melalui proses pembudidayaan.

3. Tanah
SDA yang bisa diperbaharui selanjutnya adalah tanah. Tanah bisa diperbaharui karena meskipun sudah digunakan berkali-kali, fungsinya sebagai media tanaman tidak pernah berhenti. Asalkan, manusia menjaga kesuburan dan kualitas lapisan tanah dengan proses pemupukan dan pengolahan tanah yang tepat. Selain digunakan sebagai media tanaman, tanah juga bisa dimanfaatkan untuk bahan pengurugan atau pemerataan lahan sebelum membangun sebuah bangunan.

4. Hewan
Hewan meskipun sudah dimanfaatkan susu, daging, kulit dan bulunya untuk menjadi berbagai macam produk, tetap saja tidak akan mengalami kemusnahan. Karena hewan adalah makhluk hidup yang bisa dibudidayakan atau dikembangbiakkan oleh peternak.
Sebutkan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui?
Contoh SDA yang dapat diperbarui adalah angin, air, mikroorganisme, tanah, sinar matahari, hewan, tumbuhan, ombak, oksigen, geotermal, biomassa, dan lain-lain.

5. Sinar Matahari
Seperti yang diketahui bahwa energi matahari adalah Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui yang jumlahnya sangat melimpah. Walaupun energi matahari sudah banyak digunakan sebagai energi alternatif pembangkit listrik (panel surya), nyatanya energi matahari tidak berkurang apalagi habis.

Energi matahari memang bisa diubah menjadi energi listrik sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti menyalakan lampu, menonton tv, dan lain sebagainya. Energi listrik yang berasal dari sinar matahari juga terkenal sangat aman dan ramah lingkungan. Sehingga wajar saja jika semakin banyak daerah yang memanfaatkan energi alternatif ini.

6. Angin
Sama halnya dengan sinar matahari, angin merupakan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui yang seringkali dijadikan sebagai energi alternatif pembangkit listrik. Kekuatan angin yang besar juga bisa dimanfaatkan dalam sistem pengairan. Angin merupakan udara yang bergerak dan memiliki sumber kekuatan alam dengan kuantitas yang tidak terbatas. Selain ramah lingkungan, energi listrik yang dihasilkan dari kekuatan angin juga sangat murah.

7. Geothermal (Panas Bumi)
Sumber daya alam yang bisa diperbaharui selanjutnya adalah Geothermal. Sekedar informasi, Geothermal adalah panas bumi yang saat ini sedang dikaji sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik. Geothermal banyak dipilih karena ramah lingkungan dan memiliki energi yang bersih. Meskipun di Indonesia energi pembangkit listrik ini belum umum digunakan, faktanya banyak negara-negara besar yang sudah beralih menggunakan energi panas bumi untuk menghasilkan listrik.

Itulah tadi beberapa contoh dari sumber daya alam yg dapat diperbaharui. Meskipun bisa diperbaharui atau di daur ulang, manusia tetap harus memanfaatkannya secara bijaksana dan diimbangi dengan proses pengelolaan yang baik.

Apapun yang disediakan oleh alam jika dipakai secara terus-menerus tapi tidak ada kesempatan untuk mendaur ulang, mengembangbiakkan atau memperbaharuinya, maka bukan tidak mungkin sumber daya alam tersebut juga akan habis tak tersisa. Sebut saja kelangkaan berbagai jenis hewan serta tumbuhan akibat adanya pemburuan liar tanpa memerhatikan aspek keseimbangan dan kondisi ekosistem.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel