Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peta Negara Jepang Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Jepang terletak di Benua Asia atau lebih khususnya di Asia Timur dengan ibukota Tokyo. Luas Wilayah Jepang sekitar 377,915.00 km2 dimana 3.55% (13,430.00 km2) terdiri atas perairan dan 364,485.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikannya negara terbesar ke-61 di dunia. (lihat Peta Asia).

Daratan dari Negara Jepang mempunyai ketinggian rata-rata sekitar 438 meter di atas permukaan laut serta memiliki karakteristik iklim wilayah sub-tropis (musim semi, dingin dan panas). Wilayah Jepang pada umumnya merupakan perbukitan dan pegunungan.


Gambar peta negara Jepang lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Jepang yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat pada laman PETA DUNIA.

Peta Jepang

Peta Jepang
Gambar Peta Jepang.

Untuk lebih memahami negara ini khususnya dari aspek geografinya, silahkan lihat Kondisi Geografis Jepang.

Berdasarkan peta Jepang diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Jepang yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Timur: Dibatasi oleh Samudera Pasifik
  2. Sebelah Selatan: Dibatasi oleh Laut Filipina
  3. Sebelah Barat Daya: Dibatasi oleh Laut Cina Timur
  4. Sebelah Barat hingga Utara: Dibatasi oleh Laut Jepang (Laut Timur)

Lihat disini Peta Korea Selatan dan Peta Rusia yang bersebelahan laut dengan Jepang agar lebih mengerti batas wilayah negara ini.


Kota Penting di Jepang

Beberapa kota penting dan besar di Jepang diantaranya adalah Tokyo, Tottori, Akita, Funabashi, Gifu, Hachinohe, Hakodate, Hamamatsu, Iwaki, Kagoshima, Kanazawa, Kobe, Wakayama, Kochi, Koriyama, Maebashi, Matsuyama, Miyazaki, Morioka, Naha, Niigata, Nobeoka, Omuta, Osaka, Sapporo, Numazu, Odawara, Oita, Sendai, Kumamoto, Kurashiki, Kyoto, Shizuoka, Shunan, Tokushima, Kawaguchi, Kawasaki, Kitakyushu, Toyama, Hirosaki, Nagano, Nagasaki, Aomori, Asahikawa, Nagoya, Hiroshima, Ichikawa, Utsunomiya, Fukouka, Fukui, Fukushima dan Yokohama.

Lokasi Strategis di Jepang

Danau Biwa Ko, Laut Cina Timur, Danau Inawashiro Ko, Laut Inland, Selat Korea, Danau Kussharao Ko, Teluk Mutsu Wan, Teluk Wan Osaka, Samudera Pasifik, Laut Filipina, Laut Jepang (Laut Timur), Laut Okhotsk, Danau Shikotsu Ko, Danau Tazawa Ko, Teluk Tokyo Wan, Danau Towada Ko, Danau Toya Ko, Teluk Toyama Wan, Selat Tsushima, Teluk Wakasa Wan, dan Laut Kuning.

Masalah Lingkungan di Jepang

Jepang adalah salah satu konsumen ikan dan kayu terbesar, sehingga negara ini berkontribusi terhadap menipisnya sumber daya ikan dan kayu di Benua Asia maupun di tempat lain. Masalah lingkungan lainnya di Jepang adalah tingginya pencemaran udara dari emisi pembangkit listrik, yang bisa mengakibatkan hujan asam. Hujan asam menyebabkan pengasaman danau dan waduk, serta menurunkan kualitas air dan mengancam kehidupan akuatik.

Sumber Daya Alam Jepang

Sumber daya alam Jepang yang utama dan telah dieksploitasi meliputi ikan, hutan, pertanian dan pertambangan. Selain itu, negara ini juga terkenal sebagai penghasil barang jadi seperti kendaraan bermotor, produk besi dan baja serta semikonduktor.