Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sungai Terpanjang di Dunia, Apakah Nil atau Amazon?

Memutuskan siapa pemegang rekor sungai terpanjang di dunia bukanlah pekerjaan yang mudah. Meskipun bagi sebagian orang jawabannya adalah Sungai Nil, tetapi ada juga beberapa pakar yang menganggap bahwa Sungai Amazon-lah yang memegang gelar sebagai sungai terpanjang di dunia. Kesulitan untuk menentukan pemenangnya terletak pada fakta penentuan posisi hulu terjauh dari kedua sungai tersebut.

Sungai besar seperti Sungai Nil dan Amazon memiliki banyak hulu dan anak sungai. Oleh karena itu, untuk menemukan hulu utamanya (terjauh dari sungai) adalah suatu hal yang sebenarnya cukup sulit dilakukan.

Seringkali hulu-hulu tersebut terletak di lokasi terpencil yang tidak dapat diakses, sehingga pengukuran total panjang sungai yang berdasarkan dari hulu hingga hilir merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi para ahli.

Di sini, Geologinesia hanya menyebutkan beberapa sungai paling panjang di dunia yang telah diukur para ahli sesuai dengan standar yang berlaku. Namun, dengan nantinya ditemukan hulu terjauh baru dari beberapa sungai tersebut, maka tidak tertutup kemungkinan dikemudian hari daftar sungai terpanjang di dunia ini akan berubah sesuai data terbaru.
#Ranking Nama Sungai Panjang Sungai
1. Sungai Nil 4.132 mil (6.649 km)
2. Sungai Amazon 4.000 mil (6.437 km)
3. Sungai Panjang (Yangtze/Chang Jiang) 3.915 mil (6.300 km)
4. Sungai Mississippi/Missouri 3.710 mil (5.970 km)
5. Sungai Yenisey-Angara 3.442 mil (5.540 km)
6. Sungai Kuning (Huang) 3.395 mil (5.464 km)
7. Sungai Kongo 2.920 mil (4.700 km)
8. Sungai Lena 2.779 mil (4.472 km)
9. Sungai Mekong 2.703 mil (4.350 km)
10. Sungai Niger 2.597 mil (4.180 km)
11. Sungai Ob-Irtysh 2.268 mil (3.650 km)
12. Sungai Amur 1.755 mil (2.824 km)
13. Sungai Mackenzie-Peace 1.080 mil (1.738 km)

Apakah Sungai Nil ataukah Sungai Amazon yang paling panjang saat ini?

Sungai Nil

sungai terpanjang di dunia
Sungai Nil yang melewati negara Ethiopia.
Kebanyakan orang yang bertanya "Apa sungai terpanjang di dunia?" maka kita akan mendapatkan jawaban yaitu Sungai Nil yang paling panjang. Meskipun sebagian besar dari kita mengakui sungai Nil sebagai jalur kehidupan di negara Mesir, tetapi sebenarnya sungai ini merupakan sungai internasional yang dimiliki oleh 11 negara di Afrika.

Lihat juga: Sungai Terpanjang di Benua Eropa

Perlu diperhatikan disini bahwa hulu Sungai Nil hanya ada di 2 negara, yaitu Mesir dan Sudan. The Blue Nil (S.Nil Biru) dan the White Nil (S.Nil Putih) adalah 2 anak sungai Nil yang memegang peran penting dalam penentuan panjang total sungai nil. Diketahui saat ini S.Nil Biru lebih panjang dari S.Nil Putih.

Hulu Sungai Nil Putih belum sepenuhnya terpetakan, tetapi diyakini berada di suatu tempat di Negara Burundi atau Rwanda. Menurut beberapa penelitian, Danau Victoria dianggap sebagai hulu Sungai Nil Putih yang pada gilirannya air di danau tersebut disuplai oleh Sungai Kagera dengan 2 anak sungai utamanya yaitu Sungai Ruvyironza dan Sungai Nyabarongo.

Sungai Ruvyironza dan Nyabarongo masing-masing berada di Negara Burundi dan Rwanda. Sungai Kagera sendiri pun sebenarnya terbentuk dari pertemuan dua sungai di dekat perbatasan Tanzania-Rwanda. Berbeda dengan S. Nil Putih, hulu Sungai Nil Biru memiliki asal yang lebih jelas yaitu dari salah satu danau di Ethiopia, yaitu Danau Tana.

Kedua anak Sungai Nil ini (Nil Putih dan Nil Biru) selanjutnya bertemu di daerah Khartoum (dekat ibu kota Sudan) membentuk Sungai Nil Utama yang mengalir melalui Mesir sebelum akhirnya membentuk delta dan mengalir ke Laut Mediterania.

Menurut USGS, panjang Sungai Nil adalah 4.132 mil dan kebanyakan orang saat ini menganggap bahwa Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia yang secara otomatis menjadi sungai terpanjang di Benua Afrika. Mari kita lihat sungai Amazon berdasarkan data terbaru.

Sungai Amazon

sungai terpanjang di dunia
Gambar Sungai Amazon lewat satelit.
Sungai Amazon tidak diragukan lagi adalah sungai dengan debit air terbesar di dunia. Namun, posisinya sebagai sungai terpanjang di dunia sangat diperdebatkan karena sebutan sungai terpanjang telah lama dinobatkan kepada Sungai Nil di Mesir.

Perselisihan muncul dari penentuan asal-usul S.Amazon, dimana sampai sekarang, hulu Sungai Apurimac masih dianggap sebagai asal aliran air Sungai Amazon. Namun, berdasarkan sebuah penelitian (2014), para peneliti (diluar USGS) mengklaim bahwa asal-usul S.Amazon dapat ditelusuri hingga ke Cordillera Rumi Cruz dimana Sungai Mantaro berasal.

Sungai Mantaro kemudian bertemu dengan Sungai Apurimac (yang sebelumnya dianggap sebagai hulu S.Amazon) dan kemudian anak sungai lainnya bergabung dengan hilir sungai membentuk Sungai Ucayali, yang pada akhirnya bertemu dengan Sungai Maranon untuk membentuk tubuh utama Sungai Amazon. Jadi, sebenarnya berdasarkan data terbaru maka panjang Sungai Amazon bertambah hingga 92 km.

Perlu diketahui bahwa sampai saat ini, US Geological Survey (USGS) masih menyebutkan panjang Sungai Amazon adalah 4.000 mil (6.437 km) atau sedikit lebih pendek dari Sungai Nil yang mempunyai panjang 4.132 mil (6.649).

Sungai Terpanjang Lainnya

Sungai Yangtze
Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang ke-3 di dunia sepenuhnya mengalir hanya di satu negara. Sungai ini juga merupakan sungai terpanjang di asia. Lembah sungai Yangtze menampung sepertiga penduduk China, negara berpenduduk terbesar di dunia.

Secara tradisional, pemerintah Cina mengakui anak sungai Tuotuo yang terletak di Pegunungan Tanggula sebagai hulu sungai tersebut. Bertempat pada ketinggian 17,526 kaki di atas permukaan laut, hulu sungai tersebut sangat jelas merupakan hulu tertinggi di dunia.

Menurut data terbaru, hulu Sungai Yangtze terletak di "Jari Hill" dimana hulu Sungai Dam berasal. Anak-anak sungai ini kemudian bergabung untuk membentuk Sungai Yangtze yang mengalir deras dan bermuara ke Laut Cina Timur di Shanghai. Sungai Yangtze mempunyai total panjang 3.917 mil.

Sungai Mississippi–Missouri–Jefferson
Sistem sungai yang terdiri dari sungai Mississippi, Missouri, dan Jefferson, dianggap sebagai sistem sungai terpanjang ke-4 di dunia. Sistem sungai ini berada di 31 negara bagian AS dan 2 provinsi Kanada.

Sungai Mississippi dimulai dari Minnesota utara dimana Danau Itasca berada dan kemudian mengalir sejauh 2.320 mil ke Teluk Meksiko. Namun, ketika kita menganggap sungai Jefferson sebagai hulu terjauh sungai Mississippi, maka kita akan mendapatkan sistem sungai Mississippi–Missouri–Jefferson sepanjang 3.902 mil.

Sungai Madison bergabung dengan Sungai Jefferson sepanjang 83 mil untuk membentuk Sungai Missouri yang pada akhirnya bergabung dengan Sungai Mississippi di perbatasan antara negara bagian AS yaitu di Illinois dan Missouri.

Sungai Yenisei–Angara–Selenge
Tiga sungai tersebut adalah sistem sungai terpanjang ke-5 di dunia dan menjadi penyumbang air terbesar di Samudera Arktik. Sungai Selenge dianggap sebagai hulu dari sistem sungai ini. Panjang Sungai Selenge adalah 992 km dan mengalir ke Danau Baikal.

Sungai Angara berada di atas Danau Baikal dekat Listvyanka dan mengalir melalui Oblast Irkutsk di Rusia dan akhirnya bergabung dengan sungai Yenisei dekat Strelka. Sungai Yenisei akhirnya mengalir ke Samudera Arktik. Total panjang sistem sungai ini adalah 3.445 mil.