Kondisi Geografis Pulau Sumatera Yang Membuatnya Berbeda Dari Pulau lainnya di Indonesia

Kondisi Geografis Pulau Sumatera - Pulau Sumatera merupakan pulau yang kedua yang terbesar di Indonesia setelah pulau Kalimantan. Pulau Sumatera juga termasuk pulau yang terbesar  keenam di dunia. Pulau Sumatera mempunyai luas sekitar 473.481 kilometer persegi.

Pulau Sumatera mempunyai jumlah penduduk sebesar 52.210.926 jiwa. Pulau Sumatera juga mempunyai beberapa nama yang diantaranya Pulau Percha, Andalas, Bhumi malayu, Suwarnadwipa dan Swarnabhumi.

Kondisi Geografis Pulau Sumatera Secara Umum

Secara astronomis letak pulau Sumatera berada pada 0° LU dan 102° BT. Selain itu secara gegrafis Pulau Sumatera ini terletak di sebelah barat gugusan pulau Nusantara, dimana di sebelah utara berbatasan dengan Selat Sunda dan sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia.

Pulau Sumatera juga mempunyai beraneka ragam fitur alam yang ada disekitarnya seperti banyaknya aliran air sungai yang besar. Sungai besar yang ada di Pulau Sumatera dibeberapa daerah diantaranya:
  • Sungai Asahan di Sumatera Utara, sungai
  • Sungai Kampar di Sumatera Barat
  • Sungai Siak di Riau
  • Sungai Inderagiri di Riau
  • Sungai ogan di Sumatera Selatan
  • Sungai Musi di Sumatera Selatan sungai Komering di Sumatera Selatan
  • Sungai Ketahun di Bengkulu
  • Sungai Batang Tarisan di Sumatera Barat
  • Way Seputih Di Lampung

Inilah Yang Membedakan Pulau Sumatera Dengan Pulau Lainnya di Indonesia

Pulau Sumatera mempunyai banyak sungai yang akan menjadi salah satu sumber kekayaan pulau Sumatera. Selain itu pulau Sumatera tidak hanya mempunyai sungai namun juga mempunyai bukit dan pergunungan. Seperti pengunungan Bukit Barisan yang terletak di bagian barat pulau Sumatera dimana pegunungan Bukit Barisan ini membujur dari barat laut arah tenggara.

Selain itu panjang Bukit Barisan ini sekitar 1.500 kilometer. Bukit Barisan ini sudah terkenal sebagai bukit yang terbesar yang ada di pulau Sumatera dimana terdapat gunung – gunung yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif yang dapat kalian temui di sana seperti gunung kerinci, gunung Kaba, gunung marap, dll.

Tentang 2 Provinsi Yang Ada Di Pulau Sumatera

Selain kekayaan alam yang di miliki oleh pulau Sumatera. Pulau Sumatera juga merupakan pulau yang mempunyai beberapa provinsi yang ada di dalamnya. Jumlah provinsi yang ada di pulau Sumatera sekitar 9 provinsi yang di antaranya:

Nangroe Aceh Darussalam
Nangroe Aceh darussalam merupakan provinsi yang terletak di sebelah pulau ujung selatan pulau Sumatera dimanan merupakan daerah perbatasan antara Indonesia dengan malaysia. Selain itu provinsi aceh dulu terkenal dengan daerah Istimewa namun saat ini sebutan daerah itimewa ini sudah tidak digunakan lagi. Provinsi aceh terkenal dengan sumber daya alamnya yang begitu kaya dan terkenal dengan sejarah dan budayanya.

Sumatera Utara
Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi yang berada di sebelah Provinsi Aceh. Sumatera Utara ini mempunyai ibu kota medan yang tidak kalah besar dengan Surabaya dan Jakarta yang ada di Indonesia. Sumatera Utara terletak pada 1° - 4° LU dan 98°- 100° BT. Selain itu, secara geografis Sumatera Utara mempunyai luas sekitar 72.981,23 kilometer persegi yang dibagi menjadi empat bagian diantaranya adalah Pesisir Timur, Pesisir Barat, Pegunungan Bukit Barisan, dan Kepulauan Nias.

Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar kedua yang ada di Indonesia. Pulau Sumatera mempunyai banyak sumber daya alam yang melimpah yang dapat membantu pemasukan perekonomian pulau Sumatera. Selain itu pulau Sumatera mempunyai beberapa provinsi yang ada di dalamnya.

Masing-masing provinsi yang masuk dalam pulau sumatera terdapat sumber daya alam yang beraneka ragam. Oleh karena itu, penting untuk menjaga SDA yang ada di sana untuk memenuhi kebutuhan makhluk yang ada di pulau tersebut, sekaligus sebagai sumber kekayaan Pulau Sumatera.

Kondisi Geografis Pulau Sumatera Yang Membuatnya Berbeda Dari Pulau lainnya di Indonesia