Kondisi Geografis Pulau Jawa yang Khas dan Membedakannya dengan Pulau Lain di Indonesia

Apa saja kondisi geografis Pulau Jawa yang khas? - Pulau Jawa adalah satu dari 5 pulau besar yang ada di Indonesia. Pulau Jawa ini tergolong pulau terluas yang ada di dunia. Meskipun luas Pulau Jawa sebenarnya tidak seluas pulau-pulau lain di Indonesia, namun pulau ini justru memiliki jumlah penduduk paling padat. Bisa dibilang 60% penduduk Indonesia menempati Pulau Jawa ini.

Sama seperti pulau ataupun negara lain, setiap daerah di bumi pasti memiliki kondisi geografis yang berbeda beda yang membedakan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Begitu pun Pulau Jawa. Kondisi geografis Pulau Jawa juga berbeda dengan kondisi geografis pulau lain. Hal ini disebabkan oleh pengaruh letak geografisnya (lihat juga: Kondisi Geografis Pulau Kalimantan).

Kondisi geografis dari suatu wilayah sendiri merupakan keadaan muka bumi yang dilihat dari berbagai aspek meliputi letaknya, iklim, cuaca, relief, fauna, flora dan sumber daya alamnya. Untuk mengenal lebih dalam tentang pulau tempat pusat pemerintahan Indonesia berada ini, berikut adalah penjelasan tentang kondisi geografis Pulau Jawa yang menjadi karakteristik khasnya.

1. Letak Pulau Jawa
Pulau Jawa terletak di wilayah yang dikelilingi perairan yang bervariasi. Mulai dari Laut Jawa yang berada di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah selatan, Selat Sunda di bagian Barat dan Selat Bali di bagian Timur.

Sebagai pulau terluas di dunia, Pulau Jawa memiliki luas 138.793 km2. Karena letaknya yang dikelilingi oleh perairan besar dimana terdapat palung-palung laut di dalamnya, Pulau Jawa menjadi salah satu pulau yang rawan terjadi bencana di Indonesia (lihat juga: Kondisi Geografis Pulau Sumatera).

2. Suhu Rata-Rata
Wilayah Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis. Suhu rata-rata tahunan di Pulau Jawa bisa mencapai 22°-29°C. Sedangkan kelembaban rata-ratanya sekitar 75%. Suhu di Pulau Jawa bervariasi dimana biasanya suhu di pantai lebih tinggi hingga mencapai 34°C di siang hari saat musim kemarau.

Di daerah pantai pun suhunya bervariasi. Daerah yang berada di pantai utara memiliki suhu yang cenderung lebih tinggi atau lebih panas dibandingkan daerah di pantai selatan. Sedangkan di daerah pegunungan tinggi tentu saja suhunya lebih rendah atau lebih sejuk dibandingkan daerah dataran rendah atau daerah tepi pantai.

3. Kenampakan Alam
Pulau Jawa merupakan pulau yang relatif lebih muda dibanding pulau-pulau lainnya. Karena Pulau Jawa pada dasarnya terbentuk dari aktivitas vulkanik, maka kenampakan alam yang khas dari Pulau Jawa adalah banyaknya pegunungan dan gunung api yang masih aktif. Beberapa diantaranya misalnya Gunung Semeru, Gunung Merapi dan banyak lagi yang lainnya.

Selain terdiri dari banyak gunung berapi, kenampakan alam yang khas dari Pulau Jawa adalah banyaknya sungai-sungai yang membelah antar provinsi dan termasuk dalam sungai-sungai besar di Indonesia. Sebut saja salah satunya adalah Sungai Bengawan Solo yang membentang di 2 provinsi berbeda (lihat: Sungai Terpanjang di Indonesia).

Dampak dari banyaknya gunung berapi yang masih aktif ditambah lagi dengan pegunungan-pegunungan dengan letak yang tidak berdekatan membuat beberapa wilayah tergolong dalam wilayah terisolasi. Namun justru wilayah inilah yang menyimpan potensi alam dan pertanian yang sangat besar.

Berdasarkan penjelasan di atas, secara geografis, letak Pulau Jawa dapat disimpulkan seperti dalam tabel berikut.
Kondisi Geografis Pulau Jawa Keterangan
Luas Wilayah 138.793 km2
Batas Wilayah Utara:Laut Jawa, Selatan:Samudera Hindia, Barat:Selat Sunda, Timur:Selat Bali
Kenampakan Alam Utama Gunung berapi yang masih aktif, Sungai dengan aliran yang berasal dari mata air pegunungan, Dataran rendah

Demikian penjelasan lengkap tentang kondisi geografis Pulau Jawa serta karakteristiknya yang khas dan membedakan dengan pulau lainnya. Dari informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa dilihat dari satu pulau saja sudah terlihat kekayaan hayati yang dimiliki oleh Indonesia.

Kondisi Geografis Pulau Jawa yang Khas dan Membedakannya dengan Pulau Lain di Indonesia