Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Indonesia serta Keuntungannya

Sudah bukan menjadi rahasia jika Indonesia terletak di kawasan yang sangat menguntungkan, baik dari segi astronomis, geografis maupun geologisnya. Letaknya yang strategis inilah yang membuat Indonesia memiliki iklim tropis (lihat ciri-ciri iklim tropis) yang tentu saja memberikan kekayaan dan keanekaragaman hayati yang lebih banyak. Tidak hanya membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, lokasi yang strategis ini juga memberikan banyak keuntungan lain. Nah, sebelum mengetahui apa saja keuntungan itu, akan lebih baik jika mengetahui dimana letak negara Indonesia.

Letak Astronomis Indonesia

Jika mempelajari tentang letak atau posisi Indonesia di permukaan bumi, tentu tidak bisa dilepaskan dari letak astronomis Indonesia. Yang dimaksud dengan letak astronomis adalah letak atau posisi negara dalam hal ini negara Indonesia jika dilihat berdasarkan garis bujur dan garis lintangnya. Disisi lain, yang dimaksud dengan garis bujur adalah garis khayal vertikal yang melingkari bumi dan menghubungkan antara kutub utara dan selatan. Sedangkan garis lintang adalah garis berbentuk horizontal yang melingkari bumi. Letak astronomis negara Indonesia jika dilihat dari kedua garis ini adalah sebagai berikut:
  • Berdasarkan garis lintang Indonesia terletak pada 6° LU - 11° LS
  • Berdasarkan garis bujur, Indonesia terletak pada 95° BT - 141° BT

letak astronomis-geografis-geologis-indonesia

Letak Geografis Indonesia

Setelah mengetahui letak Indonesia berdasarkan astronomisnya, selanjutnya adalah letak Indonesia secara geografisnya. Letak geografis ini adalah letak suatu wilayah atau negara di permukaan bumi. Secara geografis, letak Indonesia terkenal sangat menguntungkan. Berikut ini adalah letak geografis Indonesia yang disebut menguntungkan tersebut.
  • Indonesia terletak diantara dua benua besar, yaitu benua Asia di sebelah utara dan Benua Australia di sebelah selatan.
  • Selain diapit oleh dua benua, Indonesia juga terletak diantara dua samudera besar, yaitu Samudera Hindia di sebelah barat dan Samudera Pasifik di Timur.

Untuk lebih memahami letak geografis Indonesia, lihat disini tampilan lengkap Peta Benua Asia dan Peta Benua Australia.

Letak Geologis Indonesia 

Selanjutnya adalah letak geologis Indonesia yang dilihat berdasarkan kondisi geologi yang ada di Indonesia. Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia terdiri dari kepulauan-kepulauan baik besar maupun kecil yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kepulauan-kepulauan Indonesia ini terbagi ke dalam 3 wilayah geologi, yaitu:
  • Daerah Dangkalan Sahul
  • Daerah Dangkalan Sunda
  • Daerah antara Dangkalan Sahul dan Sunda

Berdasarkan kondisi geologisnya, Indonesia wilayah timur masih menjadi bagian dari Benua Australia, di bagian barat bagian dari Benua Asia sedangkan di bagian tengah adalah daerah peralihan. Berdasarkan segi jalur pegunungan yang melintasi Indonesia, dapat terlihat bahwa Indonesia berada diantara dua rangkaian pegunungan, yaitu rangkaian pegunungan sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Dengan kondisi atau letak geografis Indonesia yaitu terletak di antara dua benua dan dua samudera besar, membuat Indonesia menjadi negara yang sangat diuntungkan. Keuntungan itu antara lain sebagai berikut:

1. Keragaman Flora dan Fauna
Keuntungan letak geografis Indonesia yang paling bisa dilihat adalah adanya keanekaragaman baik flora dan fauna yang ada di Indonesia. Karena terletak diantara benua Asia dan Australia, jenis flora dan fauna yang hidup di Indonesia juga perpaduan flora dan fauna dari kedua benua tersebut.

2. Melimpahnya Hasil Laut di Indonesia
Keuntungan lain yang didapatkan dari letak geografis Indonesia yang berada diantara dua samudera adalah melimpahnya hasil laut di Indonesia. Tidak hanya hasil laut, hasil tambang yang dimiliki Indonesia pun juga sangat beragam.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang letak negara Indonesia berdasarkan letak astronomis, geografis dan geologisnya. Semoga informasi tersebut semakin menambah pengetahuan Anda tentang Indonesia.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Indonesia serta Keuntungannya