Peta Negara Singapura Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Singapura terletak di benua Asia (lihat Peta Benua Asia) atau lebih khususnya di Asia Tenggara dengan ibukota Singapura. Luas Wilayah Singapura sekitar 697.00 km2 dimana 1.43% (10.00 km2) terdiri atas perairan dan 687.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikannya negara terkecil ke-19 di dunia. Singapura memiliki ketinggian rata-rata 0 m di atas permukaan laut dan memiliki iklim tropis. Wilayah Singapura pada umumnya merupakan dataran rendah.

Gambar peta negara Singapura lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Singapura yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Singapura

peta singapura
Gambar Peta Singapura.

Berdasarkan peta Singapura diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Singapura yaitu sebagai berikut:
  1. Barat hingga Utara: Dibatasi oleh Selat Johor
  2. Timur hingga Tenggara: Dibatasi oleh Selat Singapura
  3. Selatan hingga Barat Daya: Dibatasi oleh Selat Malaka dan Selat Main.

Lihat disini Peta Malaysia dan Peta Negara Indonesia yang merupakan negara terdekat dengan Singapura untuk lebih memahami batasan wilayah negara Singapura.

Kota Penting di Singapura

Beberapa kota penting dan besar di Singapura diantaranya adalah Singapur, Bukit Timah, Changi, Somapah Shangi, Punggol, Queens Town, Ang Mo Kio, Bedok, Choa Chu Kang, Tambines, Telok Blangah, Chong Pang, Toe Payoh, Tuas, Woodlands, Jurong East, Bishan, Boon Lay, Jurong West, Katong, Kranji, Lam San, Namazie Estate, Nee Soon, Clementi, Dampong Salabin, Geylang, Pasir Panjang, Paya Lebar, Sarangoon New Town, Sembawang dan Yishun.

Lokasi Strategis di Singapura

Waduk Bedok, Waduk Kranji, Waduk MacRitchie, Selat Main, Waduk Murai, Waduk Peirce, Waduk Poyan, Pulau Ayer Merbau, Pulau Brani, Pulau Bukum Kechil, Pulau Bukum, Pulau Merlimau, Pulau Pesek, Pulau Seraya, Pulau Tekong, Pulau Ubin, Waduk Sarimbun, Kanal Sebarok, Selat Johor, Selat Pedan, Sentosa, Serangoon Harbor, Selat Singapura, Waduk Tekong, Waduk Tengeh dan Sungai Johor (lihat juga sungai terpanjang di benua Asia).

Masalah Lingkungan di Singapura

Masalah lingkungan di Singapura terdiri atas sumber daya air tawar alami yang terbatas, pencemaran udara karena aktivitas industri, ketersediaan lahan yang terbatas, dan masalah limbah (lihat disini dampak pencemaran lingkungan). Selain itu, sering terjadi juga asap dan kabut musiman, yang merupakan hasil dari kebakaran hutan di Indonesia.

Sumber Daya Alam Singapura

Sumber daya alam unggulan di Singapura yang dapat dieksploitasi meliputi ikan dan pelabuhan laut dalam negeri.

Peta Negara Singapura Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya