Peta Negara Malaysia Lengkap dengan Sumber Daya Alam, Kota, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Malaysia terletak di benua Asia (lihat disini peta benua asia) atau lebih khususnya di Asia Tenggara dengan ibukota Kuala Lumpur. Luas Wilayah Malaysia sekitar 329,847.00 km2 dimana 0.36% terdiri atas perairan dan 328,657.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikannya negara terbesar ke-66 di dunia.

Malaysia memiliki ketinggian rata-rata 419 m di atas permukaan laut, memiliki iklim berupa iklim tropis dengan monsun timur laut dan barat daya. Wilayah Malaysia pada umumnya bervariasi pada dataran rendah (lihat disini ciri ciri dataran rendah), perbukitan dan pegunungan.

Gambar peta negara Malaysia lengkap yang melingkupi Peta Malaysia Barat dan Peta Malaysia Timur dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Malaysia yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Malaysia

peta malaysia
Gambar Peta Malaysia.

Berdasarkan peta Malaysia diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Malaysia adalah sebagai berikut:
Batas wilayah Malaysia Barat:
  1. Sebelah Barat Daya: Berbatasan dengan Thailand
  2. Sebelah Barat-Selatan: Dibatasi oleh Selat Malaka
  3. Sebelah Tenggara: Berbatasan dengan Singapura
  4. Sebelah Timur: Dibatasi oleh Laut Cina Selatan

Batas wilayah Malaysia Timur:
  1. Sebelah Barat hingga Utara: Dibatasi oleh Laut Cina Selatan, Brunei Darussalam, dan Laut Sulu
  2. Sebelah Timur hingga Utara: Dibatasi oleh Laut Sulawesi dan Indonesia

Silahkan lihat Peta Thailand, Peta Singapura, Peta Brunei Darussalam dan Peta Indonesia untuk lebih memahami batasan wilayah negara Malaysia.

Kota Penting di Malaysia

Beberapa Kota penting dan besar di Malaysia diantaranya adalah Kuala Lumpur, Alor Setar, Binfulu, Chukai, George Town, Ipoh, Kuala Terengganu, Kuantan, Johor Bahru, Seremban, Sibu, Sungai Kolok, Jurong, Kelang, Kota Baharu, Kota Kinabalu, Kuala Dungun, Batu Pahat, Beaufort, Melaka, Miri, Muar, Sandakan, Sungai Petani, Sungai Siput, Taiping, Kuching, Kudat, Kulim, dan Tawau.

Lokasi Strategis di Malaysia

Selat Balabac, Teluk Brunei, Laut Sulawesi, Pelabuhan Cowie, Teluk Darvel, Teluk Thailnad, Sungai Igan, Teluk Labule, Sungai Lupar, Teluk Marudu, Sungai Rajang, Jalur Sibutu, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Selat Malaka, Laut Sulu dan Tasek Dampar.

Masalah Lingkungan di Malaysia

Malaysia memiliki sejumlah masalah lingkungan seperti pencemaran air oleh limbah mentah (lihat dampak pencemaran lingkungan). Selain itu ada juga pencemaran udara seperti asap dan kabut dari kebakaran hutan di Indonesia, serta polusi udara dari emisi industri dan kendaraan, juga tingginya aktivitas penebangan hutan secara liar.

Sumber Daya Alam Malaysia

Sumber daya alam unggulan di malaysia yang dapat dieksploitasi meliputi kayu, bahan bakar fosil minyak bumi (lihat daerah penghasil minyak bumi) dan gas alam, serta beberapa sumber daya logam seperti timah, tembaga (lihat juga kegunaan tembaga), bijih besi, dan bauksit.

Peta Negara Malaysia Lengkap dengan Sumber Daya Alam, Kota, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya