Peta Indonesia dan Gambar Satelit Paling Lengkap

Peta Indonesia - Dalam peta dunia, negara Indonesia terletak di benua asia atau lebih khususnya di asia tenggara dengan ibukota Jakarta. Luas Wilayah Indonesia sekitar 1,904,569.00 km2 dimana 4.88% (93,000.00 km2) terdiri atas perairan dan 1,811,569.00 km2 merupakan daratan.

Gambar peta Indonesia lengkap yang diberikan dibawah ini dalam resolusi kecil, untuk melihat tampilan peta Indonesia dengan jelas maka anda dapat mengklik gambar tersebut. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Indonesia

Peta Indonesia
Gambar Peta Indonesia.

Berdasarkan peta Indonesia diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Indonesia yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan negara Malaysia, Filipina, Samudera Pasifik
  2. Sebelah Timur: Berbatasan dengan negara Papua Nugini dan Timor Leste
  3. Sebelah Selatan: Dibatasi dengan Samudera Hindia dan Australia
  4. Sebelah Barat: Dibatasi oleh Samudera Hindia

Gambar Satelit Indonesia

peta indonesia
Gambar Satelit Indonesia. sumber: google maps

Kota Penting di Indonesia

Beberapa kota penting dan besar di Indonesia diantaranya adalah Jakarta, Jayapura, Balikpapan, Medan, Padang, Pakanbaru, Palembang, Banda Aceh, Bandung, Rantauprapa, Rengal, Sintang, Banjarmasin, Tandjungredeb, Manokwari, Pati, Pekalongan, Tandjungselor, Tegal, Bengkulu, Bogor, Samarinda, Singkawang, Dumai, Garut, Kebumen, Kediri, Kendawangan, Kupang, Langsa, Lhokseumawe, Lunjuk-Besar, Cirebon, Denpasar, Djambi, Malang, Manado, Pontian, Probolinggo, Sukabumi, Surabaya dan Makassar.

Pulau Besar di Indonesia

Bali, Kalimantan (Pulau Kalimantan juga bagian dari Indonesia, Berbagi dengan Brunei Darussalam dan Malaysia), Buru, Nusa Tenggara Timur, Jamdena, Jawa, Lombok, Maluku, Papua (Pulau Papua juga bagian dari Indonesia dan berbagi dengan negara Papua Nugini), Maluku Utara, Obi, Kepulauan Riau, Sulawesi, Sumatra, Sumba, Taliabu, Timor, Trangan, dan Nusa Tenggara Barat.

Bahaya Alam di Indonesia

Indonesia memiliki beragam bahaya alam (natural hazard) seperti : aktivitas gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir, kebakaran hutan, dan kekeringan parah.

Masalah Lingkungan di Indonesia

Indonesia memiliki asap dan kabut dari kebakaran hutan dan polusi udara di daerah perkotaan. Masalah lingkungan lainnya adalah deforestasi. Negara ini juga memiliki tingkat pencemaran air dari limbah industri yang cukup tinggi.

Sumber Daya Alam Indonesia

Sumber daya alam unggulan di Indonesia yang dapat dieksploitasi meliputi bauksit, timah, nikel, tembaga, perak dan emas. Minyak bumi, batubara dan gas alam merupakan sumber bahan bakar penting bagi negara ini. Sumber daya lainnya juga termasuk kayu dan tanah yang subur.

Peta Indonesia dan Gambar Satelit Paling Lengkap