Peta Indonesia dan Gambar Satelit Paling Lengkap

Peta Indonesia - Dalam peta dunia, negara Indonesia terletak di benua asia atau lebih khususnya di asia tenggara dengan ibukota Jakarta. Luas wilayah Indonesia sekitar 1.904.569 km2 dimana 4,88% (93.000 km2) terdiri atas perairan dan 1.811.569 km2 merupakan daratan. Berdasarkan garis lintang dan bujur, letak astronomis Indonesia berada pada 6° LU - 11°LS dan 95°BT - 141°BT.

Gambar peta Indonesia lengkap yang diberikan dibawah ini dalam resolusi kecil, untuk melihat tampilan dari peta negara Indonesia tersebut dengan jelas maka Anda dapat mengklik gambar tersebut. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat di PETA DUNIA.

Peta Indonesia

Gambar Peta Indonesia.

Perlu diketahui bahwa hampir 40% wilayah Indonesia berada dekat dengan garis khatulistiwa. Berdasarkan gambar peta negara di atas maka secara umum batas wilayah negara Indonesia dapat diketahui sebagai berikut:

  • Sebelah Utara: Berbatasan dengan negara Malaysia, Filipina, Samudera Pasifik.
  • Sebelah Timur: Berbatasan dengan negara Papua Nugini dan Timor Leste.
  • Sebelah Selatan: Dibatasi dengan Samudera Hindia dan Australia.
  • Sebelah Barat: Dibatasi oleh Samudera Hindia.

  • Gambar Satelit Indonesia

    Gambar Satelit Indonesia. (Sumber:google maps)

    Kota Penting di Indonesia

    Beberapa kota penting dan besar di Indonesia diantaranya adalah Jakarta, Jayapura, Balikpapan, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Banda Aceh, Bandung, Rantauprapat, Rengal, Sintang, Banjarmasin, Tanjung Redeb, Manokwari, Pati, Pekalongan, Tanjung Selor, Tegal, Bengkulu, Bogor.

    Selain itu ada juga kota Samarinda, Singkawang, Dumai, Garut, Kebumen, Kediri, Kendawangan, Kupang, Langsa, Lhokseumawe, Lunjuk Besar, Cirebon, Denpasar, Jambi, Malang, Manado, Pontianak, Probolinggo, Sukabumi, Surabaya, dan Makassar.

    Pulau Besar di Indonesia

    Indonesia memiliki beberapa pulau besar seperti Bali, Kalimantan (Pulau Kalimantan juga bagian dari Indonesia, berbagi dengan Brunei Darussalam dan Malaysia), Buru, Nusa Tenggara Timur, Jawa, Lombok.

    Selain itu ada juga pulau Maluku, Papua (Pulau Papua juga bagian dari Indonesia dan berbagi dengan negara Papua Nugini), Maluku Utara, Obi, Kepulauan Riau, Sulawesi, Sumatera, Sumba, Taliabu, Timor, Trangan, dan Nusa Tenggara Barat.

    Bahaya Alam di Indonesia

    Indonesia memiliki beragam bahaya alam (natural hazard) seperti : aktivitas gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, dan kekeringan parah.

    Cincin api (ring of fire) yang melintasi Indonesia menyebabkan negara ini sering mengalami kejadian bencana alam geologi seperti gempa bumi, tanah longsor, letusan gunung berapi, dan tsunami.

    Setidaknya dalam 20 tahun terakhir, Indonesia menjadi pusat perhatian dunia karena seringnya terjadi bencana alam yang banyak memakan korban jiwa dan kerusakan besar infrastruktur.

    Permasalahan Lingkungan di Indonesia

    Indonesia memiliki asap dan kabut dari kebakaran hutan dan polusi udara di daerah perkotaan. Masalah lingkungan lainnya adalah deforestasi. Negara ini juga memiliki tingkat pencemaran air dari limbah industri yang cukup tinggi.

    Kondisi geografis Indonesia membuat negara ini rentan terhadap banjir besar, kekeringan dan serangan hama tanaman yang tidak dapat diprediksi.

    Masalah lingkungan yang terkait dengan aktivitas masyarakat di Indonesia adalah degradasi hutan dan pencemaran asal limbah industri, rumah tangga maupun transportasi. Degradasi hutan yang terjadi dipicu oleh penebangan liar, pembakaran hutan, dan erosi.

    Efek kumulatif dari meningkatnya kepadatan penduduk, urbanisasi, intensifikasi pertanian, ekstraksi sumber daya, dan manufaktur telah berdampak signifikan terhadap lingkungan Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Ancaman terbesar kerusakan lingkungan di Indonesia adalah karena adanya pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan.

    Sumber Daya Alam Indonesia

    Sumber daya alam unggulan di Indonesia yang dapat dieksploitasi meliputi bauksit, timah, nikel, tembaga, perak dan emas. Minyak bumi, batubara dan gas alam merupakan sumber energi penting bagi negara ini.

    Sektor pertambangan merupakan salah satu sektor industri terbesar di negara ini. Ekspor sumber daya mineral didominasi oleh gas alam dan minyak mentah.

    Pada tahun 1989, minyak dan gas alam Indonesia menyumbang lebih dari 90% terhadap total pendapatan negara, yaitu sekitar $10 miliar. Saat ini di Indonesia pengembangan industri mineral jadi dan setengah jadi telah menjadi prioritas utama di negara ini.

    Indonesia juga memiliki sumber daya alam hayati yang melimpah. Tanahnya yang subur sangat mendukung tumbuhnya berbagai tanaman yang bernilai ekonomis.

    Indonesia merupakan pemasok utama komoditas seperti kopi, karet, kayu, minyak kelapa sawit, dan kakao ke pasar dunia. Selain itu, teh, gula, kopra, rempah-rempah, dan tembakau juga merupakan salah satu komoditas unggulannya.

    Komentar