Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Yang Membedakannya Dari Pulau Lainnya Di Indonesia

Kondisi Geografis Pulau Sulawesi - Pulau Sulawesi atau sebutan lainnya dalam bahasa inggris yaitu Celebes adalah sebuah pulau dalam wilayah Indonesia. Letak Pulau Kalimantan yaitu berada diantara pulau kalimantan sebelah barat dan Kepulauan Maluku di sebelah timur.

Pulau sulawesi merupakan kepulauan terbesar keempat di Indonesia yaitu setelah pulau sumatera, pulau kalimantan, dan Papua. Pulau sulawesi memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan pegunungannya, lautan, ekosistem alamnya dan masih banyak hal lain.

Jika melihat kondisi geografis pulau sulawesi berdasarkan peta, luas, batas laut, dan batas darat akan secara lebih mendetail dibahas sebagai berikut. Jika dinilai secara mendunia pulau sulawesi berada pada urutan ke-sebelas. Luas wilayah pulau Sulawesi yaitu sebesar 174.600 km2.

Lihat juga: Kondisi Geografis Pulau Jawa

Yang Membedakan Kondisi Geografis Pulau Sulawesi

Setelah pulau Sumatera, Kalimantan dan pulau Papua, pulau Sulawesi menjadi bagian dari kepulauan Indonesia yang keempat. Luas daratan pulau sulawesi yaitu 174.000 Km Persegi, dengan bentuknya yang unik yaitu menyerupai seperti bunga mawar laba-laba atau seperti huruf K besar.

Bentuk huruf K ini terlihat memanjang dari utara ke selatan dengan tiga semenanjung yang membujur ke arah timur laut, timur dan tenggara. Hal inilah yang membedakan kondisi geografi pulau Sulawesi berbeda dengan pulau lainnya di Indonesia.

Pulau Sulawesi dibatasi oleh Selat Makasar pada bagian barat yang terpisah dari Kalimantan serta terpisah dari kepulauan Maluku dari Laut Maluku. Pulau Sulawesi ini berbatasan daratan dengan Borneo disebelah barat.

Sedangkan untuk sebelah Utara yaitu berbatasan dengan Filipina, sebelah selatan dengan Flores, dan sebelah timur hingga tenggara berbatasan dengan Maluku. Total luas Pulau Sulawesi adalah 174.600 Km2 dan dengan titik pusat koordinatnya berada di 2°08' LU dan 170°17' BT.

kondisi geografis pulau sulawesi

Batas wilayah Pulau Sulawesi serta Nama-Nama Laut, Pantai, Pegunungan, dan Daratan

Dilihat dari Kondisi geografis Pulau Sulawesi berikut ini merupakan batasan-batasan antara laut dan daratannya:
1. Batas Laut Pulau Sulawesi
  • Daerah Timur: Laut Banda
  • Daerah Barat: Selat Makasar
  • Daerah Selatan: Laut Sulawesi
  • Daerah Utara: Laut Flores

2. Batas Daratan Pulau Sulawesi
  • Daratan Timur: Kepulauan Maluku
  • Daratan Barat: Pulau Kalimantan
  • Daratan Selatan: Pulau NTT dan NTB
  • Daratan Utara: Negara Filipina

Lihat juga: Kondisi Geografis Pulau Kalimantan

Berikut merupakan nama-nama pantai, nama laut, nama pegunungan, dan nama-nama daratan pada pulau Sulawesi.
  • Nama-nama Pantai Pada Pulau Sulawesi diantaranya Pantai Malalayang, Pantai Lakeba, Pantai Likupang, Pantai Dato Majene, Pantai Pall, Pantai Kema dan masih ada banyak sekali pantai yang lainnya.
  • Nama Laut Pada Pulau Sulawesi yaitu Laut Sulawesi, Laut Bunakan, Laut Sangibe dan laut Wakatobe.
  • Berikut Nama-nama Dataran rendah Pulau Sulawesi yaitu Jeneponto, Bulukumba, Takalar, Gowa, Salayar, Majene, Mamuju, Ujung Pandang dll.
  • Nama-nama gunung pulau Sulawesi diantaranya yaitu gunung Mahawu, gunung Awu, Gunung Klabat, Gunung Mekongga, Gunung Gandang Dewata dll.

Dilihat dari kondisi geografis pulau sulawesi yang memiliki luas wilayah yaitu 174.600 km2. Titik koordinatnya berada 2°08' LU dan pada 170°17' BT. Sedangkan untuk batas laut pulau Sulawesi yaitu untuk daerah timur adalah Laut Banda, daerah barat yaitu selat Makasar, daerah utara Laut Sulawesi, dan daerah selatan yaitu Laut Flores.

Untuk batas daratannya, pulau sulawesi berbatasan di timur dengan Kepulauan Maluku, di Barat dengan Pulau Kalimantan, di Utara dengan Negara Filipina, serta di Selatan dengan Pulau NTT dan NTB.