Profil Negara Kanada [+Gambar Peta Lengkap]

profil negara kanada
Kanada (Canada) adalah salah satu negara yang termasuk dalam bagian wilayah benua Amerika. Letak tepatnya berada di paling utara Amerika Utara. Berdiri pada tahun 1867, negara ini merupakan bekas jajahan Prancis dan Britania Raya. Kanada merupakan salah satu wilayah yang memiliki keanekaragam kultur terbesar di dunia. Hal tersebut karena Kanada memiliki jumlah imigran yang tidak sedikit. Namun, meski begitu, Kanada termasuk dalam jajaran negara maju di Benua Amerika.

Daftar isi


Sejarah Negara Kanada

Pada awalnya, Kanada telah dihuni oleh penduduk asli hampir selama 40.000 tahun lebih. Hingga kemudian muncul beberapa ekspedisi yang melibatkan kota ini sebagai tujuannya. Seperti misalnya ekspedisi yang dilakukan oleh bangsa Skandinavia dan memutuskan untuk tinggal di L’Anse aux Meadows, salah satu wilayah Kanada bagain selatan. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai sejarah Kanada, maka simaklah utas berikut ini!

Diperebutkan Perancis dan Inggris

Perebutan ini dimulai ketika rombongan pelaut Inggris memulai ekspedisinya dan ingin menempati daratan baru yang berada di wilayah Amerika Utara. Namun, wilayah tersebut sudah diklaim terlebih dahulu oleh rombongan Prancis yang dipimpin oleh Jacques Cartier. Dengan begitu kedua rombongan tersebut akhirnya memperebutkan wilayah yang baru saja ditemukan. Inggris kalah dalam perebutan tersebut tetapi dapat mengklaim wilayah Newoundland.

Setelanya, Prancis berhasil menduduki pemukiman permanen yang diberi nama "Quebec". Pemukiman tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Kanada. Hingga akhirnya pada tahun 1662, Prancis berhasil menguasai Kanada dengan mengambil wilayah yang sebelumnya di kuasai Inggris, yakni Newfoundland. Namun, meskipun pada awalnya Inggris menyerahkan semua wilayah jajahannya, ternyata tidak berakhir sampai disitu.

Perebutan wilayah Kanada terus terjadi diantara Perancis dan Inggris. Serentetan peperangan terus terjadi, hingga akhirnya kedua belah pihak memutuskan untuk menandatangani perjanjian damai pada tahun 1973 di Utrecht. Perjanjian damai tersebut menetapkan jika wilayah Quebec dan juga Pulau Prince akan diserahkan kepada Inggris. Hal tersebut benar-benar disahkan pada tahun 1967 sehingga Inggris resmi menguasai wilayah tersebut.

Menjadi Koloni Inggris

Setelah masa pemerintahan Inggris berjalan, muncul masalah di wilayah Quebec yakni adanya dominasi para penganut agama Katolik. Hal tersebut bertentangan dengan peraturan yang ditetapkan oleh Inggris, yakni tidak memperbolehkan seseorang yang beragama Katolik menjadi wakil pemerintahan. Hingga akhirnya Inggris muncul sebagai koloni Kanada yang ditandai dengan dikeluarkannya UU Konstitusional.

UU tersebut berisi mengenai pemecahan Quebec menjadi dua wilayah Kanada, yakni Kanada Rendah dan Kanada Tinggi. Setelah itu, muncul juga dukungan dari AS yang mengisyaratkan agar Kanada mendirikan perserikatannya sendiri. Lalu pada tahun 1867, New Brumswick, Noa Scotia, dan 2 provinsi di Kanada secara resmi sepakat untuk membentuk sebuah perserikatan yang diberi nama Kanada.

Ekspansi

Setelah mendeklarasikan diri sebagai negara yang berdaulat, Kanada mulai melakukan ekspansi. Pada tahun 1870, pemerintah membeli beberapa tanah yang ternyata sudah dihuni oleh suku asli pribumi. Namun untungnya perundingan berjalan lancar sehingga Kanada tetap memperoleh kuasa penuh terhadap wilayah yang telah dibeli tersebut. Hingga selanjutnya Kanada berhasil menjadi negara dengan luas terbesar nomor 2 di dunia.


Geografi Negara Kanada

peta negara kanada
Gambar Peta Kanada

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika Kanada merupakan negara yang memiliki luas terbesar nomor 2 di dunia setelah Rusia. Hampir setengah wilayah di Amerika Utara merupakan daerah kekuasaan Kanada. Untuk informasi lebih jelasnya, Anda bisa menyimak sedikit ulasan berikut ini!

Letak Kanada

Kanada memiliki letak astronomis yang berada di 50°LU - 80°LU dan dan 20°BB - 140°BB. Selain letak astronomis, Kanada juga memiliki letak geografis, yakni terletak diantara Amerika Serikat dan Samudera Arktik. Selain itu, terletak juga diantara Alaska dan Samudera Pasifik.

Batas Wilayah

Sama seperti negara berdaulat lainnya, Kanada juga memiliki batas wilayah negaranya. Pada sebelah Utara, Kanada berbatasan langsung dengan Samudera Arktik, sedangkan pada bagian timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Greenland. Selanjutnya, pada wilayah selatan, Kanada berbatasan dengan Amerika Serikat, lalu untuk wilayah barat, berbatasan langsung dengan Alaska dan Samudera Pasifik.

Topografi

Sebagian besar wilayah Kanada berada di daerah Arktik. Sedangkan wilayah yang terpadat terletak di Sungai Saint Lawrence, tepatnya di bagian timur Kanada. Bagian tersebut sebagian besar diisi oleh daratan yang subur dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Sedangkan untuk Kanada bagian utara di dominasi oleh danau dan sungai-sungai. Bahkan, menurut hasil statistik, hampir 60% danau dunia terletak di negara Kanada.

Di bagian barat, terdapat padang rumput atau sabana yang sangat luas dan datar. Wilayah tersebut terdiri atas beberapa provinsi, yakni Alberta, Manitoba, dan Saskatchewen.sebenarnya, tak hanya di bagian barat saja yang dipenuhi dengan wilayah padang rumput, sebab di daerah utara juga terdapat beberapa vegetasi hutan. Hutan yang dimaksud mulai dari Konifer hingga Tundra.

Kanada juga memiliki banyak pegunungan-pegunungan kecil. Beberapa pegunungan tersebut diantaranya adalah Rocky, Muskwa Ranges, Fairholme Range, Hart Ranges, Palliser Range, High Rock, Sawback Range, dan masih banyak lagi. Kanada bahkan memiliki sekitar lebih dari 20 pegunungan dengan ketinggian yang bervariasi.

Iklim

Sama seperti negara-negara di benua Amerika lainnya, Kanada juga memiliki 4 musim. Ketika musim dingin datang, sebagian besar wilayah akan diguyur salju dan hujan es. Bahkan suhu yang tersebar di masyarakat bisa mencapai hingga -50 derajat. Namun, ketika musim panas tiba, cuaca tidak terlalu ekstrem. Suhu yang biasanya tercipta ketika musim panas tiba adalah sekitar 30 derajat.

Namun, secara keseluruhan, iklim dari negara Kanguru ini adalah iklim dingin. Namun, untuk daerah pesisir British Columbia mendapatkan pengecualian karena biasanya di daerah tersebut tidak sampai merasakan musim dingin yang ekstrem. Sama halnya ketika musim panas berlangsung, di daerah Vancouver juga tidak terlalu mendapatkan cuaca yang sangat panas, hanya sekitar 5 derajat.

Ekonomi Negara Kanada

Untuk masalah perekonomian, Kanada masuk ke dalam jajaran negara maju dengan ekonomi industri yang sangat baik. Hal tersebut karena Kanada memiliki pengadaan energi yang cukup besar dalam sektor fosil, hidroelektrik, dan juga fosil. Maka tidak mengherankan jika Kanada mendeklarasikan dirinya sebagai negara industri yang maju. Sedangkan untuk sistem ekonominya lebih kepada orientasi pasar.

Perdagangan Luar Negeri

Kanada masih menjadi satu-satunya negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia. Maka tak mengherankan jika perdagangan kopi ke beberapa negara menjadi salah satu tumpuan utama masyarakat dalam mendapatkan penghasilan. Selain itu, dengan berbagai kerja sama perdagangan lainnya dengan berbagai negara, Kanada juga bisa mengatasi resesi ekonomi yang menimpa sebagian besar masyarakatnya.

Pariwisata

Untuk sektor pariwisata, bisa dibilang menjadi salah satu sumber penghasilan terbesar pemerintah. Banyak sekali tempat-tempat wisata yang menjadi favorit di kalangan wisatawan dan banyak menjadi pembicaraan publik. Kanada sendiri dikenal memiliki lanskap atau pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Maka tidak mengherankan jika sektor wisata memberikan banyak pengaruh terhadap tingkat ekonomi Kanada.

Perekonomian Kota dan Provinsi

Toronto adalah salah satu kota terbesar yang ada di Kanada dan merupakan pusat bisnis paling maju. Berbagai sektor ekonomi mulai dari desain, fashion, hingga pendidikan tumbuh di kota tersebut. bisa dibilang juga jika Toronto menjadi pusat pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar. Bahkan, Toronto juga menjadi satu-satunya pusat mode yang ada di Kanada.

Selain Toronto, Provinsi Manitoba juga cukup banyak menyumbangkan hasil perekonomian yang mumpuni. Untuk provinsi satu ini, mengelola berbagai sektor seperti pertanian, pertambangan, jasa, hingga kehutanan. Tak hanya itu, Manitoba juga menjadi pusat penghasil tenaga listrik yang paling besar di Kanada. Bahkan, hasil energy listrik tersebut beberapa diekspor ke negara Amerika Serikat, sehingga meningkatkan perekonomian negara.

Politik dan Pemerintahan Kanada

Politik dan pemerintahan yang berkembang di Kanada dipegang oleh seorang Gubernur Jenderal atau Ratu. Seperti yang diketahui bahwa Kanada memiliki bentuk negara Federasi sehingga kepemimpinan utama dikuasai penuh oleh Gubernur Jenderal atau Ratu. Dari Gubernur Jenderal, terangkatlah Perdana Menteri yang memiliki tugas untuk menjalankan pemerintahan.

Bentuk Negara

Kanada memiliki bentuk negara serikat atau federasi. Dalam sistem federasi, semua negara bagian menjadi satu membentuk sebuah kekuatan pemerintahan. Dengan begitu, masing-masing negara bagian berhak memiliki otoritas khusus atau bisa juga disebut sebagai otonomi daerah. Hal tersebut juga berlaku di Kanada yang masing-masing negara bagian diperbolehkan mengatur urusannya.

Bentuk Pemerintahan

Dengan bentuk negara federasi, Kanada menggunakan bentuk pemerintahan Monarki Konstitusional dengan Ratu atau Raja sebagai pemimpin tertinggi. Kepemimpinan Ratu atau Raja dimiliki secara utuh alias seumur hidup. Seperti sistem Monarki pada umumnya, tahta dimiliki oleh keluarga kerajaan. Namun, pemimpin juga tidak boleh bertindak sewenang-wenang karena keputusan dan kehendak tertinggi berada di tangan rakyat.

Pembagian Wilayah Administratif

Untuk pembagian administratif, Kanada memiliki dua pembagian khusus yakni 10 provinsi dan 3 wilayah teritori. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika Kanada memiliki bentuk negara federasi sehingga memberikan wewenang penuh kepada setiap provinsi untuk mengatur otoritas daerahnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan pembagian wilayah administratif yang ada di Kanada berdasarkan provisi dan teritori.

ProvinsiIbukotaZona Waktu (UTC)Wilayah
British Columbia Victoria -8 (Pasifik), -7 (Mountain) Barat, Pasifik
Saskathewan Regina -7 (Mountain), -6 (Tengah) Barat, Prairies
Alberta Edmonton -7 (Mountain) Barat, Prairies
Ontario Toronto -6 (Tengah), -5 (Timur) Tengah, Timur
Manitoba Winnipeg -6 (Tengah) Barat, Prairies
Noa Scotia Halifax -4 (Atlantik) Atlantik, Maritim
Quebec Quebec City -5 (Timur) Timur, Tengah
P.Prince Edward Charlottetown -4 (Atlantik) Atlantik, Maritim
New Brunswick Fredericton -4 (Atlantik) Atlantik, Maritim
New foundland & Labrador St. John's -4 (Atlantik), -3,5 (Newfoundland) Atlantik

Hubungan Luar Negeri

Setiap negara tentunya pasti memiliki hubungan dengan negara lainnya karena sama halnya dengan makhluk sosial, negara juga butuh berinteraksi. Kanada biasanya lebih banyak menjalin hubungan luar negeri dengan anggota negara Uni Eropa. Mulai dari kerjasama biasa hingga memperluas misi diplomasi semuanya dilakukan. Bahkan, hubungan yang dijalin antara Kanada dengan Uni Eropa sudah berjalan selama 42 tahun lamanya.

Awetnya hubungan luar negeri yang dijalin antar keduanya disebabkan oleh samanya nilai-nilai yang dianut dalam setiap lapisan masyarakat. Apalagi semenjak penandatanganan perjanjian perdagangan ekonomi dan kemitraan pada 2017 lalu menimbulkan semakin eratnya hubungan yang terjalin diantara keduanya. Selain perjanjian tersebut, masih banyak perjanjian lainnya seperti Manajemen Perbatasan, Pendidikan, Manajemen Krisis, dan masih banyak yang lainnya.

Militer

Kanada memiliki angkatan bersenjata yang yang cukup kuat dengan sebutan lembaga terpadu. Lembaga tersebut terdiri atas tiga elemen, yakni laut, udara, dan darat. Untuk personel militer terdapat empat sub komponen yang meliputi, Rangers Kanada, Administrasi Organisasi Pelatihan Kadet dan Layanan Pelatihan, Cadangan Tambahan, dan yang terakhir Cadangan Utama.

Demografi Negara Kanada

Dilansir dari data statistik sensus penduduk di Kanada yang dilakukan pada tahun 2005, jumlah penduduk sudah tercatat sekitar 32,2 juta orang. etnis lain selain Kanada yang menempati beberapa posisi tinggi adalah Inggris, Prancis, Skotlandia, dan juga Irlandia. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kondisi demografi yang ada di Kanada.

Bahasa

Kanada memiliki dua bahasa resmi yang banyak digunakan oleh masyarakat, yakni Inggris dan Prancis. Awal mulanya bahasa Prancis menjadi sama kedudukannya dengan bahasa Inggris adalah ketika pada tahun 1969 telah disahkan oleh pihak pemerintah. Dengan begitu, Kanada mendeklarasikan dirinya sebagai negara multibudaya dan bilingual. Meskipun pada praktiknya hanya bahasa Inggris yang sering kali digunakan.

Agama

Dari segi agama, pihak pemerintah tidak pernah memberikan larangan kepada masyarakat untuk tidak beragama. Semuanya diperbolehkan menjalankan keyakinannya dengan mendapat kebebasan serta perlindungan dari hukum. Agama mayoritas yang dianut adalah Kristen, terbukti dengan pola hidup masyarakat yang sebagian besar menerapkan nilai-nilai dari agama tersebut.

Selain Kristen, ada juga agama-agama lain yang dipercayai oleh masyarakat. Agama tersebut diantaranya adalah Katolik, Protestan, Christian Ortodoks, Muslim, Jewish, Budha, Hindu, Sikh, dan beberapa lainnya tidak menganut agama apapun atau biasa disebut Atheis.

Pendidikan

Untuk masalah pendidikan benar-benar mendapat perhatian yang cukup tinggi dari pemerintah. Hal tersebut terbukti lewat perhatian yang diperlihatkan mulai dari pengawasan hingga pendanaan yang dilakukan oleh pemerintah. Pada umumnya, sama seperti di negara lainnya, Kanada membagi tingkat pendidikannya dalam tiga jenjang, yakni Dasar, Menengah, dan Tinggi. Untuk usia wajib belajar, Kanada menentukan hingga 16 tahun.

Seni dan Budaya di Kanada

Kebudayaan yang ada di Kanada sebagian besar sangat dipengaruhi oleh corak-corak Inggris dan Prancis. Hal tersebut karena memang dulunya kedua negara tersebut pernah menjajah dalam waktu yang cukup lama. Namun, tentu saja Kanada masih tetap memiliki ciri khasnya tersendiri, yakni dengan kesan lebih tajam dan tegap. Kecintaan masyarakat kepada bangsanya membuat mereka selalu mendukung apa saja yang dilakukan oleh pemerintah.

Mungkin sebagian orang belum mengetahui jika Kanada dan AS memiliki kerja sama yang dekat dalam bidang budaya. Maka tidak mengherankan jika banyak sekali pengarang, film, dan tontonan TV yang berasal dari AS masuk dengan bebas dan diterima masyarakat Kanada dengan cepat. Apalagi, kehadiran kebudayaan AS mendorong Kanada untuk lebih baik lagi dalam mengekspresikan perasaannya. Kini Kanada telah menemukan bagaimana mengembangkan budaya mereka agar lebih hidup.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai profil Kanada yang bisa menambah wawasan pengetahuan Anda. Kini, Anda pasti sudah memahami profil negara tersebut dari sisi sejarah, kondisi geografi, perekonomian, kondisi politik, pemerintahan, demografi, serta budaya yang ada di Kanada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel