Profil Negara Irlandia [+Gambar Peta Lengkap]

profil irlandia
Irlandia (Ireland) adalah negara yang masuk dalam jajaran negara kaya di benua Eropa. Negara yang berbentuk Republik ini berbatasan langsung dengan Irlandia Utara pada bagian utara. Sedangkan pada bagian timurnya berbatasan dengan Laut Irlandia. Pada awalnya Irlandia dan Britania Raya merupakan satu kesatuan. Namun, pada tahun 1921, Irlandia resmi memisahkan diri dan membentuk sendiri negara yang berdaulat. Jika penasaran, berikut ini profil negara Irlandia yang perlu Anda ketahui.

Sejarah Negara Irlandia

Proses negara Irlandia memperoleh kemerdekaannya bisa dibilang cukup rumit dan membutuhkan proses yang panjang. Bahkan Irlandia harus melewatkan diri menjadi bagian dari Britania Raya selama delapan abad lamanya. Perang dunia II pun juga ikut mewarnai perjuangan masyarakat Irlandia untuk mendapatkan kemerdekaannya. Waktu tersebut tentunya bukan waktu yang sebentar mengingat keberadaannya di bawah Britania Raya yang justru tidak mendapatkan kebebasan.

Irlandia merupakan negara bekas jajahan Inggris yang pada saat itu sangat tunduk terhadap pemerintahan kerajaan Inggris. Sejak abad ke-12, Ratu Inggris Elizabeth sudah mendorong seluruh warganya untuk melakukan imigrasi yang sangat besar-besaran ke negara Irlandia. Hingga akhirnya muncul banyak pemberontakan yang dilakukan oleh kaum Irlandia Katolik. Namun, hal tersebut berhasil dipadamkan oleh pihak pemerintahan Inggris.

Karena kondisi yang sangat amburadul, banyak masyarakat Irlandia yang memutuskan untuk melakukan imigrasi ke Amerika Selatan. Meski begitu, semangat pemberontakan sudah terlanjur menyebar di kalangan masyarakat hingga kedudukan Inggris mulai mengalami kegoyahan. Saat itu Inggris menyebut dirinya sebagai Britania Raya yang menguasai banyak negara jajahan di Eropa.

Pada awalnya, kerajaan Irlandia dan Britania Raya sepakat untuk membuat sebuah kerajaan yang dinamakan Kerajaan Bersatu atau United Kingdom of Great Britain and Ireland. Hal tersebut berdasarkan kesepakatan Act of Union 1800 (Undang-Undang Uni 1800). Kesepakatan tersebut dimulai pada tanggal 1 Januari 1801.Pada proses pelaksanaanya tentunya tidak berjalan dengan mulus karena lama-lama Britania Raya mulai mencoba menguasai Irlandia.

Hingga akhirnya, pada tanggal 6 Desember Irlandia membuat keputusan yang berisi bahwa mereka hendak memisahkan diri dari Britania Raya. Hal tersebut diwujudkan dengan Perjanjian Anglo-Irlandia (Anglo-Irish Treaty) yang akhirnya mendapatkan persetujuan dari pihak Britania Raya. Setelah itu, pada tanggal Desember 1922, setahun setelah perjanjian tersebut disahkan, Irlandia bisa benar-benar memisahkan diri.

Setelah merdeka, Irlandia memperkenalkan negaranya dengan nama Irish Free State atau yang biasa disebut Negara Bebas Irlandia. Pada awal berdirinya, Irlandia memiliki wilayah yang terdiri dari keseluruhan luas Pulau Irlandia. Namun, dalam perjalanan berdirinya pemerintahan satu ini, pihak Irlandia Utara memisahkan dirinya dan justru memilih bergabung kembali dengan Britania Raya.

Setelah Irlandia Utara memisahkan diri, muncul polemik di dalam negeri. Hingga akhirnya nama yang sebelumnya Negara Bebas Irlandia berubah menjadi Republik Irlandia. Dengan perubahan nama tersebut, bentuk negara yang semula kerajaan juga berubah menjadi republik. Sebenarnya Negara Bebas Irlandia tidak hanya berganti nama, tetapi secara resmi dibubarkan. Hal tersebut karena mereka menginginkan adanya bentuk baru dalam pemerintahan.

Geografi Irlandia

peta negara irlandia
Gambar Peta Irlandia
Negara Irlandia memiliki wilayah yang cukup luas, yakni sekitar 70.273 km2. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini ulasan singkat mengenai kondisi geografi di Irlandia.

Letak dan Batas Wilayah Irlandia

Letak astronomis dari Irlandia adalah berada di antara 51°LU - 55°LU dan 5°BB - 10°BB. Batas wilayah Irlandia dibagi menjadi 4 bagian, yang pertama adalah bagian timur yang berbatasan langsung dengan Laut Irlandia. Kedua, pada bagian utara, langsung berbatasan dengan Irlandia Utara. Lalu yang ketiga sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik. Sedangkan yang terakhir, yakni bagian selatan juga sama berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Topografi

Sebagian besar luas wilayah Irlandia merupakan daerah dataran rendah, meskipun beberapa kontur tanahnya bisa juga dikatakan cukup tinggi. Dominasi tanah pada bagian bawahnya merupakan material gamping sehingga bisa dibilang memiliki tanah yang tidak terlalu subur. Meski begitu bukan berarti kondisi tanah menjadi gersang dan kering.

Untuk bentang alam pada bagian barat sebagian besar merupakan tebing, perbukitan, dan gunung-gunung kecil. Beberapa gunung yang ada diantaranya adalah Croagh Patrick, Carraauntoohil, Barrclashcame, Brandon Mountain, Croaghaun, Slieve Cor, Mweelrea, Nephin, dan masih banyak lagi. Tak dapat dipungkiri jika Irlandia memiliki jumlah gunung yang hampir mencapai lebih dari 10 tempat.

Selain gunung-gunung kecil, Irlandia juga memiliki bentang alam berupa sungai-sungai. Diantara sungai-sungai tersebut terdapat satu sungai yang merupakan sungai terpanjang di Irlandia, yakni Shannon. Mata air tersebut berada di wilayah Caran, Provinsi Ulster. Sungai tersebut melewati bagian dalam dari wilayah topograi di negara Irlandia dengan bermuarakan di Samudera Atlantik.

Selain itu, ada juga pantai laut yang cukup beragam mulai dari luas hingga coraknya. Terdapat sekitar 3 pulau yang ada di negara ini, yakni Pulau Valentina, Pulau Achil, dan Pulau Aran. Relief dari setiap pantai yang ada di pulau tersebut cukup teratur tetapi hampir semua pulau tersebut tidak memiliki pulau lepas pantai.

Dari beberapa bentang alam yang ada, diantaranya mengalami masalah pengikisan es. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya bekas erosi glasial yang menimpa pegunungan-pegunungan yang ada di negara tersebut. Selain itu, ditemukan juga material fluvioglasial yang terdapat di sekitar pegunungan. Kondisi tersebut dapat terlihat jelas apabila disaksikan secara memanjang mulai dari timur ke barat.

Iklim

Sama halnya dengan negara-negara di benua Eropa lainnya, Irlandia juga memiliki iklim sedang. Hal tersebut akibat mendapatkan pengaruh dari arus Atlantik Utara. Ketika musim panas datang, hawa atau atmosfir yang terasa di negara ini tidak terlalu panas. Begitu pula ketika sedang musim dingin, atmosfir yang tercipta juga tidak terlalu dingin.

Iklim sedang bukan berarti tidak menyebabkan negara satu ini memiliki iklim yang cukup ekstrem. Bahkan, beberapa wilayah yang ada di dalam negara ini bisa mendapatkan curah hujan hingga 275 hari berturut-turut atau bisa dikatakan sekitar 9 bulan lamanya. Meskipun hujan yang turun tidak sampai menyebabkan banjir yang berkepanjangan, tetap saja membuat masyarakat menjadi terkendala dalam menjalankan aktivitasnya.

Ekonomi Negara Irlandia

Kondisi ekonomi di Irlandia sempat mengalami krisis yang sangat hebat. Diantara negara-negara di Eropa, Irlandia adalah negara nomor dua yang pernah mengalami krisis ekonomi sangat hebat, yakni setelah Negara Yunani. Namun, setelah terjadinya krisis Irlandia mampu memacu kembali kondisi perkonomian mereka. Berikut ini adalah ulasan mengenai perkembangan perekonomian Irlandia mulai dari krisis hingga bisa tumbuh dan berkembang pesat menjadi salah satu negara terkaya di benua Eropa.

Masa Krisis Ekonomi

Irlandia termasuk salah satu negara kecil yang berada di benua Eropa. Mata uang yang digunakan adalah Euro, yang dimulai sejak tahun 2002. Pada awal berdirinya, Irlandia memiliki sistem ekonomi yang cukup pesat. Bahkan rata-rata pertumbuhan dari PDB pertahun mereka pada saat itu mencapai 6 %. Namun, pada tahun 2008 karena adanya krisis global, perkembangan ekonomi di Irlandia menjadi sangat menurun.

Krisis global membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian negara-negara di Eropa. Apalagi karena Irlandia merupakan negara yang kecil, maka defisit dan rasio hutang per PDB menjadi semakin besar. Hal itulah yang sebenarnya sangat mendasari terjadinya krisis perekonomian di Irlandia. Yunani sendiri sebagai negara nomor satu di Eropa yang mengalami krisis besar-besaran juga diakibatkan oleh hal tersebut.

Selain dikarenakan dua hal tersebut, ada faktor lain lagi yang membuat krisisnya ekonomi di Irlandia, yakni peminjaman yang tidak terstruktur. Peminjaman tersebut dilakukan pada sektor property nasional sehingga menyebabkan negara menjadi bangkrut dan otomatis pertumbuhan ekonomi menjadi mati. Namun, pemerintah tidak lantas diam dengan kondisi tersebut, mereka berusaha untuk mengembalikan kembali kondisi perekonomian yang krisis.

Pemulihan Kondisi Ekonomi

Setelah terjadi peminjaman yang tak terkendali pada sektor properti nasional, pemerintah berusaha mengambil jalan keluar. Mulai muncul pengetatan anggaran dan juga pengurangan gaji dari para pegawai negeri. Namun, ternyata beberapa langkah tersebut masih saja dinilai kurang efektif yang terbukti pada tahun 2010 Irlandia mengalami kenaikan defisit yang sangat besar, yakni 32,4 %.

Dengan jumlah defisit yang sangat besar tersebut, pemerintah akhirnya mengambil langkah untuk meminta bantuan kepada IMF sebanyak 22.500.000.000 euro. Langkah tersebut sangat tepat karena terbukti setelahnya kondisi perekonomian di Irlandia menjadi lebih baik lagi. Bahkan pada tahun 2011, setelah mengalami krisis selama 3 tahun, Irlandia sudah bisa mencapai posisi keadaan ekonomi yang stabil.

Kondisi Pasca Pemulihan

Setelah langkah pemulihan ekonomi lewat bantuan internasional, Irlandia mampu meraih kembali ekonomi yang stabil. Dengan begitu, tingkat pengangguran tidak lagi meningkat, bahkan cenderung terus menerus berkurang dan susut menjadi 8,6 %. Topik mengenai “gagal bayar” yang sering disematkan pada negara satu ini pun juga sudah hilang dan tidak diperbincangkan lagi oleh dunia internasional.

Politik dan Pemerintahan Irlandia

Sistem pemerintahan yang dianut Republik Irlandia adalah parlementer dengan kekuasaan tertinggi pemerintahan yang terdapat di tangan Presiden.

Wilayah Administratif

Dalam sistem pemerintahan Irlandia terdapat beberapa negara bagian yang sebagian besarnya memiliki county. County merupakan sistem adimistratif suatu wilayah yang berada di bawah naungan negara bagian. County juga bisa disebut sebagai pemerintah daerah. Irlandia sendiri memiliki 26 county yang terdiri atas Dublin, Wic Klow, Wexford, Carlow, Kildare, Meath, Louth, Monaghan, Cavan, Longford, Westmeath, Offaly, Laois, Kilkenny, Waterford, Cork, Kerry, Limerick, Tipperary, Clare, Galway, Mayo, Roscommon, Sligo, Leitrim, dan Donegal.

Negara Netral

Mungkin banyak yang belum mengetahui jika Irlandia mendeklarasikan diri menjadi negara netral sejak tahun 1930-an. Pada saat Perang Dunia II, Irlandia tidak memihak siapapun. Negara tersebut bahkan tidak bersekutu dengan NATO. Namun, ketika masa Perang Dingin, Irlandia justru menampakkan jika mereka menjadi negara anti komunis. Sejak saat itulah banyak yang mulai meragukan kenetralan Irlandia.

Militer

Pasukan pertahanan militer yang dimiliki oleh Irlandia terbilang cukup kecil, yakni sejumlah 10.500 personel. Jumlah tersebut terbilang sedikit jika dibandingakan dengan jumlah pasukan negara netral lainnya. Selain itu, Irlandia juga tidak menetapkan larangan dinas asing untuk warga negaranya. Irlandia memberikan kebebasan. Bahkan, pesawat militer dari negara lain diperbolehkan untuk mengisi bahan bakarnya di Bandar Udara Shannon.

Demografi Irlandia

Jumlah penduduk yang tercatat sekitar 4.588.252 jiwa pada tahun 2011 dengan dominasi etnis asli Irlandia yang memeluk agama Katolik Roma. Dari jumlah tersebut terdapat 544.357 jiwa merupakan warga negara non Irlandia, meningkat menjadi 2,5 kali lebih banyak dibandingkan tahun 2002. Komposisi warga non Irlandia terbagi menjadi empat kewarganegaraan yakni, Nigeria (17.642), Latin (20.593), Inggris (112.259), dan Polandia (122.259).

Penggunaan Bahasa

Untuk masalah bahasa, negara ini menetapkan Bahasa Irlandia sebagai bahasa nasional. Namun, faktanya, bahasa yang paling banyak digunakan adalah Bahasa Inggris. Selain itu, uniknya Polandia justru menjadi bahasa yang paling banyak digunakan karena sebagian besar imigran yang ada di Irlandia adalah kewarganegaraan asli Polandia. Dengan begitu secara otomatis bahasa Irlandia menduduki nomor tiga yang paling banyak digunakan.

Agama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika agama Katolik Roma adalah yang paling mendominasi Irlandia. Jika bertumpu pada data sensus penduduk pada tahun 2011, berikut ini rincian agama yang dianut oleh masyarakat Irlandia.
AgamaPersentaseKeterangan
Katolik Roma 78,31 % Menurun drastis
Islam 1,33 % Meningkat
Ortodoks 1,31 % Meningkat pesat
Kristen 2,65 % Meningkat
Tanpa Agama 9,84 % Meningkat drastis
Tidak Berafiliasi 2,63 % Meningkat
Lainnya 3,93 % Meningkat

Pendidikan

Irlandia memiliki sistem pendidikan yang sedikit berbeda dengan negara lainnya. Sistem pendidikan dimulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, perguruan tinggi, lalu selanjutnya univeritas tingkat tiga yang diakhiri dengan lembaga professional. Untuk keseluruhan sistem pendidikannya, bisa dikatakan jika Irlandia sangat unggul karena berhasil mencetak para sarjana yang luar biasa.

Kesehatan

Sistem kesehatan yang diterapkan di Irlandia hampir sama seperti negara-negara lainnya. setiap orang harus mendaftar pada salah satu dokter dan melakukan proses konsultasi pada dokter tersebut. Semua pasien dikenakan biaya, tetapi khusus untuk para pengangguran dan pensiunan tidak dibebankan biaya, alias gratis. Sistem menggratiskan pengangguran memang terbilang cukup unik jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Seni dan Budaya Irlandia

Irlandia memiliki kebudayaan dengan ciri khas yang sangat unik. Mulai dari musik hingga rangkaian festival yang dimiliki oleh negara ini amat sangat beragam.

Musik

Kecintaan masyarakat Irlandia terhadap musik memang tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut karena terdapat banyak sekali pagelaran musik yang kerap diadakan oleh negara satu ini. Maka tidak mengherankan jika nama-nama seperti The Dubliners, U2, Damien Rice, menjadi cukup populer dikalangan masyarakat dunia.

Kreativitas Masyarakat

Sebagian besar pemikiran seni masyarakat Irlandia masih banyak yang dipengaruhi oleh mitologi Celtic. Hal tersebut menyebabkan Irlandia mampu melahirkan banyak sastrawan serta pujangga yang sangat luar biasa. Nama-nama seperti Seamus Heaney, James Joyce, Yeats, dan masih banyak lagi pasti kerap kali menghiasai kancah seni di seluruh dunia.

Pesona Kota

Irlandia memiliki kota dengan pesonanya masing-masing. Gaya hidup masyarakat cenderung cosmopolitan yang dipenuhi dengan gemerlap malam. Rangkaian festival juga banyak ditemukan dengan ciri khas yang berbeda-beda di setiap kotanya.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai profil negara dari salah satu negara yang terletak di Benua Eropa ini. Kini Anda pasti sudah mengetahui sedikit gambaran mengenai sejarah, kondisi geografis, demograsi, perekonomian, politik, pemerintahan, serta budaya yang berkembang di negara Irlandia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel