Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Negara di Benua Amerika Beserta Nama Ibukotanya

nama negara di benua amerika

Benua Amerika merupakan salah satu dari benua besar yang ada di bumi. Letaknya berada di bagian sebelah barat bumi. Karena itulah mungkin yang menyebabkan tanah Amerika lebih sering disebut dengan negara barat.

Benua Amerika terbagi menjadi 3 kawasan besar, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Ketiga kawasan ini ditempati oleh berbagai negara dengan karakteristik yang berbeda-beda pula.

Nah, untuk mengenal lebih dalam mengenai benua ini, berikut ini akan dijelaskan tentang nama-nama negara yang ada di Benua Amerika beserta ibukotanya dan kondisi geografisnya secara umum.

Negara di Amerika Utara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Benua Amerika terbagi menjadi 3 kawasan besar, yaitu kawasan Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kawasan Amerika Utara sendiri terbentang mulai dari daerah kutub utara, mengarah ke bagian selatan menuju Jazirah Florida. Wilayahnya Amerika Utara ini juga terbentang mulai dari Samudera Pasifik ke arah timur hingga Samudra Atlantik yang juga mencakup bagian utara dari Negara Meksiko.

Wilayah Amerika Utara ini cukup luas dengan jangkauan kurang lebih seluas 24.500.000 km². Wilayahnya mencakup Meksiko, daratan Amerika Serikat, Teluk Meksiko, Kepulauan Arktik dan Kanada. Karena wilayahnya yang sangat luas ini, kawasan Amerika Utara ini bahkan menutupi sekitar 1/3 permukaan bumi.

Kawasan Amerika dibedakan dengan batas geografi yang berfungsi untuk membedakannya dengan kawasan Amerika Selatan. Daratan antara Amerika Utara dan Amerika Selatan dipisahkan oleh Terusan Panama. Terusan ini juga menghubungkan antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.

Di kawasan Amerika Utara inilah terletak Negara Amerika Serikat yang menjadi negara dengan jumlah penduduk paling banyak di Amerika Utara. Sedangkan negara terbesar di Amerika Utara ini adalah Kanada dengan luas wilayah 9.984.670km².

Amerika Utara juga memiliki kenampakan alam yang cukup bervariasi. Di kawasan ini terdapat kawasan pegunungan dengan puncak tertinggi yang berada di Gunung McKinley dengan ketinggian 6,194m.

Amerika Utara juga memiliki danau terbesar bernama Danau Superior dengan luas mencapai 82.410km². Sungai terpanjangnya adalah Sungai Mississippi-Missouri dengan panjang 5.969km. Nah, berikut ini adalah negara-negara yang ada di Benua Amerika khususnya di kawasan Amerika Utara beserta ibukotanya.

Nama NegaraIbukota
MeksikoMexico City
KanadaOttawa
Amerika SerikatWashington DC

Negara di Amerika Tengah

Kawasan Amerika Tengah ini sebenarnya masuk ke dalam Benua Amerika Utara. Wilayahnya mencakup bagian Amerika Utara bagian selatan mulai dari Teluk Meksiko sebelah selatan hingga perbatasan Panama dan Kolombia.

Luas wilayah Amerika Tengah ini mencapai 540.000km². Wilayahnya diapit oleh Samudra Pasifik dan Laut Karibia di bagian timur dan barat. Wilayahnya memang tidak seluas Amerika Utara, namun kawasan Amerika Tengah ini memiliki aktivitas geologi yang relatif tinggi. Diantara kawasan lain di Benua Amerika, wilayah Amerika ini adalah kawasan yang paling sempit.

Karena aktivitas gunung berapi yang cukup tinggi tentu membawa dampak positif dan negatif. Tanah di kawasan Amerika Tengah ini tergolong subur akibat letusan dari gunung berapi aktif yang banyak terdapat di dalamnya.

Sementara itu, bencana alam akibat aktivitas vulkanik gunung berapi pun tak bisa dihindari. Gempa vulkanik sering terjadi, bahkan tahun 1931 dan 1972 gempa bumi yang sangat dahsyat menghancurkan ibukota Nikaragua.

Kawasan Amerika Tengah ini juga menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang bervariasi dan menarik bagi para wisatawan. Negara-negara di Amerika Tengah ini menawarkan pesona destinasi wisata magis dan mempesona yang tidak akan Anda temukan di negara lain.

Iklim di wilayah Amerika Tengah ini dipengaruhi oleh Samudra Atlantik, Pasifik dan Laut Karibia. Bagian tengah terbagi menjadi zona suhu panas, zona suhu sedang, dingin hingga zona suhu beku. Suhu beku ini hanya terjadi di daerah dataran tinggi.

Sementara itu, di kawasan Karibia iklimnya dipengaruhi iklim maritim sehingga agak panas. Berikut ini adalah nama-nama negara di Benua Amerika kawasan Tengah.

Nama NegaraIbukota
BelizeBelmopan
NikaraguaManagua
El SalvadorSan Salvador
PanamaPanama City
HondurasTegucigalpa
Kosta RikaSan José
GuatemalaGuatemala City

Di sub region Karibia, hampir kesemuanya terdiri atas negara kepulauan. Berikut ini adalah daftar negara yang ada di Karibia.

Nama NegaraIbukota
BarbadosBridgetown
BahamasNassau
Trinidad dan TobagoPort of Spain
HaitiPort-au-Prince
KubaHavana
Antigua dan BarbudaSt. John's
DominikaRoseau
Republik DominikaSanto Domingo
GrenadaSt. George's
JamaikaKingston
Saint Kitts dan NevisBasseterre
Saint Vincent dan GrenadinesKingstown
Saint LuciaCastries

Negara di Amerika Selatan

Wilayah Amerika Selatan terbentang dengan luas kurang lebih 17.821.601 km² dari Terusan Panama sampai Semenanjung Horn di bagian selatan Argentina. Wilayahnya meliputi Negara Argentina hingga Guyana Prancis serta Kepulauan Falkland.

Iklim di Amerika Selatan ini dipengaruhi oleh ketinggian dan bentang lintang geografisnya. Sebesar dua per tiga wilayahnya berada di wilayah tropis. Sebagian besar wilayahnya mendapatkan curah hujan tinggi sehingga tak heran jika di kawasan Amerika Selatan ini banyak dijumpai hutan hujan tropis. Sebagian wilayahnya berada di daerah kering yang memiliki curah hujan hanya sekitar 100-500mm per tahun.

Benua Amerika Selatan ini berada antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik yang terhubung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Amerika Selatan memiliki iklim tropis karena dilalui oleh garis khatulistiwa.

Bagian utara benua ini merupakan dataran rendah dengan Cekungan Orinoco. Wilayahnya meliputi Llanos yang merupakan wilayah dataran aluvial yang besar dan rendah. Sebelah barat benua ini merupakan barisan Andes yang membentang dari utara ke selatan. Bagian timurnya merupakan dataran rendah yang merupakan basin dari Sungai Amazon.

Sungai Amazon ini adalah sungai terpanjang di Amerika Selatan dan dunia yang memiliki kekayaan vegetasi dan populasi flora dan fauna di dalamnya. Hutan hujan yang berada di sepanjang Sungai Amazon adalah hutan hujan terbesar dan terlebat yang menyumbang pasokan oksigen terbesar di dunia.

Selain memiliki kenampakan alam yang luar biasa, Amerika Selatan juga menjadi pusat peradaban modern di masa lalu. Hal ini dibuktikan dengan peninggalan berupa Machu Picchu, Kota Inca serta beberapa kota lain yang dipercaya menjadi bakal dari peradaban modern saat ini.

Sama seperti di kawasan Benua Amerika lainnya, di wilayah Amerika Selatan ini juga terdiri dari beberapa negara. Ada total 12 negara berdaulat yang sudah diakui oleh PBB. Berikut ini adalah nama-nama negara di Benua Amerika Selatan beserta nama ibukota negaranya.

Nama NegaraIbukota
VenezuelaCaracas
ArgentinaBuenos Aires
UruguayMontevideo
BoliviaSucre
BrasilBrasilia
ChiliSantiago
EkuadorQuito
SurinameParamaribo
PeruLima
ParaguayAsunción
GuyanaGeorgetown
KolombiaBogota

Demikian tadi penjelasan tentang Benua Amerika beserta semua nama Negara di Benua Amerika yang dikelompokkan berdasarkan wilayah benuanya. Semoga penjelasan ini bisa meningkatkan wawasan Anda tentang negara-negara di dunia terutama di Benua Amerika.