Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Britania Raya [+Gambar Peta Lengkap]

profil negara britania raya
Britania Raya atau yang juga dikenal dengan nama Great Britain merupakan sebuah negara kepulauan yang terdiri dari 4 negara yang mana semuanya masih berada di bawah kedaulatan Britania Raya. Empat negara itu adalah Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara. Selain itu juga ada beberapa wilayah seberang laut dan Dependensi Mahkota lainnya. Berikut ini akan dijelaskan tentang Profil Britania Raya lebih lengkapnya.

Sejarah Britania Raya (Great Britain)

Sejarah Sebelum 1707

Periode Kelts Insular
Terbentuknya negara Inggris Raya tidak terlepas dari peradaban pada masa prasejarah. Daratan yang kini lebih dikenal dengan Britania Raya ini, bahkan sudah ada semenjak 30.000 tahun yang lalu, yaitu sejak akhir zaman prasejarah. Pada masa itu, diperkirakan sudah terbentuk populasi di daratan yang kemudian hari disebut sebagai Great Britain ini. Pada periode ini disebut sebagai periode Kelts Insular, yaitu terdiri atas Irlandia dan Britania Britonik.

Pembentukan Wales
Perkembangan selanjutnya adalah pembentukan Wales yang diawali dengan penaklukan oleh Romawi pada 43 SM yang kemudian diikuti dengan invasi oleh Jerman Anglo Saxon. Wilayah-wilayah yang dihuni oleh penduduk Anglo Saxon inilah yang kemudian disatukan dan membentuk Kerajaan Inggris di abad ke-10. Sementara itu, Kerajaan Skotlandia sendiri terbentuk dari penutur Gaelik di barat laut Inggris yang kemudian bersatu dengan bangsa Pict. Kerajaan ini sendiri terbentuk tepatnya pada abad ke 9.

Penaklukan Irlandia Utara
Selanjutnya, Bangsa Normandia menyerang Inggris pada tahun 1066 dan berhasil menaklukkan sebagian besar wilayah Irlandia. Setelah penaklukan itu, orang-orang Normandia ini membuat pemukiman sendiri di Skotlandia. Akibat penguasaan tersebut akhirnya membuat negara-negara yang dikuasai harus masuk ke era Feodalisme berdasarkan Perancis-Utara beserta kebudayaan Normandia-Perancis.

Pengaruh tentu tidak dapat dihindarkan sebagai akibat dari penaklukan ini. Meskipun pada awalnya kedatangan Bangsa Normandia membawa pengaruh dan dampak yang signifikan, namun akhirnya tetap bisa melakukan asimilasi dengan kebudayaan lokal.

Raja Inggris kemudian berhasil menaklukkan Wales di abad pertengahan. Namun, mengalami kegagalan ketika berupaya untuk menaklukkan Skotlandia. Skotlandia pun tetap mempertahankan kemerdekaannya, meskipun kemudian harus sering menghadapi konflik dengan Inggris.

Awal Era Modern
Berlanjut ketika sudah masuk pada permulaan era modern. Pada era ini Inggris harus menghadapi adanya konflik agama akibat gereja Protestan yang diperkenalkan di masing-masing negara. Selain itu, terjadinya reformasi juga menjadi penyebab lain konflik terjadi. Ketika Wales diklaim sepenuhnya sebagai bagian Kerajaan Inggris, Irlandia di sisi lain ditetapkan sebagai kerajaan. Penetapan ini dilakukan dalam persatuan personal oleh Kerajaan Inggris.

Kerajaan Inggris juga menyita wilayah Bangsa Gaelik Katolik yang sebenarnya merdeka untuk kemudian diberikan kepada orang-orang Protestan yang berasal dari Skotlandia dan Inggris. Para pemukim inilah yang kemudian membentuk masyarakat di Irlandia Utara.

Penyatuan Kerajaan Inggris, Irlandia Utara dan Skotlandia
Tahun 1603, Kerajaan Inggris, Irlandia Utara dan Skotlandia disatukan oleh Raja Skotlandia, James IV. James juga memindahkan istananya ke Inggris yang awalnya berada di Edinburgh. Meskipun disatukan, masing-masing negara masih tetap mempertahankan lembaga politik serta entitas politik yang terpisah. Perang saudara dan perang-perang lain yang berkelanjutan pun tidak bisa dipisahkan.

Akibat perang ini, sistem monarki pun terguling dan digantikan dengan sistem republik kesatuan. Sistem ini tidak bertahan lama dan kembali digantikan oleh Monarki. Kali ini, monarki dikembangkan, bukan lagi monarki mutlak, namun monarki konstitusional.

Setelah Tahun 1707 (Undang-undang Kesatuan)

1 Mei 1707 menurut Perjanjian Kesatuan yang telah disepakati pada 22 Juli 1706, Kerajaan Inggris dan Skotlandia bersatu dalam Kerajaan Bersatu Britania Raya. Perjanjian tersebut kemudian disahkan secara resmi oleh Skotlandia dan Parlemen Inggris dalam Undang-Undang Kesatuan 1707.

Masa Perang Dunia I
Britania Raya ada diantara salah satu negara besar yang menentang imperium Jerman dan sekutunya. Namun setelah Perang Dunia I, Britania Raya harus mengalami utang nasional dalam jumlah besar serta kehilangan lebih dari 2,5 juta jiwa. Setelah perang Britania Raya kemudian juga mendapat mandat dari Liga Bangsa-Bangsa atas bekas jajahan Utsmaniyah dan Jerman. Berkat itu, Imperiumnya pun semakin luas.

Tahun 1920-1922 terjadi banyak peristiwa besar di Britania Raya. Tahun 1921, Irlandia terpecah dan menjadi negara merdeka yaitu Negara Irlandia dengan sistem pemerintahan republik. Kemudian dilanjutkan dengan era depresi yang terjadi antara tahun 1929-1932 membuat kerusuhan sosial dan politik terjadi di Britania Raya.

Masa Perang Dunia II
Pada era Perang Dunia II, Britania Raya masuk dalam kelompok negara Sekutu. Britania Raya juga ikut dalam pembentukan PBB. Namun meskipun demikian, Britania Raya tetap tak bisa menghindar dari dampak perang. Hanya bantuan dari Negara Amerika Serikat dan Kanada yang membuat negara ini kembali bangkit.

Geografi Britania Raya

peta britania raya
Gambar Peta Britania Raya.

Seperti yang sudah sedikit disebutkan sebelumnya, Britania Raya terdiri dari 4 negara, yaitu Inggris, Irlandia Utara, Wales dan Skotlandia. Setelah mengetahui tentang sejarah negara ini, selanjutnya adalah karakteristik geografi Britania Raya.

Britania Raya adalah negara kepulauan dengan wilayah terdiri atas Pulau Britania Raya serta bagian timur laut dari Pulau Irlandia dan pulau-pulau lain yang ukurannya lebih kecil. Letaknya dikelilingi oleh lautan kecuali Irlandia Utara. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah karakteristik geografi Britania Raya ini.

Letak Astronomis dan Batas Wilayah

Secara astronomis, Britania Raya terletak pada garis 49°- 61° LU dan 9°BB - 2°BT. Sebagai negara kepulauan, Britania merupakan negara yang dikelilingi oleh laut dengan garis pantai sepanjang 17.820km. Letaknya dikelilingi oleh wilayah perairan seperti Selat Inggris, Laut Utara, Samudera Atlantik dan Laut Irlandia. Lebih rincinya, berikut adalah daftar batas wilayah Britania Raya ini.
  • Utara: Samudera Atlantik
  • Timur: Laut Utara
  • Selatan: Selat Inggris
  • Barat: Laut Irlandia dan Republik Irlandia

Kenampakan Alam

Kenampakan alam Britania Raya sebagian besar terdiri dari dataran rendah. Setiap negaranya memiliki karakteristik kenampakan alam yang berbeda.

Inggris
Luas wilayahnya seluas lebih dari separuh total luas Britania Raya, yaitu mencapai 130.395km². Topografi di wilayah Inggris ini sebagian besarnya terdiri dari dataran rendah. Sedangkan kawasan pegunungannya berada di bagian barat laut, terutama barat laut garis Teese-Exe. Di dalamnya ada Pegunungan Cumbria serta beberapa pegunungan lainnya.

Puncak tertingginya ada adalag Gunung Scafell Pike dengan ketinggian 978m. Lokasinya berada di Danau District. Sedangkan sungai dan muara yang terkenal di Inggris beberapa diantaranya adalah Sungai Thames, Humber dan Severn serta beberapa sungai lain.

Skotlandia
Untuk Skotlandia, wilayahnya menempati 1/3 dari luas keseluruhan Britania Raya, yaitu sekitat 78.772km². Di dalam wilayah Skotlandia juga termasuk pulau-pulau lain di sekitarnya yang jumlahnya hingga ratusan letaknya di utara dan barat daratan utama Britania. Seperti misalnya Pulau Orkney, Hebrides dan Shetland.

Kenampakan alamnya lebih menonjol dengan adanya Highland Boundary Fault (Sesar Batas Dataran Tinggi). Sesar patahan geologi ini membagi Skotlandia menjadi 2 wilayah berbeda. Dataran rendah di bagian timur dan selatan serta dataran tinggi di bagian barat dan utara. Sesar ini membentang dari Pulau Arran ke Stoneheaven.

Dataran tingginya lebih kasar yang meliputi tanah Pegunungan Skotlandia, termasuk di dalamnya adalah puncak tertinggi di Kepulauan Great Britain, Ben Nevis. Sedangkan dataran rendahnya lebih rata, terutama di kawasan Central Belt, lokasi populasi penduduk Skotlandia berada.

Wales
Luas wilayahnya hanya 1/10 dari keseluruhan Britania Raya. Topografinya sebagian besar terdiri dari gunung-gunung dengan puncak tertingginya di Gunung Snowdown. Ketinggiannya mencapai 1085m. Sedangkan garis pantainya bisa mencapai panjang 1200km.

Irlandia Utara
Luas wilayahnya hanya 14.160km² dari keseluruhan luas Britania Raya. Topografinya mayoritas berbentuk perbukitan. Puncak tertinggi Irlandia Utara ini ada di Pegunungan Mourne dengan Puncak Slieve Donard setinggi 852m. Di Irlandia Utara ini juga terdapat danau terbesar di kawasan Britania Raya, yaitu Danau Lough Neagh (388km²).

Kondisi Iklim

Secara umum, tipe iklim di Britania Raya adalag subtropis. Curah hujannya melimpah sepanjang tahun, dengan suhu yang bervariasi. Meskipun begitu, suhunya tak pernah lebih rendah dari -11°C ataupun di atas 35°C.

Musim dinginnya mayoritas lembab terutama di daerah dataran tinggi. Kondisi inu disebabkan oleh adanya Arus Atlantik yang dihangatkan oleh Arus Gulf. Sedangkan musim panasnya bisa terjadi sangat panas, terutama di daerah Inggris tenggara yang letaknya dekat dengan Benua Eropa. Hal berbanding terbalik terjadi di wilayah utara yang cenderung lebih sejuk.

Ekonomi Britania Raya

Britania Raya tergolong sebagai negara maju di dunia. Negara ini menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-9 di dunia dan nomor 2 di Eropa tepat di bawah Jerman. Pendapatan Domestik Bruto berada pada angka US$ 2,925 triliun dan pendapat per kapitanya mencapai US$ 44.300. Perekonomiannya ini didukung dari berbagai sektor.

Sektor Jasa

Jasa adalah sektor yang tercatat menyumbangkan PDB terbesar dari total PDB yang ada, yakni sekitar 73%. Hal ini bisa dilihat dari status London yang termasuk dalam tiga 'pusat komando' dari perekonomian global bersama dengan New York dan Tokyo. London bahkan menjadi pusat keuangan terbesar di dunia bersama New York.

Sektor Pariwisata

Sektor lain yang menyumbangkan pendapatan perekonomian terbesar adalah pariwisata. Pada tahun 2004 saja, tercatat lebih dari 27 juta wisatawan mengunjungi Britania Raya. Besarnya jumlah kunjungan wisata di negara ini menempatkannya di posisi 6 sebagai negara tujuan wisata.

Kunjungan wisatawan ini terutama di Kota London yang menempatkannya sebagai kota yang menarik wisatawan terbanyak di dunia. Di tahun 2006 saja, London berhasil menarik sekitar 15.6 juta wisatawan diikuti kemudian Bangkok dan Paris.

Sektor Industri Kreatif

Sektor ini menyumbangkan sekitar 7% dari GVA di tahun 2005. Angka ini terus mengalami pertumbuhan sekitar 6% per tahunnya. Britania Raya jugalah yang menjadi pelopor terjadinya Revolusi Industri. Revolusi industri yang awalnya hanya berpusat pada industri tekstil ini kemudian diikuti oleh industri lain hingga sampai pada industri berat.

Otomotif adalah salah satu industri yang memegang peran penting dalam perekonomian Britania Raya. 800.000 orang dipekerjakan dengan omzet mencapai 52£ miliar serta ekspor mencapai 26£ miliar. Industri yang tak kalah penting adalah industri kimia dengan pasar tertinggi ke-3 di dunia.

Sektor Energi

Britania Raya pada tahun 2006 tercatat sebagai konsumen energi terbesar ke-9 di dunia sekaligus produsen terbesar ke-15 terbesar. Tahun 2009, produksi minyak Britania Raya bisa mencapai 1.5 juta barel per hari. Tahun ini jugalah tahun dimana Britania Raya menjadi negara Uni Eropa yang menghasilkan gas alam terbesar.

Untuk batubara, produksi Britania Raya serta konsumsinya memang mengalami ketidakseimbangan. Namun Britania Raya masih memiliki kawasan berpotensi yang mampu menghasilkan 7-16 miliar ton batubara. Jika dibandingkan dengan konsumsinya, cadangan tersebut mampu bertahan untuk kebutuhan konsumsi selama 200-400 tahun.

Politik dan Pemerintahan Britania Raya

Bentuk Negara

Britania Raya adalah negara kesatuan yang berada di bawah Monarki Konstitusional. Imperium Britania Raya merupakan merupakan imperium terbesar di dunia yang dimulai sejak abad ke-16. Konstitusinya bersifay uncodified constitution.

Pemerintahan

Pemerintahan yang dianut Britania Raya adalah sistem parlementer dengan dasar sistem Westminister. Sistem ini bahkan sudah ditiru di seluruh dunia sebagai warisan Imperium Britania. Parlemennya terdiri dari 2 anggota dewan, yaitu Dewan Rakyat yang beranggota terpilih serta Dewan Pertuanan yang anggotanya terlantik. Undang-undang yang akan dibuat harus mendapat Persetujuan Kerajaan sebelum bisa disahkan menjadi undang-undang.

Kepala Pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri yang dipilih berdasarkan kepercayaan dari mayoritas anggota Dewan Rakyat (House of Commons). Sedangkan untuk anggota kabinet biasanya dipilih dari anggota partai dari Perdana Menteri.

Hubungan Luar Negeri

Britania Raya cukup aktif dalam menjalin hubungan luar negeri. Britania Raya tercatat sebagai anggota tetap dari Dewan Keamanan PBB. Selain itu, negara ini juga menjadi bagian dari berbagai lembaga luar negeri lain seperti NATO, G7, G20, WTO dan lembaga-lembaga lainnya.

Demografi Britania Raya

Britania Raya memiliki luas wilayah 243.610 km² dengan jumlah populasi sebesar 65.105.246 jiwa. Jumlah tersebut terdiri dari berbagai etnis dan persebaran yang bervariasi.

Kelompok Etnis

Dari total penduduk yang ada, sekitar kurang lebih 87% nya adalah etnis Britania kulit putih. Sisanya adalah etnis kulit putih lain dengan jumlah 5,27% dan berbagai etnis minoritas lain. Ada etnis India, Irlandia, Pakistan, etnis kulit hitam, Asia dan berbagai etnis lainnya. Variasi etnis di Britania Raya ini tak lepas dari faktor sejarah terjadinya migrasi ke negara ini meskipun tidak dalam jumlah besar.

Bahasa

Secara de jure, Britania Raya memang tidak memiliki bahasa resmi, namun secara kenyataan atau de facto, bahasa yang banyak digunakan secara luas adalah Bahasa Inggris (British English). Sedangkan Bahasa Kelt yang digunakan terdiri dari 4 bahasa, yaitu Gaelik Skotlandia, Wales, Irlandia dan Kernowek. Wales, Gaelik Skotlandia dan Irlandia sendiri diakui sebagai bahasa daerah. Sedangkan Bahasa kedua yang diajarkan adalah Bahasa Jerman dan Perancis.

Agama

Agama mayoritas yang dianut penduduk Britania Raya adalah Kristen dengan jumlah lebih dari 71%. Meskipun demikian, pada kenyataannya tingkat kehadiran umat di gereja justru menurun drastis. Di posisi kedua adalah agama Islam dengan populasi 2,8%, Hindu 1,0% dan beberapa agama minoritas lainnya.

Seni dan Kebudayaan Britania Raya

Sastra

Sastra di negara ini mengacu pada literature Pulau Man, Britania Raya dan Kepulauan Channel. Berbicara tentang sastra, Britania Raya memiliki tokoh dramawan sekaligus penyair terkenal, William Shakespeare. Dari era pramodern, Britania Raya juga melahirkan banyak sekali penulis dengan karya yang terkenal. Sebut saja Geoffrey Chaucer, Daniel Defoe, Jane Austen dan masih banyak lagi lainnya.

Musik

Tidak hanya sastra, Britania Raya juga kaya akan genre musik. Mulai dari tradisional Inggris, Skotlandia, Wales hingga musik heavy metal. Britania Raya memiliki komposer musik klasik kenamaan seperti William Byrd. Musik Britania Raya juga tidak bisa dilepaskan dari peran musisi legendaris The Beatles.

Nah, demikian tadi penjelasan lengkap tentang Britania Raya, dari sejarah, geografi, politik ekonomi dan budayanya. Dengan mengetahui informasi tentang profil negara maju seperti Britania Raya ini, semoga bisa menjadi pelajaran yang baik untuk bisa diterapkan.