Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Singapura serta Keuntungannya

Letak Singapura secara Astronomis, Geografis, dan Geologis - Singapura terkenal sebagai salah satu negara maju yang ada di kawasan ASEAN. Selain terkenal sebagai negara maju, Singapura juga terkenal dengan keunggulannya dalam membuat dan memanfaatkan teknologi.

Negara ini pada awalnya merupakan bagian dari negara Malaysia yang kemudian melepaskan diri dan membentuk negara sendiri. Tak banyak yang tahu tentang kondisi geografis dari negeri yang terkenal dengan lambang singanya ini.

Berikut adalah informasi lengkap tentang karakteristik letak negara yang dijuluki sebagai negara "Singa" ini, mulai dari letak astronomis, geologis dan geografisnya. Yuk, disimak penjelasannya.

letak geografis, astronomis, dan geologis singapura

Lihat tampilan jelas Peta Singapura.

Letak Astronomis Singapura

Sama-sama terletak di wilayah negara tropis yang memiliki dua musim, baik Indonesia maupun Singapura memiliki kesamaan karena terletak di wilayah astronomi yang hampir mirip. Yang berbeda hanya di garis lintangnya, dimana Indonesia juga terletak di wilayah lintang selatan.

Perlu diketahui bahwa hanya Indonesia dan Timor Leste merupakan negara di ASEAN yang wilayahnya ada yang terletak di garis lintang Selatan, sementara negara lain semuanya terletak di lintang utara.

Berikut ini adalah letak astronomis Singapura :
  • Singapura berada pada garis 1°15' Lintang Utara (LU) – 1°30' Lintang Utara (LU)
  • Sedangkan untuk garis bujur, karena sama-sama berada di daerah tropis maka Singapura juga terletak di wilayah garis bujur Timur, yaitu 103°38' Bujur Timur (BT) – 104°25' Bujur Timur (BT).

Jadi letak lintang Singapura adalah 1°15'LU - 1°30'LU dan letak bujur Singapura yaitu 103°38'BT - 104°25'BT, sehingga dapat disebutkan bahwa letak astronomis Singapura berada pada 1°15'LU - 1°30'LU dan 103°38'BT - 104°25'BT.
Ketahui juga letak astronomis sejumlah negara yang berada satu kawasan dengan Singapura (kawasan Asia Tenggara):


Letak Geografis Singapura

Letak geografis adalah posisi atau letak suatu wilayah tertentu maupun negeri yang dilihat dari permukaan bumi. Singapura tentu saja memiliki kondisi geografis yang berbeda dengan Indonesia.

Berdasarkan letak geografinya, letak geografis Singapura bisa digambarkan seperti berikut:
  • Di bagian utara, Singapura berbatasan langsung dengan Selat Johor dan negara bagian Johor Malaysia.
  • Di bagian selatan, Singapura berbatasan dengan Indonesia (P.Batam) yang dipisahkan oleh Selat Singapura.
  • Di bagian timur Singapura berbatasan juga dengan negara bagian Johor Malaysia yang dipisahkan oleh Selat Johor dan Selat Singapura
  • Di bagian barat, Singapura juga berbatasan langsung dengan Johor Malaysia yang dipisahkan juga oleh Selat Singapura dan Selat Johor.

Jadi letak geografis Singapura adalah sebelah barat - utara - dan timur berbatasan dengan Johor Malaysia yang dipisahkan oleh Selat Johor dan Selat Singapura, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Indonesia (P.Batam) yang dipisahkan oleh Selat Singapura.
Pahami juga letak negara tetangga Singapura, lihat pada postingan berikut ini:


Letak Geologis Singapura

Sedikit berbeda dengan negara Indonesia yang memiliki karakteristik geologis yang cukup bervariasi, karakteristik geologis negara Singapura tidak begitu bervariasi. Singapura sendiri berada di kawasan lempeng Eurasia namun tidak seperti di Indonesia yang tepat berada di rangkaian jalur pegunungan sirkum mediterania.

Akibat kondisi tersebut, tidak ada gunung ataupun dataran tinggi disemua wilayah Singapura. Lokasi tertinggi di Singapura saja hanya terletak di ketinggian 166 meter dpl, yaitu bukit Timah.

Keuntungan Letak Geografis Singapura

Tidak seperti Indonesia yang terletak di wilayah geografis yang bisa memberikan sumber daya alam yang berlimpah, Singapura bahkan tidak memiliki kondisi geografis yang bisa menghasilkan sumber daya alam.

Namun meskipun demikian, Singapura sangat diuntungkan dengan letak geografisnya yang berada dekat dengan jalur perdagangan internasional, yaitu Selat Malaka.

Nah, berikut ini adalah keuntungan letak geografis Singapura yang berada di jalur perdagangan itu:

1. Jalur Perdagangan yang Ramai Menjadi Sumber Ekonomi
Kapal dagang dari berbagai negara sudah menjadikan Singapura sebagai pelabuhan singgah. Karena itulah ekonomi di Singapura juga bergantung pada kegiatan ekspor serta pengolahan barang-barang impor.

2. Destinasi Wisata yang Bervariasi
Meskipun tidak memiliki wilayah geografis yang bervariasi seperti di Indonesia, namun Singapura juga tak kalah memiliki destinasi wisata yang bervariasi. Hal tersebut karena wilayah Singapura yang terdiri dari pulau-pulau kecil dan pulau buatan juga memberikan potensi destinasi wisata yang berbeda bagi para wisatawan.

Setiap negara di dunia pasti memiliki karakteristik letak yang berbeda-beda, bahkan meskipun berada di satu wilayah/kawasan. Semoga Informasi tentang kondisi letak astronomis, geografis dan geologis Singapura di atas bisa memberikan tambahan informasi tentang negara "Singa" ini.

Pertanyaan yang terjawab dari pembelajaran ini adalah : jelaskan letak astronomis singapura, sebutkan letak geografis singapura, tuliskan letak bujur singapura, sebutkan letak lintang singapura, bagaimana letak astronomis negara singapura, tuliskan letak geografis negara singapura, bagaimana bentuk geografis singapura, jelaskan letak astronomis negara singapura.
Update: Agustus 2021.
LihatTutupKomentar