Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Brunei Darussalam serta Keuntungannya

Masing-masing negara di Asia Tenggara memiliki karakteristik yang berbeda baik dari segi ekonomi, budaya, hingga kondisi alam. Brunei Darussalam menjadi salah satu negara yang memiliki luas yang tidak begitu besar. Meski begitu, kepadatannya terhitung cukup tinggi hingga 69 jiwa/km2. Untuk masalah pendapatan perkapita, Brunei tidak kalah dari bangsa lainnya.

Perekonomiannya sangat maju karena memiliki bentang alam yang sangat bagus. Mengetahui letak Astronomis, Letak Geografis, dan Geologis negara ini (lihat disini pengertian letak geografis) akan memberikan Anda pengetahuan mengenai gambaran negara yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini.


Letak Astronomis Brunei Darussalam

Wilayahnya memang tidak luas yaitu sebesar 5.765 Km2 dan menempati posisi 138 dunia Jumlah penduduknya hanya berkisar 423 ribu. Secara astronomis, letak Brunei Darussalam jika dilihat dari garis bujur dan lintang adalah sebagai berikut:
  • Jika dilihat menurut posisi garis lintang, Brunei terletak di 4º2’ LU - 5º3’ LU.
  • Jika ditarik dari posisi garis bujur yang terbentang dari Barat ke Selatan, posisi Brunei berada di 114º5’ BT – 115º22’ BT.

letak geografis, astronomis, dan geologis brunei darussalam

Letak Geografis Brunei Darussalam

Negara ini berbatasan langsung dengan Malaysia. Sebagian wilayahnya berupa dataran rendah (lihat ciri-ciri dataran rendah) dan juga pegunungan. Secara umum batas geografis dari Brunei adalah sebagai berikut:
  • Bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan
  • Bagian barat berbatasan dengan Malaysia Timur
  • Bagian timur berbatasan dengan Malaysia Timur
  • Bagian Selatan berbatasan dengan Malaysia Timur

Secara geografis negeri ini bertetangga langsung dengan Malaysia tepatnya pada bagian Serawak. Meski lokasinya berada di sebelah utara Borneo, namun tidak berbatasan dengan Indonesia. Laut Cina Selatan yang cukup luas juga melewati negara yang beribukota di Bandar Sri Begawan tersebut. Batas pantai yang dimiliki juga tidak begitu besar karena memang luas negaranya yang cukup kecil.

Lihat disini tampilan Peta Malaysia dan Peta Indonesia untuk memahami letak geografis Brunei Darussalam.

Letak Geologis Brunei Darussalam

Letak geologi ditentukan oleh struktur permukaan di suatu daerah. Brunei dengan wilayah yang tidak begitu besar memiliki karakteristik yang berbeda di setiap bagian negara. Secara umum, lokasinya dibedakan menjadi dua yaitu:
  • Wilayah barat lebih didominasi oleh dataran rendah yang berawa-rawa. Daerah inilah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia.
  • Wilayah utara yang berbatasan dengan Laut CIna Selatan terdiri dari dataran yang cukup luas dan dialiri oleh beberapa sungai serta teluk. Di lokasi inilah terdapat teluk Brunei.

Tidak hanya berupa dataran rendah saja, negara ini juga mempunyai perbukitan yang terletak di daerah pendalaman. Puncak tertingginya adalah 1.850 m yang terdapat di Bukit Pagon, Temburong. Di bagian timur banyak mengalir sungai diantaranya seperti sungai Temburong dan anak sungainya (lihat sungai terpanjang di Asia Tenggara).

Keuntungan Letak Geografis Brunei Darussalam

Pengelolaan kekayaan alam yang baik membuat Brunei menjadi salah satu negara kaya di Asia. Memiliki letak astronomi dan geografi yang tidak begitu menguntungkan karena diapit oleh Malaysia, nyatanya memberikan dampak yang cukup positif bagi negara ini, diantaranya:

1. Memiliki iklim tropis
Musim penghujan di Brunei terjadi pada bulan Mei – Desember, sedangkan pada bulan Januari - April terjadi musim kemarau.

2. Keanekaragaman penduduk
Kondisi alam Brunei yang kaya akan bahan tambang membuat banyak etnis lain yang berdatangan ke negara ini. Sebagian besar penduduknya adalah etnis Melayu dan Cina.

3. Perekonomian yang maju
Penyumbang perekonomian terbesar di Brunei berasal dari pertambangan berupa gas alam dan minyak bumi (lihat disini daerah penghasil gas alam). Selanjutnya adalah bidang industri pengolahan minyak bumi, gas alam cair, dan konstruksi.

Dengan adanya info mengenai letak astronomis, geografis, dan geologi Brunei, semoga bisa menambah pengetahuan Anda seputar negara di Asia. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri dan perbedaan budaya yang ada menjadi sebuah kekayaan yang tak ternilai harganya bagi sebuah bangsa.
Komentar