Letak Astronomis, Geografis, dan Geologis Negara Laos serta Keuntungannya

Letak Negara Laos - Setiap negara memiliki karakteristik yang berbeda dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Karakteristik seperti keadaan alam, iklim, dan karakteristik lainnya sangat dipengaruhi oleh letak negara itu sendiri.

Karakteristik ini sudah pasti akan terjadi antara satu negara dengan negara lain, bahkan meskipun negara-negara tersebut terletak dalam satu kawasan, sebut saja misalnya negara Laos yang berada di kawasan Asia Tenggara (lihat disini Peta Laos).

Untuk memahami lebih dalam tentang negara Laos, berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang letak negara Laos secara astronomis, geografis dan geologisnya.

letak astronomis, geografis dan geologis laos

Letak Astronomis Laos

Letak astronomis suatu negara dilihat berdasarkan lokasinya pada garis lintang dan garis bujur. Garis lintang itu adalah garis yang membagi bumi mulai dari kutub utara hingga kutub selatan. Sedangkan garis lintang adalah garis vertikal yang membelah bumi dari arah timur barat.

Hampir sama dengan kebanyakan negara lain di Asia Tenggara, Laos juga berada pada garis lintang bagian utara dan di wilayah bujur timur. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan terkait letak astronomis negara Laos :
  • Berdasarkan letak garis lintangnya, negara Laos berada pada titik 14°LU - 22°LU.
  • Sedangkan dari garis bujurnya, Laos berada pada 100°BT - 107°BT.


Untuk melihat letak astronomis negara tetangganya, silahkan menuju ke tautan di bawah ini:

Letak Geografis Laos

Setelah membahas tentang letak astronomis, tidak lengkap jika tidak membahas tentang letak geografis. Letak geografis ini adalah posisi bumi jika dilihat secara nyata. Letak geografis ini biasanya juga ditandai dengan adanya batas fitur-fitur geografi di sekitar atau yang berdekatan, bahkan berbatasan langsung dengan negara tersebut.

Seperti juga pada negara Laos yang tergolong sebagai negara daratan karena berada tepat di tengah-tengah negara Asia Tenggara lainnya dan masuk ke dalam kelompok negara Indocina. Secara geografis, letak negara Laos bisa dideskripsikan sebagai berikut:
  • Utara: Berbatasan dengan Negara China dan Vietnam
  • Selatan: berbatasan dengan Kamboja dan Thailand
  • Barat: Berbatasan dengan Thailand dan Myanmar
  • Timur: Berbatasan dengan Vietnam Selatan

Letak Geologis Laos

Selanjutnya jika dilihat dari aspek geologisnya, hampir semua negara di Asia Tenggara terletak di dalam kawasan lempeng Eurasia, begitu juga dengan negara Laos. Lempeng Eurasia ini adalah lempeng tektonik yang menyatukan antara Benua Asia dan Eropa. Ketahui juga tentang karakteristik Benua Asia.

Secara geologis, Laos memang tidak memiliki wilayah perairan, karena berada di tengah-tengah negara ASEAN. Wilayah negara Laos didominasi oleh pegunungan dan perbukitan yang tertutup hutan. Tak hanya itu saja, Laos juga memiliki lembah sungai yang cukup subur yakni lembah Sungai Mekong. Karena itulah Laos tergolong negara yang subur.

Keuntungan Letak Geografis Laos

Berdasarkan letak geografisnya yang berada di tengah-tengah negara Asia Tenggara lain memang memberikan dampak positif sekaligus negatif bagi Laos. Berikut ini adalah beberapa keuntungan letak geografis negara Laos.

1. Merupakan Negara yang Subur dengan Sumber Mata Pencaharian Bercocok Tanam
Laos berada di wilayah pegunungan dan perbukitan dengan kondisi tanah yang cukup subur. Belum lagi adanya lembah Sungai Mekong yang sangat subur sehingga membuat mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, mulai dari padi, jagung, kopi hingga buah-buahan.

2. Hasil Kehutanan Berupa Kayu yang Melimpah
Wilayah pegunungan yang tertutup hutan membuat Laos menjadi salah satu negara dengan hasil kehutanan yang cukup melimpah. Laos bahkan mampu mengimpor kayu sebagai salah satu sumber penghasilan negaranya.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang negara Laos, mulai dari letak astronomis, geografis, dan geologisnya serta keuntungan dari letak-letak tersebut. Dengan mengetahui karakteristik letak negara Laos tersebut bisa memberikan informasi lebih dalam tentang negara-negara di Asia Tenggara.

Soal yang bisa terjawab dari materi kali ini adalah : sebutkan letak astronomis laos, bagaimana letak geografis laos, jelaskan wilayah negara laos secara geografis, jelaskan letak negara laos secara astronomis, tuliskan letak astronomis negara laos, bagaimana letak geografis negara laos.
Update: Agustus 2021.
Komentar