Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Vietnam serta Keuntungannya

Letak Vietnam secara Astronomis, Geografis, dan Geologis - Vietnam merupakan negara yang letaknya ada di bagian timur semenanjung Indochina yang ada di Asia Tenggara. Dalam kurun waktu 1000 tahun lamanya, Vietnam telah dikuasai China sehingga tak heran jika kebudayaan dan peradaban di Vietnam pun amat kental dengan budaya China. Sebagian besar sejarah negara ini pun ditandai dengan adanya perjuangan rakyatnya demi bisa membebaskan diri akan dominasi asing.

Jika menilik sejarahnya, Vietnam dulunya terbagi menjadi dua negara bagian yaitu Republik Demokratik Vietnam di utara dan juga Republik Vietnam di selatan. Namun, di tahun 1976, dua negara itu secara resmi kembali bersatu menjadi Republik Sosialis Vietnam karena pemerintah Selatan digulingkan pasukan Utara.

Lalu, bagaimanakah sebenarnya letak Vietnam ini? Yuk, disimak penjelasannya.

letak geografis, astronomis, dan geologis vietnam

Lihat disini tampilan jelasnya: Peta Vietnam.

Letak Astronomis Vietnam

Saat ini Vietnam dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala negaranya, sedangkan untuk kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri. Hanoi menjadi ibukota negara Vietnam.

Wilayah Vietnam sendiri ada di selatan daratan Cina, luas wilayah daratannya yakni kurang lebih 310.070 km2. Letak astronomis Vietnam, yaitu:
  • Pada garis lintangnya yakni di 8 derajat Lintang Utara hingga 22 derajat Lintang Selatan.
  • Dari segi garis bujurnya, Vietnam ada di 104 derajat Bujur Timur dan 108 derajat Bujur Timur.


Jadi letak lintang Vietnam adalah 8°LU - 22°LS dan letak bujur Vietnam yaitu 104°BT - 108°BT, sehingga dapat disebutkan bahwa letak astronomis Vietnam berada pada 8°LU - 22°LS dan 104°BT - 108°BT.

Lihat juga letak astronomis beberapa negara yang satu kawasan dengan Vietnam (kawasan Asia Tenggara):
  1. Letak astronomis Malaysia
  2. Letak astronomis Singapura
  3. Letak astronomis Filipina


Letak Geografis Vietnam

Setelah Indonesia dan Filipina, ternyata Vietnam pada tahun 2020 telah menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak Nomor 3 di kawasan Asia Tenggara yaitu 97,3 juta orang. Dari total keseluruhan penduduknya, 86% penduduknya merupakan etnis Kinh.

Jika membicarakan tentang letak geografis Vietnam, maka tentu akan berhubungan dengan batas-batas negara ini. Berikut ini merupakan batas darat dan laut wilayah Vietnam, yaitu:
  • Di sebelah utara: Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat Cina.
  • Untuk sebelah timur: bersebelahan dengan Teluk Tonkin dan juga Laut Cina Selatan.
  • Bagian selatan: Vietnam dibatasi dengan Laut Cina Selatan
  • Untuk sebelah barat: berbatasan dengan negara Laos dan juga Negara Kamboja.


Jadi letak geografis Vietnam adalah sebelah utara dibatasi oleh China, timur oleh Teluk Tonkin dan Laut Cina Selatan, selatan juga oleh Laut Cina Selatan, dan barat berbatasan dengan Kamboja serta Laos.

Untuk memahami juga letak negara tetangga Vietnam, lihat pada postingan berikut ini:
  1. Letak geografis Laos
  2. Letak geografis Kamboja


Letak Geologis Vietnam

Negara Vietnam memiliki kondisi alam yang beragam mulai dari daratan pantai, bukit hingga gunung berhutan lebat dan juga dataran rendah. Beberapa hal yang harus diketahui dari letak geologis Vietnam yakni:
  • Bagian Vietnam utara didominasi pegunungan Tanah Tinggi Timur Tonkin dimana tingginya mencapai lebih dari 1.000 meter. Untuk puncak tertinggi yakni Gunung Phan Xi Pang dengan tinggi 3.143 meter. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi yang ada di Vietnam. Di Vietnam wilayah utara ini juga terhampar delta Sungai Song Hong yang awalnya berupa teluk kecil dari Teluk Tonkin.
  • Pada wilayah selatan Vietnam sendiri terbujur Pegunungan Annam dimana puncaknya yakni Gunung Ngoc Linc serta Gunung Chu Sin Yang. Wilayah selatan pun didominasi hamparan delta dari Sungai Mekong dengan luas 40.000 km2 dimana langsung berbatasan Laut Cina Selatan.
  • Karena cabang Sungai Mekong yang banyak, maka menjadikan dataran itu kemudian bertambah luas tiap tahunnya karena aliran sungainya mampu membawa lumpur aluvial. Beberapa sungai penting yang ada di Vietnam yakni Sungai Mekong, Sungai Merah, Sungai Songgam Songcay dan juga Sungai Songcau.


Keuntungan Letak Geografis Vietnam

Dari penjelasan tentang Vietnam, maka keuntungan letak geografis Vietnam ternyata cukup beragam, diantaranya:
  • Vietnam memiliki hasil sumber daya alam mineral yang amat beragam mulai dari minyak dan gas bumi, batu-batuan dan masih banyak lagi sehingga bisa jadi pendapatan negara.
  • Tanah di Vietnam juga dikenal subur sehingga dalam pertaniannya cukup berkembang.
  • Flora dan fauna yang ada di negara ini pun amat bervariasi sehingga ada beberapa cagar alam di sana.


Dengan penjelasan terkait letak astronomis, geografis dan geologis Negara Vietnam serta keuntungannya, maka informasi Anda tentang letak negara di kawasan Asia Tenggara kian bertambah bukan?.

Pertanyaan yang bisa terjawab dengan materi ini adalah : jelaskan letak astronomis vietnam, uraikan letak geografis vietnam, sebutkan letak bujur vietnam, uraikan letak astronomis negara vietnam, jelaskan letak geografis negara vietnam, sebutkan letak lintang vietnam, dan sebutkan letak bujur negara vietnam.
Update: Agustus 2021.
LihatTutupKomentar