Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Timor Leste serta Keuntungannya

Letak Negara Timor Leste - Timor Leste atau yang dulu dikenal dengan nama Timor Timur adalah salah satu wilayah yang dulunya merupakan bagian dari negara Indonesia. Setelah melepaskan diri, wilayah ini kemudian mendirikan sebuah negara yang dikenal sebagai Timor Leste.

Negara yang tergolong sebagai negara termuda di dunia ini memiliki wilayah yang juga masih berbatasan darat dengan Indonesia (lihat disini Peta Timor Leste), sehingga karakteristik letak Timor Leste pun sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Indonesia.

Lalu bagaimanakah karakteristik letak negara Timor Leste ini? Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang letak Timor Leste baik secara astronomis, geografis dan geologis.Yuk, disimak penjelasannya!.

Letak Astronomis Timor Leste

Secara astronomis, suatu wilayah bisa dilihat dari posisinya pada garis bujur dan garis lintang. Wajib diketahui bahwa letak negara berdasarkan kedua garis ini nantinya bisa menimbulkan terjadinya perbedaan waktu dan kondisi iklim di suatu negara tersebut.

Sebut saja contohnya Indonesia yang terletak pada dua garis bujur membuatnya memiliki 3 wilayah waktu yang bervariasi. Hal ini jugalah yang berlaku pada Timor Leste, yang secara astronomis yaitu berdasarkan pada garis bujur dan lintang maka letak astronomis Timor Leste adalah pada posisi sebagai berikut:
  • Berdasarkan garis lintang, letak astronomis Timor Leste berada pada 8° LS – 10° LS
  • Sedangkan berdasarkan garis bujurnya, letak astronomis negara Timor Leste berada pada 124° BT – 127° 30’ BT.


letak astronomis-geografis-geologis-Timor Leste

Letak Geografis Timor Leste

Selain dilihat berdasarkan garis yang membagi bumi menjadi bagian utara dan selatan serta timur dan barat atau dikenal dengan letak astronomis, suatu negara juga bisa dilihat berdasarkan kenampakan nyatanya di bumi.

Kenampakan nyata suatu negara di bumi inilah yang dikenal dengan letak geografis. Jika dilihat dari geografis atau berdasarkan letak geografisnya, negara Timor Leste dibatasi oleh beberapa fitur geografis dan berbatasan langsung dengan negara lain seperti yang dijelaskan di bawah ini.
  • Utara: berbatasan langsung dengan Selat Banda, Pulau Wetar, dan Pulau Alor di Indonesia
  • Selatan: berbatasan dengan negara Australia dan Selat Timor
  • Barat: berbatasan dengan Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur
  • Timur: berbatasan dengan Kepulauan Leti

Untuk memahami juga karakteristik geografis negara tetangganya, silahkan menuju postingan dibawah ini:
  1. Letak Geografis Australia
  2. Letak Indonesia secara Geografis Astronomis dan Geologis


Letak Geologis Timor Leste

Karena terletak di satu kawasan dengan Indonesia, letak geologis Timor Leste juga tidak jauh berbeda dengan letak geologis di Indonesia. Indonesia yang terletak diantara beberapa deretan pegunungan, lempengan bumi, dan dangkalan yang berbeda, juga mempengaruhi posisi geologis Timor Leste.

Negara Timor Leste dilewati juga oleh rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik. Untuk posisi lempeng tektonik, negara Timor Leste sangat dipengaruhi oleh lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

Indonesia sendiri dilalui oleh 3 dangkalan, yaitu dangkalan sahul, Dangkalan Sunda, dan Daerah Laut Pertengahan. Sedangkan untuk wilayah negara Timor Leste sendiri (walaupun beda negara) tetapi disebut masih berada di kawasan Dangkalan Sahul. Pelajari juga keuntungan letak geologis Indonesia.

Keuntungan Letak Geografis Timor Leste

Negara Timor Leste yang memiliki luas wilayah 14.874 km2 memiliki letak geografis yang hampir mirip dengan Indonesia. Dilalui banyak deret pegunungan, negara Timor Leste mendapatkan keuntungan dari letak geografisnya ini, yaitu diantaranya:

1. Memiliki Padang Sabana yang Luas
Sama seperti di beberapa daerah di Indonesia, terutama di wilayah Nusa Tenggara, yang memiliki karakteristik berupa padang sabana yang cukup luas, begitu pun dengan Timor Leste. Padang sabana ini juga memberikan keanekaragaman flora dan fauna yang berbeda dengan negara lain, dimana flora dan faunanya dominan bertipe Australis.

2. Beberapa Jenis Hasil Tambang
Keuntungan lain dari letak geografis Timor Leste adalah hasil tambang yang dimilikinya. Sebut saja misalnya minyak bumi, gas alam, marmer, perak, dan emas yang bisa dijumpai di negara ini. Karena itu roda perekonomian Timor Leste juga bergantung pada hasil tambangnya, khususnya dari migas.

Nah sobat Geologinesia, itulah tadi penjelasan lengkap tentang karakteristik letak negara Timor Leste. Semoga bisa memberikan informasi lengkap untuk Anda.

Pertanyaan yang terjawab dari pembahasan ini adalah : letak astronomis timor leste, letak geografis timor leste, sebutkan letak lintang timor leste, letak timor leste, jelaskan letak astronomis negara timor leste, tuliskan letak bujur timor leste, bagaimana letak geografis negara timor leste.
Update: Agustus 2021.
LihatTutupKomentar