Peta Negara Afganistan Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Afganistan terletak di Benua Asia atau lebih khususnya di Asia Selatan dengan ibukota Kabul. Luas Wilayah Afganistan sekitar 652,230.00 km2 dan menjadikannya sebagai negara terbesar ke-40 di dunia. Nama Afganistan diambil dari 2 kata yaitu "Afghan" untuk menggambarkan orang-orang Pashtun dan "Stan" istilah yang berarti tempat atau negara.

Gambar peta negara Afganistan lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Afganistan yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Afganistan

peta afganistan
Gambar posisi letak negara Afganistan dalam peta dunia.

Peta Afganistan
Gambar Peta Afganistan.
Berdasarkan peta Afganistan diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Afganistan yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan negara Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan dan China
  2. Sebelah Timur-Selatan: Berbatasan dengan negara Pakistan
  3. Sebelah Barat: Berbatasan dengan negara Iran

Kota Penting di Afganistan

Beberapa kota penting dan besar di Afganistan diantaranya adalah Anar Darreh, Balkh, Barak, Chaghcharan, Chah-e Ab, Andkhvoy, Asadabad, Baghlan, Balamorghab, Eshkashem, Farah, Charikar, Deh Shu, Delaram, Dowlatabad, Ghazni, Herat (Hirat), Farkhar, Feyzabad, Galalabad, Gardeyz, Kandahar, Karokh, Keleft, Jalalabad, Kabzol (Kabul), Kadesh, Kajaki, Kunduz, Lashkar Gah, Kholm, Khost, Kowt-e Ashrow, Mehtarlam, Meymaneh, Now Zad, Mahmud-e Raqi, Mazar-e Sharif, Qarah Bagh, Rostaq, Samangan, Orgun, Qaleh-ye Now, Qalat, Taloqan, Tarin Kowt, Sheberghan, Shindand, Spin Buldak, Termez, Toktar, Towraghondi, Zareh Sharan dan Zaranji.

Lokasi Strategis di Afganistan

Kisaran Paropamisus, Sungai Harirud, Sungai Morghab, Sungai Darya-ye Kondoz, Sungai Harut, Sungai Farah, Sungai Khash, Sungai Helmand, Sungai Arghandab, Sungai Amu Darya, Danau Hamun-e Saberi, Danau Gowd-e Zereh, Ab-e Istadeh-Danau Moqor, Pegunungan Barai Ghar, Pegunungan Shinkay, Gurun Rigestan, Pegunungan Chagai Hills, Gurun Dasht-e Margow.

Masalah Lingkungan di Afganistan

Afganistan memiliki sejumlah masalah lingkungan yang berkaitan dengan air, seperti pasokan air minum yang tidak memadai dan sumber daya air tawar yang sangat terbatas. Pencemaran air dan udara juga menjadi masalah penting di negara ini. Selain itu masalah yang berkaitan dengan tanah juga sering terjadi, seperti penebangan liar, degradasi tanah dan deforestasi. Sebagian besar hutan yang tersisa terus saja ditebang untuk digunakan sebagai kayu bakar dan bahan bangunan.

Sumber Daya Alam Afganistan

Afganistan kaya akan sumber daya bahan bakar fosil. Gas alam, minyak bumi dan batubara hadir dalam jumlah komersial. Sumber daya logam seperti tembaga, kromit, timbal, seng dan bijih besi juga dapat ditemukan di negara ini. Selain itu, ada juga mineral industri seperti bedak, barit, belerang, garam dan batu permata.

Peta Negara Afganistan Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya