Karakteristik Benua Asia yang Membedakannya dengan Benua Lain

Apa saja karakteristik Benua Asia? - Ada total 5 benua besar yang ada di dunia ini, Benua Eropa, Amerika, Asia, Australia dan Afrika. Diantara kelima benua tersebut, Benua Asia adalah benua yang paling besar dan paling luas yang ada di dunia (lihat Peta Asia). Secara geografis, Benua Asia ini terletak diantara Benua Eropa dan Benua Afrika serta Benua Australia.

Selain itu, Benua Asia juga diapit oleh samudera-samudera yang luas seperti Samudera Pasifik, Samudera Hindia dan Samudera Arktik. Untuk mengenal lebih dalam tentang Benua Asia, berikut akan dijelaskan tentang karakteristik Benua Asia yang harus Anda pahami.

Setiap benua memiliki karakteristik berbeda yang membedakannya antara satu benua dengan benua lainnya. Seperti juga Benua Asia yang memiliki karakteristik khusus. Berikut ini adalah karakteristik Benua Asia yang membedakannya dengan benua lain.

1. Benua Terluas di Dunia
Karakteristik pertama dan terkenal dari Benua Asia adalah luasnya. Benua Asia memiliki luas mencapai 43.149.671km2. Jika dihitung, benua Asia ini menempati seperempat dari luas daratan di permukaan bumi. Luasnya juga sama dengan 4 kali luas Benua Eropa. Dengan luas ini, tak heran jika di Benua Asia terdiri dari beragam negara yang dibagi ke dalam beberapa wilayah.

2. Sepertiga Bagiannya adalah Pegunungan
Karakteristik selanjutnya yang melekat pada Benua Asia adalah bahwa benua ini terkenal dengan pegunungannya. Total sepertiga dari wilayah Benua Asia itu sendiri adalah pegunungan. Tak hanya pegunungan, di Benua Asia juga terdapat banyak gunung api yang masih aktif melakukan kegiatan erupsi.

Banyaknya pegunungan yang ada di Benua Asia ini tidak lepas dari lokasinya yang berada di area lempeng tektonik. Lempeng tektonik yang saling bertumbukan inilah yang menyebabkan munculnya pegunungan bahkan menyebabkan wilayah Asia sering mengalami gempa bumi.

3. Memiliki Dataran Tinggi Tertinggi dan Dataran Rendah Terluas
Masih dari kenampakan alamnya, Benua Asia juga dikenal sebagai benua yang memiliki dataran tinggi tertinggi dan dataran rendah paling luas di bumi. Adanya puncak tertinggi di dunia, yaitu puncak Everest di Pegunungan Himalaya kemudian menobatkan Benua Asia menjadi benua tertinggi.

Selain itu, permukaan Benua Asia juga dihiasi dengan dataran rendah yang sangat luas. Sebut saja seperti dataran rendah Turan, Siberia dan beberapa dataran rendah terkenal lainnya yang ada di Benua Asia.

4. Tempat Bertemunya Tiga Buah Jalur Pegunungan yang Besar
Sudah dijelaskan sebelumnya jika Benua Asia memiliki pegunungan dengan jumlah yang sangat banyak. Karena jumlah pegunungan yang banyak ini, maka pertemuan antar pegunungan bukanlah hal yang aneh.

Yang menarik adalah adanya satu tempat di Asia yang menjadi tempat bertemunya 3 jalur pegunungan besar sekaligus, pegunungan Muda Sirkum Pasifik, Pegunungan Australia dan Pegunungan Muda Sirkum Mediterania. Tempat pertemuan itu berada di laut Kepulauan Banda. Maka tak heran jika di wilayah ini sangat rawan terjadi gempa bumi.

Karakteristik dari Benua Asia bisa dirangkum dalam tabel seperti di bawah ini:
Karateristik Keterangan/contoh
Benua Terluas di Bumi 43.149.671km² / 4x luas daratan Benua Eropa
Dataran Tinggi Tertinggi puncak tertinggi di puncak everest
Dataran Rendah terluas Dataran rendah Siberia

Demikian tadi penjelasan tentang karakteristik Benua Asia yang khas dan tidak dimiliki oleh benua manapun. Informasi ini akan memberikan pengetahuan lebih banyak untuk Anda.

Karakteristik Benua Asia yang Membedakannya dengan Benua Lain