Mengenal Penyebab Degradasi Hutan dan Dampaknya

Gambar ilustrasi degradasi hutan

Degradasi Hutan - Hutan merupakan tempat atau wilayah yang banyak dihuni oleh pepohonan lebat dengan berbagai jenis makhluk hidup di dalamnya. Hutan bisa ditemukan pada daerah terluas di dunia dan banyak memiliki faedah, dimulai dari sebagai rumah hewan dan tumbuhan, sumber oksigen dan penampung karbondioksida, berperan dalam konservasi tanah, dan menjadi salah satu faktor pembentuk biosfer yang penting untuk planet Bumi.

Seiring waktu berjalan, kehadiran hutan yang berada di Bumi semakin berkurang, yang umumnya disebabkan oleh kegiatan manusia seperti akivitas kebakaran hutan sampai penebangan pohon tanpa menggunakan metode tebang pilih. Hingga nampaklah istilah yang sering dikenal dengan degradasi hutan.

Perlu diketahui bahwa istilah degradasi hutan berbeda dengan deforestasi. Dan untuk memahami lebih jauh apakah itu degradasi hutan?, silahkan menyimak hingga akhir pembahasan mengenai degradasi hutan.

Apa itu Degradasi Hutan ?

Istilah degradasi hutan mengandung pengertian sebagai menurunnya kualitas fungsi hutan. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama maka sangat mungkin eksistensi sebuah hutan akan hilang atau musnah.

Kondisi hutan yang mengalami degradasi akan berdampak turunnya atau berkurangnya keanekaragaman hayati di dalam hutan tersebut, baik itu keanekaragaman flora maupun fauna.

Saat ini telah banyak negara yang fokus pada isu degradasi hutan ini, karena sudah tentu apabila ini terjadi maka sumber daya alam hayati andalan sebuah negara akan ikut musnah. Selain punahnya sumber daya alam, kualitas lingkungan dipastikan akan turun drastis.

Apa Saja Faktor Penyebab Degradasi Hutan ?

Setidaknya ada beberapa faktor penting sebagai penyebab terjadinya degradasi hutan, diantaranya adalah:
  1. Perubahan Iklim
  2. Kebakaran Hutan
  3. Polusi Ekstrim
  4. Deforestasi Hutan

1. Perubahan Iklim

Perubahan iklim terdefiniskan sebagai perubahan pola cuaca dan suhu udara dalam jangka waktu yang panjang. Saat ini akibat perubahan iklim yang ekstrim maka sangatlah mempengaruhi laju degradasi hutan.

Contoh perubahan iklim yang dapat menyebabkan degradasi hutan adalah dengan adanya kemarau yang panjang maka penyerapan air oleh tanaman penghuni hutan akan menjadi berkurang, sehingga tanaman tidak akan tumbuh normal dan fungsi utama tanaman tersebut tidak akan maksimal.

2. Kebakaran Hutan

Pada kenyataan karena ulah manusia, kecelakaan yang tidak disengaja, maupun karena kejadian alami maka kebakaran hutan saat ini menjadi penyebab utama terjadinya degradasi hutan.

Hutan yang terbakar baik secara keseluruhan maupun sebagian akan menjadikan fungsi hutan menjadi berkurang drastis bahkan hilang seiring dengan terbakarnya tumbuhan penyusun hutan.

3. Polusi Ekstrim

Walaupun pada prinsipnya hutan sangat tahan terhadap polusi, bahkan menjadikan beberapa bahan polutan sebagai bagian dari proses hidupnya, tetapi pada kenyataannya polusi yang berlebihan akan menyebabkan terganggunya pertumbuhan tumbuhan di dalam hutan. Akibatnya kualitas hutan akan menurun dan menyebabkan degaradasi yang terus menerus.

Jenis polusi yang sangat sering menurunkan kualitas hutan adalah polusi tanah dan polusi udara. Hujan asam merupakan salah satu bentuk polusi udara yang apabila jatuh pada daun tumbuhan maka akan sangat menganggu proses fotosintesis tumbuhan.

Selain itu, hujan asam yang jatuh ke tanah akan mempengaruhi tingkat keasamaan tanah dan mencemari air tanah disekitar hutan. Kadar keasaman tanah dan sistem air sangat penting dalam keberlangsungan kehidupan tumbuhan.

4. Deforestasi Hutan

Deforestasi merupakan perubahan suatu lahan atau wilayah dari yang sebelumnya berhutan menjadi tidak berhutan. Deforestrasi bahkan juga fragmentasi hutan sangat mempengaruhi terjadinya degradasi hutan

Penebangan pohon tanpa melakukan penanaman kembali (reboisasi) menyebabkan rusaknya ekosistem hutan. Apabila ekosistem hutan telah rusak maka laju degradasi hutan akan semakin besar.

Dampak Degradasi Hutan

Berikut ini adalah dampak degradasi hutan, beberapa diantaranya sangat membahayakan keberlangsungan makhluk hidup disekitar hutan tersebut, seperti:
  • Akar pepohonan yang harusnya bisa menahan laju air permukaan jika hilang ataupun berkurang maka akan menyebabkan banjir bandang
  • Penurunan debit air tanah menyebabkan hilangnya sumber air bersih
  • Flora dan Fauna di dalam hutan mulai langka
  • Cuaca akan terasa panas karena sedikitnya CO2 yang terserap oleh hutan
  • Berkurangnya udara bersih yang pada akhirnya mengganggu kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya

Demikian tadi pembahasan mengenai degradasi hutan yang menjelaskan secara detail pengertian degradasi hutan, serta faktor penyebab dan dampak terjadinya degradasi hutan. Semoga wawasan lingkungan Anda tentang hutan semakin bertambah.

FAQ

Apa itu degradasi hutan ?
Degradasi hutan adalah menurunnya kualitas fungsi hutan atau dengan kata lain keadaan dimana menurunnya tingkat keragaman hayati, baik hewan maupun tumbuhan yang ada di dalamnya.
Apa penyebab degradasi hutan ?
Setidaknya ada 4 penyebab degradasi hutan yaitu perubahan iklim, polusi, kebakaran hutan, dan deforestasi hutan.
Komentar