Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Kamboja serta Keuntungannya

Negara di Asia Tenggara terdiri dari banyak negara dengan karakteristik yang berbeda-beda baik dari segi fisik, sosial maupun budayanya. Salah satunya adalah negara Kamboja. Kerajaan yang dinyatakan merdeka sejak tanggal 17 April 1983 ini memiliki bentuk negara monarki konstitusional dengan dipimpin oleh seorang Raja sebagai kepala Negaranya (lihat disini Peta Kamboja).

Negara yang beribukota di Phnom Penh ini memiliki karakter fisik, sosial dan budaya yang berbeda dengan negara-negara Asia Tenggara lain. Berikut adalah karakter fisik yang dilihat dari letak astronomis, geografis dan geologisnya.

Letak Astronomis Kamboja

Kamboja atau yang juga sering dikenal dengan Kampuchea ini adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara (lihat sejarah berdirinya ASEAN). Tak jauh berbeda dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya, Kamboja juga terletak pada satu titik garis lintang dan garis bujur. Letak garis lintang dan garis bujur inilah yang mempengaruhi perbedaan pada zona iklim di setiap wilayah negara serta waktu di negara-negara tersebut. Untuk negara Kamboja sendiri terletak pada garis lintang dan garis bujur sebagai berikut:
  • Kamboja terletak pada garis lintang 10°LU- 14° LU
  • Berdasarkan garis bujurnya, Kamboja terletak pada 104°BT - 108°BT

letak astronomis, geografis dan geologis kamboja

Letak Geografis Kamboja

Berdasarkan letak geografisnya, beberapa bagian negara Kamboja memang berbatasan langsung dengan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Terletak di kawasan Indocina, Kamboja memiliki luas wilayah sebesar 181.035 km2 dengan 2% diantaranya adalah wilayah perairan. Bisa dibilang kenampakan alam dari Kamboja ini cukup unik karena memiliki bentuk seperti sebuah piring. Berikut ini adalah letak geografis Kamboja yang notabenenya berbatasan langsung dengan negara-negara Asia Tenggara lain:
  • Di sebelah Utara berbatasan dengan negara Laos dan Thailand 
  • Di sebelah Selatan berbatasan dengan Teluk Thailand 
  • Sebelah Timur Kamboja berbatasan langsung dengan Vietnam 
  • Di bagian barat berbatasan dengan Thailand

Lihat disini tampilan Peta Thailand, Peta Vietnam dan Peta Laos untuk memahami letak geografis Kamboja.

Letak Geologis Kamboja

Berdasarkan letak geologisnya, Kamboja juga berada di lempeng Eurasia yang menghubungkan Eropa dan Asia. Kamboja memiliki barisan pegunungan dengan ketinggian antara 700-900 meter mengelilinginya yang terdapat di bagian utara yang dikenal dengan pegunungan Dong Rek, sedangkan di bagian barat adalah pegunungan Cardamon. Tidak hanya pegunungan, Kamboja juga dikelilingi oleh gunung setinggi kurang lebih 1.771 m bernama Gunung Phnum Aoral. Di bagian timur Kamboja terdapat beberapa plato, yaitu Plato Mondol dan Plato Rotanikri (lihat disini pengertian plateau atau plato).

Keuntungan Letak Geografis Kamboja

Meskipun kenampakan geografis Kamboja tidak sekaya negara-negara di Asia Tenggara lain seperti Indonesia misalnya, namun letak geografis Kamboja juga memberikan keuntungan tersendiri bagi negara ini. Beberapa keuntungan itu antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Bervariasi
Luas wilayahnya memang tidak begitu luas, namun dengan kondisi geografis yang diapit oleh barisan pegunungan dan perbukitan, membuat varietas flora dan fauna di Kamboja cukup beragam. Belum lagi adanya dataran besar Tonle Sap juga memberikan keragaman varietas ikan air tawar di negara Kamboja.

2. Hasil Pertanian Melimpah
Sama dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya yang berada di kawasan beriklim tropis, apalagi diapit oleh pegunungan dan perbukitan, tentu saja Kamboja memiliki keunggulan karena tanahnya yang cukup subur. Hal ini bisa dilihat dari hasil pertanian Kamboja yang cukup melimpah. Beberapa hasil pertanian bahkan menjadi komoditas ekspor utama.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang negara Kamboja, mulai dari letak astronomis, geografis dan geologis yang mempengaruhi kondisi di negara tersebut.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Kamboja serta Keuntungannya