Peta Negara Vietnam Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Vietnam terletak di Benua Asia atau lebih khususnya di Asia Tenggara dengan ibukota Hanoi. Luas Wilayah Vietnam sekitar 331,210.00 km2 dimana 6.38% (21,140.00 km2) terdiri atas perairan dan 310,070.00 km2 merupakan daratan.

Gambar peta negara Vietnam lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Vietnam yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat DISINI.

Peta Vietnam

Peta Vietnam
Gambar posisi letak negara Vietnam dalam peta dunia.

Peta Vietnam
Gambar Peta Vietnam.

Berdasarkan peta Vietnam diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Vietnam yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan negara China dan Hongkong
  2. Sebelah Timur-Selatan: Dibatasi oleh Laut Cina Selatan
  3. Sebelah Barat: Berbatasan dengan negara Kamboja dan Laos

Kota Penting di Vietnam

Beberapa kota penting dan besar di Vietnam diantaranya adalah Bac Lieu, Ca Mau, Cam Pha, Cam Ranh, Can Tho, Da Lat, Da Nang, Bien Hoa, Binh, Buon Me Thout, Hai Phong, Haiphong, Hanoi, Ho Chi Minh City, Hong Gai, Dong Hoi, Gia Dinh, Ha Tinh, Nam Dinh, Nha Trang, Ninh Binh, Hue, Long Xuyen, My Tho, Soc Trang, Vinh, Thai Nguyen, Thanh Hoa, Phan Rang, Qui Nhon, Rach Gia, Tuy Hoa and Vung Tau.

Lokasi Strategis di Vietnam

Pegunungan Annam Cordillera, Sungai Co Chien, Cua Song Bay Hap, Da (Sungai Hitam), Dam Nuoc Ngot, Gunung Fan Si Pan, Teluk Thailand, Teluk Tonkin, Sungai Hau Giang, Ho Lac Thien, Hong (Sungai Merah), Laut Cina Selatan, Tien Giang (Sungai Mekong), Vung Cam Ranh, Vung Rach Gia, Vung Van Phong, Vung Da Nang, dan Vung Xuan Dai.

Masalah Lingkungan di Vietnam

Vietnam memiliki sejumlah masalah lingkungan (enviromental issues) seperti deforestasi dan degradasi tanah akibat pembukaan lahan pertanian dengan cara penebangan hutan. Permasalahan mengenai air, termasuk penangkapan ikan berlebihan telah mengancam populasi kehidupan laut di Vietnam. Selain itu pencemaran air tanah dan polusi air mengakibatkan terbatasnya pasokan air minum.

Sumber Daya Alam Vietnam

Vietnam memiliki beberapa sumber bahan bakar, beberapa di antaranya adalah batubara, deposit minyak dan gas di lepas pantai, dan hydropower. Berbagai sumber daya alam berupa mineral juga dapat ditemukan di negara ini seperti fosfat, kromit, mangan dan bauksit.

Peta Negara Vietnam Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya