Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Thailand serta Keuntungannya

Dari segi geografis yang berdekatan, tidak heran jika negara di kawasan Asia Tenggara punya banyak kesamaan. Salah satu negara tetangga Indonesia adalah Thailand. Negara ini dikenal sebagai negara yang ekonominya cukup baik di Asia Tenggara. Luas negara Thailand yaitu 510.000 km. Awalnya, negara ini dikenal menjadi wilayah Buddhis dimana terbagi menjadi beberapa bagian kerajaan seperti Lan Chang, Lanna dan Sukhothai.

Letak Astronomis Thailand

Negara Thailand lokasinya sangat strategis, sama dengan Indonesia. Bahasa yang dipakai masyarakat di kesehariannya adalah bahasa Thai. Meski demikian di beberapa daerah juga kerap menggunakan bahasa Cina dan Inggris. Letak astronomis Thailand adalah:
  • Pada garis lintang letaknya ada di 5 derajat Lintang Utara sampai 21 derajat Lintang Utara.
  • Pada garis bujurnya, Thailand ada di 97 derajat Bujur Timur sampai 106 derajat Bujur Timur.

Karena letak astronomis ini, maka iklim yang ada di Thailand adalah iklim tropis (lihat ciri-ciri iklim tropis) sama seperti Indonesia.

letak geografis, astronomis, dan geologis thailand

Letak Geografis Thailand

Wilayah negara Thailand sendiri memang memanjang hingga ke semenanjung Malaya. Negara Thailand merupakan negara terluas dengan urutan ke-52 di dunia. Untuk letak geografis Thailand, yaitu:
  • Di bagian utaranya berbatasan dengan negara Laos dan negara Myanmar.
  • Untuk wilayah selatan Thailand berbatasan dengan negara Malaysia.
  • Di bagian timur, negara ini berbatasan dengan negara Laos dan negara Kamboja.
  • Bagian barat Thailand berbatasan dengan negara Myanmar.

Lihat tampilan Peta Kamboja, Peta Myanmar, Peta Vietnam dan Peta Malaysia untuk memahami letak geografis Thailand.

Letak Geologis Thailand

Bangkok adalah ibukota dari Thailand. Negara ini memiliki bentuk permukaan bumi cukup beragam. Pada bagian utaranya, kondisi Thailand adalah bergunung-gunung dengan titik tertinggi ada di 2.576 m yakni Doi Inthanon. Berikut ini penjelasan geologis negara Thailand:
  • Untuk wilayah timur laut Thailand ada pegunungan Koral dimana dibatasi Sungai Mekong di timurnya.
  • Di kawasan tengah negara ini didominasi dengan lembah dari sungai Chao Phraya dimana hampir seluruhnya datar lalu mengalir menuju Teluk Thailand.
  • Di bagian selatannya ada Tanah Genting Kra yakni dataran tersempit yang ada di Thailand.
  • Pada bagian utara dan barat Thailand juga ada pegunungan, sedangkan semenanjung Thailand selatan cenderung berbukit hingga ke perbatasan Malaysia.

Wilayah negara Thailand (lihat Peta Thailand) memang dilewati oleh serangkaian baris pegunungan dimana untuk daerah pegunungan terluasnya ada di daerah utara. Panjang total untuk garis pantai di Thailand adalah 2.500 km dimana berhubungan secara langsung dengan laut Andaman. Di sepanjang perairannya, banyak ditemukan pulau yang sudah berpenghuni atau masih kosong. Iklim negara Thailand adalah tropis dimana untuk daerah selatan cenderung menerima curah hujan yang lebih banyak dibanding wilayah lainnya.

Keuntungan Letak Geografis Thailand

Keuntungan letak geografis Thailand sendiri ada cukup banyak, seperti:
  • Thailand mempunyai hampir 300 jenis mamalia di negaranya. Thailand bahkan mengakui jika negaranya memiliki keragaman burung yang terbesar di Benua Asia (lihat disini Peta Benua Asia) dimana ada lebih dari 900 spesies hidup di sana.
  • Thailand memiliki banyak dataran dan pegunungan, maka pertanian adalah kekuatan dari negara ini. Tentu Anda sudah tidak asing dengan beras Thailand. Bahkan Thailand pun disebut menjadi lumbung beras yang ada di kawasan Asia Tenggara karena kualitasnya yang bagus dan pertanian yang berkembang.

Itulah penjabaran singkat terkait letak astronomis, geografis dan geologis negara Thailand serta keuntungan yang didapat negara tersebut. Thailand juga dikenal akan pariwisatanya yang sangat maju sehingga jutaan wisatawan selalu berkunjung ke Negeri Gajah Putih ini tiap tahunnya.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Thailand serta Keuntungannya