Peta Negara Laos Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah dan Keterangan Gambar Lainnya

Dalam peta dunia, negara Laos terletak di Benua Asia atau lebih tepatnya di Asia Tenggara (lihat Peta Benua Asia) dengan ibukota Vientiane. Luas wilayah Laos sekitar 236,800.00 km2 dimana 2.53% (6,000.00 km2) merupakan perairan dan 230,800.00 km2 merupakan daratan, sehingga menjadikannya negara terbesar ke-82 di dunia.

Laos memiliki ketinggian rata-rata 710 m di atas permukaan laut, memiliki iklim berupa musim hujan tropis dan musim kemarau. Wilayah Laos pada umumnya merupakan pegunungan terjal dengan beberapa dataran tinggi.

Gambar peta negara Laos lengkap yang diberikan dibawah ini adalah dalam resolusi kecil, silahkan klik gambar tersebut agar mendapatkan tampilan peta Laos yang lebih jelas. Untuk informasi peta-peta lainnya berdasarkan benua dan negara secara terperinci silahkan lihat di halaman Peta Dunia.

Peta Laos

Peta Laos
Gambar posisi letak negara Laos dalam peta dunia.

Peta Laos
Gambar Peta Laos.

Berdasarkan peta Laos diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Laos yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara: Berbatasan dengan China dan Myanmar
  2. Sebelah Timur: Berbatasan dengan Vietnam
  3. Sebelah Selatan: Berbatasan dengan Kamboja
  4. Sebelah Barat: Berbatasan dengan Thailand

Lihat Peta Vietnam dan Peta Kamboja yang adalah negara di sebelah timur dan selatan dari Laos.

Kota Penting di Laos

Beberapa kota penting dan besar di Laos diantaranya adalah Viangchan (Vientiane), Ban Ban, Ban Nape, Khammouan, Khok-He, Boun Nua, Boun Tai, Donnoun, Muang Kasi, Longcheng, Louangnamtha, Louangphrabang, Muang Ou Tai, Muang Thathom, Muang Phonsavan, Muang Souy, Muang Va, Phonhong, Salavan, Napheng, Ou Nua, Pakxe, Phongsali, Savannakhet, Xam Nua, Thinkeo, Xaignabouri, Xaingkhoang dan Xiangkhoang.

Lokasi Strategis di Laos

Pegunungan Annam Cordillera, Dataran Tinggi Bolovens, Dataran Tinggi Cammon, Teluk Tonkin, Sungai Kong, Rentang Lang Prabang, Sungai Mekong, Waduk Nam Ngum, dan Plateau Xiangkhoang.

Masalah Lingkungan di Laos

Laos memiliki sejumlah masalah lingkungan seperti deforestasi dan erosi tanah. Selain itu, negara ini dipenuhi dengan ranjau. Masalah lingkungan lainnya adalah sebagian besar penduduk Laos sulit memperoleh sumber air bersih untuk di minum.

Sumber Daya Alam Laos

Laos kaya akan sumber daya alam khususnya sumber daya mineral seperti gipsum, timah, emas dan batu mulia. Sumber daya alam lainnya yang bisa ditemukan di negara ini adalah kayu dan hydropower.
Komentar