Beberapa Sungai Terpanjang di Asia Tenggara yang Menarik untuk Dikunjungi

Pernahkah Anda berencana untuk mengunjungi beberapa Negara di Asia Tenggara? Berlibur menghabiskan waktu bersama orang terdekat memang sangat menarik. Berkeliling Asia Tenggara merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup menarik dan cukup murah dibandingkan dengan berlibur ke wilayah Eropa dan Amerika. Selain mengunjungi tempat wisata yang biasa dikunjungi seperti pantai, gunung atau sektor budaya, cobalah untuk mengunjungi beberapa sungai terpanjang di Asia Tenggara. Mungkin memang tidak semua sungai dapat Anda kunjungi.

Seperti yang kita tahu, sungai adalah sebuah aliran air dalam kapasitas cukup besar berbentuk memanjang dan mengalir secara terus menerus. Aliran ini dimulai dari hulu sungai atau sumber air menuju ke hilir atau muara. Laut bisa juga sebagai salah satu hilir sungai. Sungai terpanjang di Asia Tenggara ini banyak sekali dimanfaatkan oleh masyarakat. Asia Tenggara merupakan wilayah yang memiliki banyak sekali sungai. Apalagi beberapa Negara di Asia Tenggara merupakan Negara kepulauan yang lebih dari 50% wilayahnya adalah perairan. Sungai-sungai ini banyak dimanfaatkan untuk membantu kehidupan sehari-hari masyarakat di sekitarnya. Pemanfaatan tersebut seperti transportasi penghubung antar wilayah, budidaya perikanan dan sumber pengairan bagi para petani-petani dalam menggarap sawah mereka. Berikut adalah beberapa sungai terpanjang tersebut.

sungai terpanjang di Asia Tenggara

1. Sungai Mekong

Sungai Mekong menjadi salah satu sungai terpanjang di Asia Tenggara yang paling utama. Sungai ini tercatat sebagai sungai ke 10 terbesar dan sungai ke 12 terpanjang di dunia serta menjadi sungai ke 7 terpanjang di Asia. Mekong memiliki panjang lebih dari 4000 km. Sungai ini bersumber pada mata air Lasagongma yang terletak di gunung Guozongmucha, Zadoi, Prefektur Yushu, Qinghai, Negara China. Dari sumber mata air tersebut kemudian mengalir mengairi hampir seluruh wilayah China dan Myanmar. Selain kedua Negara tersebut, sungai ini juga mengalir melalui Thailand, Laos, Vietnam dan Kamboja.  Di dalam panjangnya aliran sungai ini tersembunyi banyak sekali aneka ragam kehidupan hayati yang menarik. Terdapat 20.000 spesies tanaman air, 430 mamalia, 800 reptil dan amfibi bahkan juga didiami oleh 1.200 burung.

Selain itu, 850 spesies ikan air tawar juga tidak kalah mendiami sungai terpanjang dan terbesar di Asia Tenggara ini. Dikabarkan, sungai Mekong menjadi rumah bagi ikan-ikan tawar raksasa. Salah satu ikan raksasa tersebut adalah Probarbus babs. Ikan ini dapat tumbuh sampai dengan 1,5 meter dengan berat mencapai 70 kilogram. Selain itu ada pula ikan pari air tawar raksasa yang bisa mencapai ukuran panjang hingga 4,3 meter. Namun sayang sekali, beberapa spesies ini mengalami penurunan jumlah populasi sebagai akibat dari banyaknya proyek bendungan hingga penangkapan ikan yang terlalu banyak.

2. Sungai Kapuas

Sungai terpanjang di Asia Tenggara yang kedua adalah sungai Kapuas. Sungai Kapuas merupakan salah satu sungai yang ada di Indonesia. Lebih tepatnya sungai ini terletak di provinsi Kalimantan Barat. Sungai kapus merupakan sungai yang paling panjang di Indonesia. Sungai Kapuas memiliki jumlah panjang mencapai 1143 km. Sungai ini bersumber dari pegunungan Multer hingga bermuara di Laut China Selatan. Nama sungai Kapuas diambil dari sebuah nama daerah sebagai sumber mata air tersebut.

Sebagai sungai terpanjang di Indonesia, sungai Kapuas merupakan rumah bagi 700 jenis ikan tawar. Termasuk di dalamnya terdapat 40 jenis ikan terancam punah dan 12 jenis ikan langka. Jumlah ikan di sungai ini bahkan mencapai 2 juta ton. Sungai ini juga sangat terjaga kelestarian hutannya, Namun kenyataannya sungguh menyedihkan karena sungai ini dinilai telah tercemar logam berat dan macam-macam jenis bahan kimia. Pencemaran sungai ini membuat potensi ikan ini menjadi semakin terancam.

3. Sungai Mahakam

Indonesia kembali memberikan kontribusi dalam nama-nama sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai Mahakam berada di pulau Kalimantan. Sungai ini memiliki panjang sampai dengan 920 km. Sungai Mahakam menjadi sungai kedua terpanjang di Indonesia setelah sungai Kapuas yang juga terletak di pulau Kalimantan. Sungai ini bermuara pada Selat Malaka melewati wilayah Kutai dan Samarinda. Di dalam sungai ini terdapat satu spesies yang terancam punah yaitu ikan Pesut Mahakam. Sejak dulu hingga sekarang, sungai ini mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat daerah Kalimantan Timur. Sungai ini dijadikan sebagai sumber air, dan juga sarana transportasi.

4. Sungai Rajang

Sungai selanjutnya adalah sungai Rajang. Sungai Rajang adalah salah satu sungai yang berada di Negara Malaysia. Meskipun sungai ini hanya memiliki panjang 563 km, namun sungai Rajang menjadi sungai terpanjang di Malaysia. Letak dari sungai ini tepatnya berada di Serawak. Sumber aliran dari sungai ini adalah pegunungan Banjaran Iran dan mengalir menuju ke Laut Cina Selatan.

Itulah beberapa Sungai terpanjang di Asia Tenggara yang bisa Anda ketahui. Sungai tidak hanya menjadi sumber kehidupan manusia semata, tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya yang ada di sekitar sungai. Maka dari itu, menjaga kebersihan sungai merupakan sesuatu yang wajib.

Beberapa Sungai Terpanjang di Asia Tenggara yang Menarik untuk Dikunjungi