Daftar Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia dan Pemanfaatannya

Gas Alam dan Pemanfaatannya

Gas alam merupakan bakar fosil yang mengandung CH4 atau metana. Gas bumi ini biasanya dijumpai pada ladang gas bumi, lokasi pertambangan batu bara atau ladang minyak. Metana sendiri adalah molekul hidrokarbon yang memiliki rantai paling ringan dan pendek. Selain metana, gas alam juga memiliki kandungan propana, etana, butana, dan lain sebagainya.

Gas alam dengan kandungan metana memang dapat memicu adanya pemanasan global saat terlepas bebas ke atmosfer. Tapi saat gas alam diperlakukan dengan proses pengelolaan yang benar, maka gas ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Gas alam dikatakan berbahaya karena bisa menimbulkan ledakan dan kebakaran.

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa gas alam juga memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik yang menggunakan tenaga gas atau uap. Gas ini juga bisa dipakai untuk bahan bakar dari kendaraan bermotor jenis BBG atau NGV.

Baca juga: Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Manfaat lainnya adalah untuk komoditas energi yang bisa diekspor seperti LNG atau Liquefied Natural Gas. Selain itu, gas alam juga bisa diolah menjadi bahan baku metanol, plastik, petrokimia, pupuk, dan masih banyak yang lainnya. Tahukah Anda dimana sajakah daerah penghasil gas alam di indonesia ?.

Beberapa Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia serta Pemanfaatannya

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara penghasil gas alam yang cukup besar. Berikut ini adalah daerah penghasil gas alam di indonesia yang harus Anda ketahui.

1. Papua Barat
Provinsi Papua Barat terkenal dengan hasil LNG nya yang berkualitas. Pusat pengolahan dan pertambangan gas alam cair ini dibangun di daerah Teluk Bintuni. LNG Tangguh yang ada di Papua Barat adalah salah satu megaproyek yang ditangani langsung oleh pemerintah.

Di provinsi ini, ada banyak sekali cadangan gas bumi dengan jumlah setidaknya 500 miliar m3. Papua Barat adalah penyuplai gas alam paling besar di dunia.

2. Jawa Barat
Daerah penghasil gas alam di indonesia selanjutnya adalah Jawa Barat tepatnya Bandung. Gas alam yang dikelola di provinsi ini biasanya digunakan untuk kebutuhan industri dalam negeri. Melihat kekayaan gas alam di Jawa Barat, pemerintah diketahui mendirikan perusahaan untuk menyuplai kebutuhan akan gas alam di seluruh wilayah Nusantara.

3. Kepulauan Riau
Kepulauan Riau juga terkenal dengan cadangan gas alamnya yang sangat besar. Gas alam yang dihasilkan Riau dimanfaatkan oleh dunia dan juga Indonesia. Di Kepulauan Riau, pengolahan serta penambangan gas alam dipayungi oleh PT PNG atau Perusahaan Gas Negara. Sumber gas alam yang paling besar di Kepulauan Riau ada di Kabupaten Natuna.

4. Kalimantan Timur
Daerah penghasil gas alam di indonesia selanjutnya adalah di Kalimantan Timur. Kekayaan gas alam paling besar di Kaltim ada di blok Mahakam. Banyak industri di tanah air yang bergantung pada suplai gas alam yang dihasilkan Kalimantan Timur.

Baca juga: Dimanakah Daerah Penghasil Batu Bara Terbesar di Indonesia ?

5. Sumatera Selatan
Sumatera Selatan juga dikenal sebagai salah satu wilayah yang menghasilkan banyak gas alam untuk Indonesia. Cadangan gas alam yang ada di provinsi ini sangatlah melimpah. Kabupaten Musi Banyuasin adalah kabupaten yang menyumbang banyak gas alam di Indonesia. Di tahun 2016, pemerintah kabupaten membangun pipa saluran gas sebanyak 10 ribu pipa untuk memenuhi kebutuhan setiap warganya.

Indonesia memang kaya dengan sumber daya alamnya. Tidak mengherankan jika ada banyak daerah penghasil gas alam di indonesia yang menyuplai kebutuhan gas alam di dunia. Sekian informasi terbaru kali ini, semoga bermanfaat.

Daftar Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia dan Pemanfaatannya