Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Pulau Terbesar di Filipina

Pulau-Pulau Besar di Filipina - Negara Filipina mengklaim mempunyai sekitar 7.641 pulau, dimana hanya sekitar 2.000 pulau yang berpenduduk. Total jumlah penduduk negara ini diperkirakan sekitar 100.607.376 orang (data juli 2020). Pulau-pulau yang ada di Filipina dibagi dalam 3 divisi utama geografis yaitu Luzon, Mindanao, dan Visayas.

Filipina memiliki batas laut dengan beberapa negara seperti Indonesia, Taiwan, Palau, Vietnam, dan Malaysia (lihat Peta Filipina). Nah, apa saja nama pulau besar yang ada di Filipina? Dibawah ini adalah daftar pulau terbesar di Filipina serta penjelasan beberapa pulau yang populer di negara ini.

10 Pulau Terbesar di Filipina

#Rank Nama Pulau Luas Pulau (Km2)
1. Pulau Luzon 109965.72
2. Pulau Mindanao 97531.18
3. Pulau Samar 13429.09
4. Pulau Negros 13309.95
5. Pulau Palawan 12188.48
6. Pulau Panay 12009.77
7. Pulau Mindoro 10572.33
8. Pulau Leyte 7368.51
9. Pulau Cebu 4467.73
10. Pulau Bohol 3820.23

Lihat juga: Letak Geografis Filipina

1. Pulau Luzon
pulau terbesar di filipina
Kenampakan alam Pulau Luzon sebagai pulau paling luas di Filipina.

Luzon menempati peringkat pertama sebagai pulau terbesar di Filipina sekaligus sebagai pulau terpadat di negara ini. Luzon terletak di bagian utara Filipina dan mempunyai luas sekitar 109.965 kilometer persegi.

Pulau Luzon juga merupakan pulau terbesar ke-15 di dunia. Luzon berbatasan dengan Laut Filipina di sebelah timur, Laut Cina Selatan di sebelah barat, dan Selat Luzon di sebelah utara.

Pulau ini dibagi menjadi 4 wilayah yaitu wilayah Selatan, Utara, Tengah, dan Wilayah Ibu Kota Nasional. Luzon ditempati oleh beberapa pegunungan seperti Pegunungan Cordillera, Sierra Madre, dan Pegunungan Zambales, serta beberapa danau, semenanjung, teluk, dataran, dan sungai (lihat Sungai Terpanjang di Filipina).

Terdapat beberapa pulau kecil di sekitar Luzon yang masih merupakan bagian wilayahnya yaitu Mindoro dan Romblon. Metro Manila, yang berada di Luzon berfungsi sebagai pusat ekonomi dan keuangan negara.

Industri, pertanian, dan pariwisata merupakan sektor ekonomi unggulan di pulau ini. Diperkirakan sekitar 53,3 juta penduduk tinggal di Luzon dengan etnis/suku terbesarnya adalah Kapampangan, Sambals, Ilocanos, Pangasinenses, Visayans, dan Bicolanos.



2. Pulau Mindanao
Pulau Mindanao memiliki luas sekitar 97.531 kilometer persegi. Sebagian besar lanskap pulau ini bergunung-gunung, dengan Gunung Apo sebagai gunung tertinggi di pulau ini sekaligus di negara Filipina. Ketinggian Gunung Apo adalah 9.692 kaki di atas permukaan laut.

Mindanao berbatasan dengan Laut Mindanao di utara, Laut Filipina di timur, Laut Sulu di barat, dan Laut Sulawesi di selatan.

Lihat juga: Kondisi Geografis Filipina

Terdapat kelompok pulau disekitar Pulau Mindanao seperti pulau Sulu, Samal, Basilan, dan Dinagat. Diperkirakan lebih dari 21,9 juta orang tinggal di Mindanao, dimana 1,6 juta orang diantaranya berada di Kota Davao.

Mindanao menyumbang sekitar 14% terhadap PDB nasional, dimana pertanian, perikanan, industri, jasa, dan kehutanan merupakan sektor ekonomi utamanya.

3. Pulau Samar
Samar merupakan pulau dengan luas sekitar 13.429 kilometer persegi, yang berada di Filipina Tengah. Pulau ini berbatasan dengan Laut Samar, Selat San Juanico, Teluk Leyte, Laut Filipina, dan Selat San Bernardin.
Bagian pantai Samar memiliki bentang alam berupa dataran dan bukit-bukit rendah, sementara wilayah bagian dalamnya lebih bergunung-gunung.

Samar adalah rumah bagi 1,75 juta penduduk dengan tingkat kepadatan penduduknya adalah 337,7 orang per mil persegi. Bahasa Waray dan Cebuano adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Samar. Sebagian besar penduduk pulau ini mengandalkan pertanian dan perikanan sebagai mata pencahariannya.

Lihat juga: Sumber Daya Alam Filipina

4. Pulau Negros
Pulau terbesar di Filipina selanjutnya adalah Pulau Negros yang menduduki peringkat ke-4. Pulau Negros mempunyai luas sekitar 13.309 kilometer persegi. Di pulau ini hidup sekitar 4,41 juta orang, yang sebagian besar merupakan etnis Negrensia. Negros terletak dekat dengan Laut Visayan, Laut Bohol, Laut Sulu, Selat Guimaras, Teluk Panay, dan Selat Tañon.

Puncak tertinggi di pulau ini adalah Gunung Api Kanlaon yang saat ini masih aktif. Aktivitas gunung berapi di pulau ini dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

Negros terdiri atas 3 wilayah administratif setingkat provinsi yaitu Negros Occidental, Negros Oriental, dan Kota Bacolod. Memproduksi gula merupakan kegiatan utama penduduk di pulau ini, selain kayu, kapas, dan pengembangbiakan unggas.

Pariwisata di Kepulauan Filipina

Berbagai pulau di negara Filipina menyediakan keanekaragaman hayati yang kaya akan flora dan fauna. Pada tahun 2012 saja, ada sekitar 4,27 juta turis yang mengunjungi negara ini.

Pulau-pulau yang ada di Filipina mempunyai bentang alam yang sangat indah dan populer bagi para wisatawan mancanegara seperti pantai, gunung, dan hutan hujan tropis.

Selain itu terdapat juga beberapa spot menyelam yang terkenal karena keindahan alam bawah lautnya. Warisan sejarah dan budaya yang unik juga semakin membuat Filipina banyak dikunjungi turis dari berbagai negara.