Peta Filipina Lengkap dengan Batas Negara dan Keterangan Gambar Wilayahnya

Dalam peta dunia, negara Filipina terletak di benua asia atau lebih khususnya di asia tenggara dengan ibukota Manila. Luas Wilayah Filipina sekitar 3300,000.00 km2 dimana 0.61% (1,830.00 km2) terdiri atas perairan dan 298,170.00 km2 merupakan daratan.

Gambar peta negara Filipina lengkap yang diberikan dibawah ini dalam resolusi kecil, untuk melihat tampilan peta Filipina dengan jelas maka anda dapat mengklik gambar tersebut. Dan untuk melihat secara detail posisi filipina terhadap garis lintang dan bujur Anda dapat menuju ke artikel Letak Astronomis Filipina.

Peta Filipina

Peta Filipina
Gambar Peta Filipina.

Berdasarkan peta Filipina diatas maka secara umum dapat diketahui batas wilayah negara Filipina yaitu sebagai berikut:
  • Sebelah Utara: Berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Pingtung (Republik Tiongkok)
  • Sebelah Timur: Berbatasan dengan Laut Filipina
  • Sebelah Tenggara: Berbatasan dengan Laut Filipina, Kepulauan Sangihe dan Talaud (Indonesia)
  • Sebelah Selatan: Berbatasan dengan Laut Sulawesi
  • Sebelah Barat Daya: Berbatasan dengan Sabah (Malaysia)
  • Sebelah Barat: Berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Kepulauan Spartly.

Lihat lebih lengkap disini mengenai: Kondisi Geografis Filipina

Kota Penting di Filipina

Beberapa kota penting dan besar di Filipina diantaranya adalah Manila, Angeles, Aparri, Roxas, San Carlos, San Narciso, Bontoc, Borongan, Butuan, Baguio, Baler, Balimbing, Bangued, Laoag, Larap, Legazpi, Batangas, Bislig, Boac, Bolinao, Bongabong, Cabanatuan, Calbayog, Casiguran, Cavite, Cebu, Claberia, Cortes, Digos, Gingoog, Tabuk, Tarlac, Toledo, La Carlota, Lagawe, Lipa, Lucena, Maganoy, Mamburao,  Masbate, Mati, Naga, Olongapo, Ormoc, Ozamis, Pagadian, Dagupan, Danao, Davao, Pilar, Planan, Puerto Princesa, Quezon City, San Pablo, San Pascual, Isabella, Jolo, Jose Abad Santos, Sorsogon dan Virac. Lihat Peta Politik Filipina dibawah ini.

peta filipina lengkap dengan keterangan
Gambar Peta Politik Negara Filipina. Sumber: Nationsonline.org.


Lihat juga: Pulau Terbesar di Filipina

Masalah Lingkungan dan SDA Filipina

Filipina merupakan negara yang tidak luput dari permasalahan lingkungan hidup. Negara ini mengalami kondisi deforestasi yang tidak terkendali, terutama di daerah aliran sungai. Filipina juga memiliki tingkat erosi tanah yang cukup besar serta tingginya polusi udara dan polusi air di pusat kota besarnya.

Selain deforestasi, erosi, dan pencemaran, Filipina juga mengalami degradasi hutan bakau (mangrove) di wilayah pesisir pantainya serta degradasi terumbu karang di perairan lautnya.

Filipina termasuk salah satu negara dengan potensi sumber daya alamnya yang cukup besar. Sumber daya alam Filipina yang telah dieksploitasi meliputi kobalt, perak, emas, nikel, tembaga, dan minyak bumi. Selain itu, beberapa variasi sumber daya alam seperti garam, kayu, dan ikan juga banyak dikelola olah masyarakat negara ini.

Bahaya Alam di Filipina

Posisi geografis Filipina berada pada sabuk topan dunia, menyebabkan negara ini sering terkena 15 badai siklon. Setiap tahunnya Filipina akan selalu menghadapi 6 kali badai.

Selain badai, bahaya alam lain yang bisa dialami negara ini adalah letusan gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor, bahkan tsunami. Pergerakan lempeng besar pasifik dan eurasia, serta lempeng-lempeng mikro disekitarnya membuat negara ini sangat rawan bencana alam geologi.

Lokasi Penting dan Terdekat dengan Filipina

Sungai Agno, Selat Babuyan, Selat Balintang, Selat Basilan, Laut Bohol, Sungai Cagayan, Laut Sulawesi, Teluk Davao, Danau Lanao, Danau Taal, Selat Luzon, Teluk Manila, Selat Mindoro, Teluk Moro, Teluk Panay, Laut Filipina, Laut Sibuyan, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, dan Laut Visayan.

Pertanyaan yang terjawab dari artikel ini adalah: peta filipina, peta negara filipina, peta filipina sketsa, gambar peta filipina beserta keterangannya, gambar peta filipina, peta philipina, gambar peta negara filipina, peta wilayah negara filipina, peta filipina dan keterangan.
Update: Agustus 2021.
Komentar