Daftar Sumber Daya Alam Filipina Paling Lengkap

sumber daya alam filipina
Filipina kaya akan sumber daya alam. Negara ini memiliki tanah yang subur, beragam flora dan fauna, garis pantai yang luas, dan deposit mineral yang melimpah. Meskipun sumber daya alam Filipina melimpah, pemerintah membatasi eksploitasinya. Larangan penebangan hutan berlaku ketat di negara ini. Namun penebangan liar dan penambangan ilegal skala kecil terus berlanjut pada banyak daerah. Pada Juli 2012, Presiden Benigno Aquino sempat memerintahkan penghentian semua kegiatan penambangan di 78 wilayah kawasan hutan lindung dan ekowisata. Langkah positif ini diambil untuk melindungi sumber daya alam Filipina.

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Terdiri dari 7.100 pulau, Filipina adalah negara berbahasa Inggris terbesar ketiga di dunia. Negara kepulauan ini terletak di Laut Cina Selatan dan terkenal dengan tempat-tempat pariwisata populer dan banyak variasi budaya yang berasal dari peninggalan berbagai bangsa penjajah yang pernah menduduki wilayah ini selama berabad-abad lamanya. Hasil sumber daya alam Filipina yang melimpah digunakan untuk membantu menopang negara ini, serta menjadikannya sebagai salah satu negara dengan ekonomi bagus di kawasan Benua Asia khususnya di Asia Tenggara. Beberapa potensi sumber daya alam Filipina adalah spesies laut, mineral, hewan dan tumbuhan.

Sumber Daya Laut di Filipina

Karena dikelilingi oleh lautan, tidak mengherankan bahwa Filipina bergantung pada perairan laut sebagai sumber daya alam yang penting. Ada lebih dari 640.000 mil persegi perairan teritorial di Filipina dan di perairan ini ada banyak sekali kehidupan laut dan bahan-bahan berharga lainnya. Setidaknya ada 65 spesies dari 2.400 spesies yang ada di laut Filipina memiliki nilai komersial sangat penting seperti kepiting, rumput laut, mutiara, terumbu karang, lumba-lumba, ikan paus dan lainnya, menjadikan laut Filipina sebagai salah satu laut dengan sumber daya alam terbaik.

Sumber Daya Mineral di Filipina

Filipina bukan negara yang kaya minyak, tetapi tanahnya masih penuh dengan banyak mineral berharga. Diperkirakan ada 21,5 miliar metrik ton cadangan logam di Filipina dan 19,3 miliar metrik ton mineral bukan logam di dalam tanah. Nikel adalah deposit yang paling melimpah di Filipina, selain itu besi, seng, kromit, belerang dan tembaga juga hadir dalam jumlah yang signifikan.

Sumber Daya Flora dan Fauna di Filipina

Iklim tropis di Filipina menjadikannya sebagai lokasi yang ideal untuk berbagai jenis bunga dan tanaman lainnya. Pulau-pulau di Filipina memiliki lebih dari 2 juta spesies tanaman dan hewan, dimana beberapa diantaranya tidak ditemukan di tempat lain di belahan bumi ini. Banyak flora dan fauna di Filipina digunakan sebagai sumber daya alam yang penting dalam bentuk produk dan menjadi komoditas ekspor andalan negara ini, seperti pakis, bambu, mangrove (bakau), pohon kelapa, biji mahoni, pohon nipah, sampaquita, anggrek, pili nut, elang, burung merak, tokek (kadal), ular piton, dugong (sapi laut), kupu-kupu, ngengat, carabao (kerbau).

Tanaman Utama di Filipina

Sejarah gunung berapi di negara ini yang berhubungan dengan dataran luas membuat Filipina menjadi tempat utama menanam tanaman untuk keperluan domestik dan ekspor. Luzon Tengah, Lembah Cagayan dan Negros adalah beberapa tempat dengan tanah yang subur di Filipina. Tanah di daerah tersebut digunakan sebagai sumber mata pencaharian utama negara ini. Tanaman utama negara ini termasuk beras, jagung, tebu, abaca dan tembakau. Beras dan jagung digunakan di dalam negeri, sisanya digunakan sebagai bahan ekspor utama. Filipina juga mengekspor sejumlah nanas, pisang, durian dan mangga.

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Berdasarkan rangkuman di atas, dibawah ini disajikan daftar sumber daya alam Filipina yang menjadi andalan negara ini untuk menopang perekonomiannnya:
  1. Sumber Daya Laut: kepiting, rumput laut, mutiara, terumbu karang, lumba-lumba dan ikan paus.
  2. Sumber Daya Mineral: nikel, bijih besi, seng, kromit, tembaga, batu kapur, marmer, asbestos, tanah liat, aspal, feldspar, sulfur/belerang, talk, dan fosfat.
  3. Sumber Daya Flora (Tumbuhan): pakis, bambu, mangrove (bakau), pohon kelapa, biji mahoni, pohon nipah, sampaquita, anggrek dan pili nut.
  4. Sumber Daya Fauna (Hewan): elang, burung merak, tokek (kadal), ular piton, dugong (sapi laut), kupu-kupu, ngengat dan carabao (kerbau).
  5. Tanaman Utama: beras, jagung, tebu, abaca, tembakau, nanas, pisang, durian dan mangga.

Daftar Sumber Daya Alam Filipina Paling Lengkap