Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Agar Tidak Cepat Habis

cara melestarikan sumber daya alam

Upaya Pelestarian Sumber Daya Alam - Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, baik yang dapat diperbarui maupun tidak dapat diperbarui.

Sumber daya alam sendiri merupakan semua bahan di alam yang dapat diambil manfaatnya untuk kehidupan manusia. SDA meliputi semua komponen yang ada di alam, mulai dari komponen biotik hingga abiotik.

Sayangnya, saat ini eksplorasi berlebihan yang dilakukan oleh manusia membuat ketersediaan sumber daya alam di bumi semakin berkurang setiap harinya. Selain memanfaatkannya, sudah sepatutnya manusia juga harus melestarikan sumber daya alam tersebut.

Nah berhubungan dengan hal itu, saat ini geologinesia akan menjelaskan mengenai cara melestarikan sumber daya alam. Yuk, disimak dengan teliti ya.

Apa itu Sumber Daya Alam?

SDA adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh alam yang sifatnya original tanpa campur tangan manusia. Artinya, sumber daya alam bukan merupakan buatan manusia, akan tetapi manusia hanya bisa memanfaatkannya, merubah, mengembangkan, dan atau mengkonversinya.

Sumber daya alam berdasarkan ketersediannya di alam terbagi atas sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak bisa diperbarui. Tindakan eksploitasi yang berlebihan serta tindakan tidak bertanggung jawab lainnya tentu saja akan mengancam ketersediaan kedua sumber daya alam tersebut.

Sebagai makhluk yang paling banyak memanfaatkan SDA, sudah sepatutnya kita bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian sumber daya alam ini. Berbagai cara dan upaya harus dilakukan manusia demi menjamin keberadaan SDA di bumi.

Bagaimana Cara Melestarikan Sumber Daya Alam?

Beberapa waktu belakangan, kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam membuat banyak orang berlomba-lomba menjaga kelestarian SDA. Beberapa cara melestarikan sumber daya alam yang bisa dilakukan setiap orang diantaranya sebagai berikut:

1. Memanfaatkan Sumber Daya Alternatif yang Tak Pernah Habis
Alam menyediakan berbagai jenis sumber daya untuk dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya adalah jenis sumber daya alam yang tak pernah habis, seperti angin, cahaya matahari, panas bumi, pasang surut air laut dan sebagainya. Seperti namanya, sumber daya alam ini adalah sumber daya alam yang selalu tersedia melimpah di alam.

Memanfaatkan jenis sumber daya alam yang tak pernah habis sebagai alternatif pengganti sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan sumber daya alam.

Sumber daya alam seperti cahaya matahari, angin dan pasang surut air laut misalnya bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi energi alternatif pengganti batu bara atau minyak bumi. Cara ini sudah banyak digunakan oleh negara-negara maju terutama untuk menghemat sumber daya alam yang berasal dari barang tambang.

2. Pengolahan Limbah Air
Selama ini air yang habis digunakan untuk produksi di pabrik selalu berakhir hanya sebagai limbah yang mencemari lingkungan. Hal ini selain berdampak buruk bagi air di lingkungan sekitar yang jadi ikut tercemar, ketersediaan air bersih juga akan ikut terancam karena kegiatan ini.

Karena itu, sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alam terutama air adalah dengan melakukan pengolahan air limbah pabrik sebelum dibuang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi zat kimia yang terkandung di dalam air limbah sebelum dibuang. Dengan begitu dampak polusi yang ditimbulkan tidak akan begitu besar.

Lihat juga mengenai: Sumber Daya Alam Hayati

3. Penertiban Pembuangan Sampah
Sumber daya alam yang ada di bumi semakin kritis keberadaannya terutama karena tindakan tak bertanggung jawab dari manusia sendiri. Sebut saja pada sumber daya air. Karena itu, untuk melestarikan sumber daya air, salah satu caranya adalah dengan menertibkan kebiasaan membuang sampah pada masyarakat. Masyarakat harus mengubah kebiasaan membuang sampah di sungai atau saluran air guna menjaga kelestarian air.

4. Melakukan Recycling
Sumber daya alam di bumi cepat habis disebabkan karena manusia memanfaatkannya secara berlebihan. Dengan melakukan recycling atau daur ulang pada barang atau produk yang bisa didaur ulang tentu membuat pengambilan sumber daya alam bisa diperlambat. Dengan begitu bisa menjaga kelestarian sumber daya alam dalam jangka waktu yang lebih lama.

5. Rehabilitasi atau Reklamasi Lahan Kritis
Cara melestarikan sumber daya alam selanjutnya yang bisa dilakukan oleh manusia adalah dengan melakukan rehabilitasi atau rehabilitasi lahan kritis. Dua cara ini dilakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya tanah yang semakin kritis.

Proses reklamasi biasanya dilakukan pada lahan bekas pertambangan yang sudah rusak. Sedangkan rehabilitasi adalah upaya pelestarian lahan kritis dimana di dalamnya termasuk reboisasi, membuat sengkedan serta mengendalikan pembukaan lahan berpindah. Dengan cara ini kelestarian tanah akan tetap terjaga.

6. Melakukan Konservasi Ex Situ
Pelestarian sumber daya alam termasuk di dalamnya adalah pelestarian flora dan fauna yang ada di alam menjadi contoh cara pelestarian sumber daya alam yang saat ini banyak dilakukan.

Konservasi ini dilakukan dengan cara mengambil spesies flora atau fauna yang terancam punah dari habitat aslinya yang terancam kerusakan alam untuk kemudian ditempatkan di habitat lain yang lebih aman.

Baca juga mengenai: Sumber Daya Alam Non Hayati

7. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai
Daerah Aliran Sungai merupakan daerah di sekitar sungai yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pemanfaatannya biasanya untuk lahan pertanian. Daerah aliran sungai ini merupakan kawasan yang juga sering mengalami kerusakan karena banyak hal.

Upaya pelestarian sumber daya alam di kawasan atau daerah aliran sungai biasanya dilakukan dengan cara peningkatan lahan kering dan lahan basah. Perlindungan terhadap daerah yang termasuk non budidaya serta pengembangan jenis irigasi.

8. Pelaksanaan Program Sungai Bersih
Sungai bukan hanya aliran air dari hulu ke hilir. Sungai menjadi tempat hidup bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan serta menjadi penyedia air bersih untuk kebutuhan hidup manusia.

Sangat disayangkan, jika sungai tercemar oleh limbah, baik itu dari industri maupun limbah rumah tangga. Karena itu, pelestarian sungai juga tak bisa dilepaskan dari kegiatan membersihkan polusi yang mencemari air.

9. Melakukan Pengawetan
Penyebab terbesar kelangkaan ketersediaan sumber daya alam seperti kayu salah satunya adalah karena penggunaan dan eksploitasi berlebihan. Hal ini kemudian menyebabkan jumlah pohon semakin berkurang karena terus ditebangi untuk diambil kayunya untuk membuat berbagai produk furniture atau produk lainnya dari kayu.

Cara melestarikan sumber daya alam selanjutnya adalah dengan melakukan Pengawetan. Sebelum kayu diolah untuk dijadikan berbagai produk, proses pengawetan dilakukan terlebih dahulu sehingga kayu bisa lebih tahan lama dan penggunaannya bisa dihemat.

10. Pengelolaan Daerah Pesisir
Terakhir adalah pengelolaan daerah pesisir yang bertujuan untuk mengelola dan menjaga kelestarian laut dan daerah pesisir. Cara ini dilakukan dengan merujuk pada berbagai kebijakan. Seperti misalnya kebijakan penggunaan sumber daya alam yang dapat diperbarui, harus dilakukan dengan hati-hati. Tujuannya untuk memperhatikan kepentingan generasi selanjutnya.
Cara Melestarikan Sumber Daya Alam yaitu:
  • Lebih memanfaatkan sumber daya alternatif
  • Pengelolaan air limbah yang baik
  • Penertiban kebiasaan membuang sampah sembarangan
  • Melakukan recycling
  • Rehabilitasi dan reklamasi lahan kritis
  • Melakukan konservasi ex situ
  • Pengelolaan daerah aliran sungai (DAS)
  • Pelaksanaan program sungai bersih
  • Melakukan program pengawetan untuk mempertahankan fungsi SDA yang terambil
  • Pengelolaan lingkungan yang baik pada daerah pesisir

Ketersediaan sumber daya alam di bumi memang sangat melimpah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun, ada kalanya pengelolaan sumber daya alam tersebut juga harus mempertimbangkan generasi selanjutnya. Manusia tidak seharusnya melakukan eksploitasi besar-besaran dalam pengelolaan SDA, karena bisa mengancam kelestarian SDA tersebut.

Untuk mempertahankan keberadaan SDA, diperlukan berbagai cara melestarikan sumber daya alam seperti yang sudah dijelaskan di atas. Berbagai upaya tersebut harus dilakukan secara bersinergi agar tujuan pelestarian bisa tercapai.
Komentar