Pengertian Sumber Daya Alam Disertai Contoh dan Jenis-Jenisnya

pengertian sumber daya alam
Beberapa contoh sumber daya alam.
Apa itu sumber daya alam? - Semua produk di dunia menggunakan sumber daya alam (SDA) sebagai komponen dasarnya. Air, udara, tanah, serta flora dan fauna merupakan beberapa contoh dari komponen penyusun sumber daya alam.

Tingginya permintaan akan sumber daya alam di seluruh dunia telah menyebabkannya degradasi yang semakin hari semakin tidak terkendali. Akibatnya, sebagian besar negara mendorong pengelolaan yang tepat dan berkelanjutan terhadap pemanfaatannya.

Daftar isi

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah semua materi atau bahan yang ada di alam, yang dapat dimanfaatkan demi menopang keberlangsungan makhluk hidup di Bumi. Secara prinsip, sumber daya alam adalah komponen original yang ada di alam tanpa input atau campur tangan manusia.

Pada dasarnya, sumber daya alam tersedia dalam bentuk komponen tak hidup (non-hayati) dan komponen hidup (hayati). Contoh dari sumber daya alam dalam bentuk komponen tak hidup adalah air, minyak bumi, mineral, tanah, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk komponen hidup contohnya seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.

Kebanyakan SDA digunakan oleh manusia untuk dikonversi menjadi energi yang nantinya dapat dipakai oleh manusia untuk beraktivitas. Kemajuan peradaban, revolusi industri, inovasi teknologi, serta pertumbuhan populasi manusia yang signifikan telah membawa SDA di eksploitasi secara berlebihan, sehingga persediaannya semakin hari semakin berkurang secara signifikan.

SDA sangat mutlak dibutuhkan demi mendukung perekonomian sebuah negara. Tetapi perlu diketahui bahwa penyebaran SDA di tiap negara bersifat tidak merata, sehingga diperlukan adanya transformasi maupun transaksi SDA (ekspor-impor) di tiap-tiap negara demi eksistensi negara tersebut.

FAQ: Apa yang dimaksud sumber daya alam, jelaskan pengertiannya secara singkat?
Angin, udara, air, matahari, tanah, manusia, tumbuhan, hewan, mikroorganisme, bahan kimia organik, batuan, minyak bumi, geothermal, mineral, batubara, logam mulia, hutan, margasatwa, laut, sungai, atmosfer dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh Sumber Daya Alam

Contoh SDA sangatlah banyak dan beragam, karena definisi SDA sendiri merupakan komponen penyusun alam yang berguna bagi makhluk hidup di dalamnya. Bisa Anda bayangkan berapa banyak komponen di alam ini? ya, sebanyak itulah sumber daya yang tersedia di bumi kita ini.

Dibawah ini adalah beberapa contoh sumber daya alam yang dapat dengan mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Selain yang disajikan dibawah masih banyak sumber daya alam yang tersedia, tinggal bagaimana kita mengkonversi dan menjaga kelestariannya untuk bisa selalu menopang kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini.

20+ Contoh Sumber Daya Alam : angin, udara, air, matahari, tanah, manusia, tumbuhan, hewan, mikroorganisme, bahan kimia organik, batuan, minyak bumi, geothermal, mineral, batubara, logam mulia, hutan, margasatwa, laut, sungai, atmosfer dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat diklasifikasikan kedalam beberapa kategori yang berbeda, contohnya seperti sumber daya alam yang dapat diperbaharui (terbarukan) dan yang tidak dapat diperbaharui (tidak terbarukan), sumber daya alam hayati (biotik) dan non hayati (abiotik), serta sumber daya alam yang tersedia.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah mengacu pada sumber daya yang secara alami dapat dibuat kembali setelah digunakan. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui meliputi angin, air, tumbuh-tumbuhan alami, energi matahari, dan hewan.

Sumber daya ini ada di alam dan dalam jumlah yang melimpah. Ada sedikit kekhawatiran tentang menipisnya sumber daya terbarukan karena tingkat produksinya (eksploitasinya) melebihi tingkat konsumsi manusia. Konservasionis di seluruh dunia mengadvokasi penggunaan sumber daya alam jenis ini karena ketersediaannya yang melimpah dan lebih ramah lingkungan.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah jenis komponen di alam yang membutuhkan waktu terlalu lama untuk dapat terbentuk kembali setelah digunakan, atau dengan kata lain keterdapatannya di alam dalam jumlah yang terbatas. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui meliputi produk-produk seperti minyak mentah, logam mulia, mineral, dan batuan.

Beberapa hewan langka juga diklasifikasikan sebagai SDA tidak terbarukan karena tingkat kematian mereka jauh lebih tinggi daripada tingkat reproduksi mereka. Sumber daya yang tidak terbarukan ini perlu dilindungi dan digunakan secara bertanggung jawab untuk menghentikan penipisannya.

Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati disebut juga dengan sumber daya alam biotik adalah mengacu pada sumber daya yang ada secara alami di lingkungan. Contoh sumber daya alam hayati seperti hutan, margasatwa, tumbuhan pertanian, perkebunan, hewan peternakan, dan perikanan.

Apabila dibagi dalam golongan besar maka SDA Hayati ini hanya terdiri atas 2 golongan utama saja yaitu tumbuhan dan hewan. Manusia sangat sering memanfaatkan tumbuhan untuk menopang kehidupannya sehari-hari seperti untuk bahan makanan, bahan bangunan, biosolar, pupuk kompos, dan pengobatan herbal.

Untuk hewan, kebanyakan digunakan manusia untuk membantu pekerjaan berat seperti kuda dan kerbau yang digunakan membantu manusia mengolah lahan dan transportasi tradisional. Selain hewan juga dimanfaatkan manusia sebagai sumber bahan pangan seperti pada unggas dan sapi.

Sumber Daya Alam Non Hayati

Sumber daya alam non hayati atau sering disebut sumber daya alam abiotik adalah produk alami di lingkungan yang tidak hidup. Contoh sumber daya alam non hayati adalah seperti air, batuan, tanah, angin, minyak bumi, logam, dan mineral-mineral lainnya.

Jenis sumber daya ini ada beberapa yang dapat diusahakan kembali keberadaannya secara cepat dan terus menerus, namun adapula yang keberadaannya membutuhkan waktu yang lama. Kebanyakan sumber daya alam non hayati dimanfaatkan manusia sebagai sumber energi seperti menghasilkan listrik dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan bahan bakar kendaraan bermotor dari minyak bumi.

Sumber Daya Alam Tersedia (Stock Natural Resources)

Dunia memiliki banyak sumber daya yang beberapa di antaranya belum dieksploitasi. Manusia tidak memiliki keterampilan dan teknologi untuk mengekstraksi dan menggunakan beberapa sumber daya alami seperti gas langka dan beberapa bahan radioaktif. Akibatnya, sumber daya alam jenis ini diklasifikasikan sebagai sumber daya alam persediaan untuk digunakan di masa depan.

FAQ: Sebutkan, jelaskan dan beri contoh apa saja komponen sumber daya alam?
Ada 2 komponen sumber daya alam yaitu komponen hidup (hayati/biotik) dan komponen tak hidup (non-hayati/abiotik). Contoh komponen biotik SDA adalah tumbuhan, mikroorganisme, dan manusia. Sedangkan contoh komponen abiotik SDA adalah minyak bumi, air, tanah mineral, dan lain sebagainya.

Ancaman Terhadap Sumber Daya Alam

Sebagian besar sumber daya alam tersedia dalam jumlah yang terbatas. Sayangnya, berbagai faktor telah menyebabkan dilakukannya eksploitasi terhadap sumber daya yang terbatas tersebut. Hal ini dapat menakibatkan komponen alam tersebut beresiko deplesi.

Pencemaran lingkungan, tingkat populasi tinggi, pembangunan yang tidak terkendali, perubahan iklim, dan gaya hidup modern adalah beberapa contoh ancaman terhadap sumber daya alam.

Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan telah menjadi penyebab utama degradasi dan penipisan sumber daya alam. Pencemaran lingkungan terutama disebabkan oleh industri yang memproduksi dan menggunakan bahan kimia serta plastik dalam kegiatan mereka.

Bahan kimia ini merusak tatanan sistem tanah dan air, serta mengubah komposisi komponen sumber daya itu sendiri. Meningkatnya penggunaan bahan kimia dan plastik di lingkungan telah menyebabkan kehancuran kehidupan akuatik.

Tingkat Populasi Tinggi

Populasi manusia di dunia telah meningkat secara signifikan dalam lima dekade terakhir. Ketika jumlah manusia meningkat, maka permintaan akan sumber daya alam pun akan meningkat.

Orang-orang memiliki sumber daya yang dieksploitasi secara berlebihan seperti air, tanah pertanian, mineral, dan margasatwa yang menyebabkan berkurangnya sebagian besar sumber daya alam di beberapa bagian dunia.

Negara-negara yang mengalami peningkatan populasi yang tidak terkontrol sering kali memberikan tekanan pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yang mengarah pada degradasi lingkungan.

Pembangunan yang Tidak Berkelanjutan

Sebagian besar negara telah mengalami perkembangan pesat dengan penciptaan industri dan infrastruktur baru. Proyek pengembangan ini membutuhkan banyak komponen sumber daya seperti tanah, energi, air dan sumber daya manusia sendiri.

Dalam beberapa kasus, pembangunan telah merambah hutan atau lahan yang dilindungi dan menyebabkan kerusakan vegetasi serta satwa liar yang signifikan. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol pembangunan untuk mencegah pemanfaatan berlebihan terhadap sumber daya alam yang sudah terbatas dan terancam punah.

Perubahan Iklim

Perubahan iklim adalah sebuah fakta mengerikan yang terjadi di dunia saat ini. Contoh dampak perubahan iklim adalah terjadinya bencana banjir besar, kondisi cuaca ekstrem, kebakaran hutan, serta bencana alam lainnya.

Perubahan-perubahan ini telah mengancam cara hidup sejumlah spesies yang mengarah pada kepunahan beberapa jenis spesies. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh perubahan iklim juga mengakibatkan kerusakan hutan yang merupakan salah satu sumber daya alam yang berharga.

Gaya Hidup Modern

Masyarakat modern adalah masyarakat paling maju dalam sejarah manusia. Karena cara hidup yang maju, maka lebih banyak sumber daya yang diperlukan untuk memenuhi banyak tuntutan manusia. Misalnya, orang mengkonsumsi begitu banyak energi melalui kendaraan di jalan, barang elektronik di rumah, dan selama kegiatan rekreasi.

Peningkatan konsumsi ini telah menyebabkan tingginya permintaan bahan bakar fosil dan energi. Selanjutnya, sumber daya alam ini telah dimanfaatkan secara berlebihan sehingga menyebabkan kelangkaan.

Praktek Pertanian yang Berbahaya

Kegiatan pertanian telah meningkat di sebagian besar negara karena meningkatnya permintaan makanan. Beberapa tempat terjadi penebangan hutan atau menggunakan lahan secara tidak tepat yang mengarah pada pengrusakan lingkungan.

Selain itu, pertanian dalam skala besar diketahui banyak yang menggunakan bahan kimia keras tanpa metode pembuangan limbah yang tepat. Hal ini sudah tentu menghasilkan produk berbahaya di tanah maupun air. Oleh karena itu, kegiatan pertanian akan semakin mengarah pada degradasi sumber daya alam.

Konservasi Sumber Daya Alam

Pada tahun 1982, PBB melihat perlunya perlindungan lingkungan dan pelestarian sumber daya alam. Piagam Dunia untuk Alam mencantumkan langkah-langkah yang harus diambil untuk mencegah menipisnya sumber daya alam. Ini juga menyatakan pentingnya perlindungan lingkungan dan kebutuhan untuk membuat undang-undang tentang subjek yang sama.

Organisasi lain seperti Serikat Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) dan World Wide Fund for Nature (WWF) juga tampil dalam upaya mendorong perlindungan sumber daya alam. Organisasi tersebut telah mendanai penelitian ilmiah seperti konservasi biologi dimana para ilmuwan meneliti berbagai cara melestarikan sumber daya alam yang ada pada lingkungan bumi.

Di tingkat lokal, banyak negara telah menetapkan kawasan lindung untuk melestarikan sumber daya alam dari eksploitasi. Konservasionis juga mendorong penggunaan sumber daya alam terbarukan seperti angin dan energi matahari, bukan sumber daya tidak terbarukan yang diketahui lebih berisiko pada kepunahan.

Selain itu, sebagian besar negara memiliki departemen yang mengawasi ekstraksi dan penggunaan sumber daya alam. Departemen-departemen ini membuat aturan tentang pengelolaan sumber daya alam seperti logam mulia, logam langka, dan sumber energi. Mereka juga memberikan lisensi kepada perusahaan yang terlibat dalam produksi dan penjualan sumber daya alam tersebut.

Demikian tadi penjelasan mengenai apa itu SDA yang perannya sangat dominan dalam kehidupan makhluk di bumi. Semoga apa yang telah diberikan disini dapat menambah wawasan Anda, sehingga Kita dapat bersama-sama menjaga kelestarian alam yang telah diberikan-Nya kepada Kita. Salam geologinesia.
Komentar