Karakteristik Planet Jovian : Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

karakteristik dan ciri planet jovian
Planet Jovian - Tata surya tersusun atas berbagai planet yang memiliki orbit dengan matahari. Diketahui bahwa sampai saat ini pusat tata surya kita adalah Matahari. Pusat tata surya kita ini dikelilingi oleh beberapa planet dan benda langit lainnya. Ada kurang lebih 8 planet yang selama ini dikenal pada sistem tata surya kita. Masing-masing planet tersebut tentu memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda pula. Seperti misalnya bumi yang merupakan satu-satunya planet yang ditinggali oleh makhluk hidup.

Nah, jumlah planet di tata surya kita (8 planet) ini kemudian diklasifikasikan berdasarkan kesamaan sifatnya yaitu terbagi atas Planet Terestrial dan Planet Jovian. Untuk pembelajaran kali ini kita akan lebih fokus mengenal tentang Planet Jovian. Apa itu planet Jovian dan bagaimana karakteristiknya? Akan dibahas secara lengkap dalam pembahasan berikut ini.

Daftar isi


Pengertian Planet Jovian

Mungkin ada yang masih asing dengan istilah atau penyebutan Planet Jovian. Pada dasarnya planet-planet yang ada di dalam tata surya dibagi menjadi 2 berdasarkan kategori fisiknya, salah satunya adalah kelompok Planet Jovian ini. Planet Jovian juga dikenal sebagai raksasa gas, yaitu kumpulan planet yang tersusun dari kumpulan gas dan tidak memiliki sifat 'kebumian'.

Planet-planet yang tergolong ke dalam kelompok Planet Jovian adalah planet-planet besar yang di dalamnya tidak terdiri atas benda padat seperti bebatuan. Tidak seperti planet-planet lainnya, selain itu permukaan planet ini tidak jelas. Planet-planet ini tidak memiliki permukaan berbentuk padat yang bisa diinjak. Tidak pula memiliki area permukaan, diameter, suhu permukaan, isi serta kepadatan permukaan ataupun lapisan terluar seperti planet lainnya.

Mungkin planet-planet ini memang memiliki inti besi atau bebatuan, namun sampai saat ini yang diketahui bahwa planet-planet raksasa gas ini memiliki massa inti berbentuk gas ataupun gas ruang terkompresi. Tak hanya itu saja, planet-planet yang tergolong dalam kelompok Planet Jovian ini juga memiliki tekanan yang sangat besar, sehingga apapun yang masuk ke dalamnya akan hancur seketika.

Ciri-Ciri Planet Jovian

Planet Jovian yang terdiri dari beberapa planet memang memiliki karakteristik berbeda-beda. Namun, karena dikelompokkan ke dalam satu kelompok, maka kelompok planet ini memiliki kesamaan sifat. Nah, berikut ini adalah sifat-sifat yang juga sebagai ciri-ciri Planet Jovian secara umum, yaitu:

1. Ukurannya Sangat Besar
Jika dibandingkan dengan planet-planet kebumian, planet-planet yang masuk dalam kelompok Planet Jovian ini memang memiliki ukuran yang relatif besar. Sebutan lain dari kelompok planet ini adalah Keluarga Jupiter karena ukurannya yang juga sama-sama besar.


2. Tidak Ada Daratan dan Lautan
Sesuai dengan namanya, di planet ini juga tidak ditemukan adanya daratan ataupun lautan di permukaannya. Keseluruhan permukaan planet hanya ditutupi oleh gas. Tak hanya itu, planet-planet Jovian juga memiliki atmosfer yang tebal. Inilah mengapa disebut sebagai raksasa gas.

3. Semuanya Memiliki Cincin
Jika diperhatikan dengan seksama, keseluruhan planet-planet yang tergolong dalam Planet Jovian ini memiliki cincin. Namun, memang yang bisa dilihat dari bumi hanyalah cincin dari Planet Saturnus. Hal tersebut karena lokasi Saturnus yang relatif dekat dengan bumi dan diameter cincinnya yang sangat besar hingga mencapai 350x lebih dari panjang Pulau Jawa.

Contoh Planet yang Termasuk Planet Jovian

Nah, setelah mengetahui karakteristik atau ciri Planet Jovian secara umum, selanjutnya adalah mempelajari planet apa saja yang masuk dalam kategori planet ini. Ada 4 planet yang masuk dalam kelompok Planet Jovian ini, yaitu:

1. Jupiter
Planet Jupiter merupakan planet dengan urutan kelima dari matahari serta berukuran cukup besar. Termasuk benda langit yang terang, setelah matahari, Bulan serta bintang. Jupiter ini masuk menjadi anggota Planet Jovian karena Jupiter tidak mempunyai permukaan yang padat. Bagian inti planet ini hanya berupa bola gas berukuran besar. Jupiter hanya terdiri atas helium dan hidrogen karena rendahnya kepadatan planet ini. Lihat pembahasan sebelumnya (lebih lengkap) mengenai Ciri Planet Jupiter ini.

2. Saturnus
Planet berikutnya yang termasuk Planet Jovian adalah Saturnus, yang merupakan planet terbesar kedua dan merupakan planet dengan urutan keenam dari matahari. Uranus ini dilingkari oleh cincin yang ditandai dari arah dalam menuju luar dengan alfabet tertentu, yaitu DCBAFG dan E. Hingga saat ini, jumlah cincinnya sudah mencapai 1000 buah yang mengitari planet.

Jika dilihat dari bumi, Saturnus ini berwarna kuning bersinar. Tanda-tanda atmosfer di Saturnus berupa pita-pita alur dengan warna pucat putih yang sejajar equator. Inti dari Saturnus inu terdiri atas batuan dengan temperatur 15.000°C.

Sementara itu, atmosfernya terdiri atas 88% hidrogen, 11% Helium dan sisanya Metana, Amoniak, serta gas lainnya. Permukaan planet ini umumnya menunjukkan gulungan awan dan pusaran kabut jauh yang tebal. Kabut ini juga menunjukkan suhu yang lebih rendah. Lihat pula bahasan sebelumnya yang lebih lengkap mengenai Ciri Planet Saturnus.

3. Uranus
Uranus memiliki karakteristik berupa inti batuan serta lautan gas yang bercampur mineral pada bagian intinya. Planet Uranus ini memiliki cincin sejumlah 10 serta 21 buah satelit, sehingga Uranus juga tergolong sebagai Planet Jovian.

Namun, Uranus sedikit berbeda karena memiliki ukuran yang lebih kecil, serta komposisi kimia penyusunnya juga berbeda. Jika Saturnus dan Uranus banyak mengandung H dan He, maka Uranus banyak menangkap molekul air.

Massa jenis air lebih berat dibandingkan dengan H maupun He. Hal inilah yang membuat planet ini jadi lebih kompak. Jika dibandingkan dengan massa Uranus yang saat ini diketahui, kemudian mengubah air menjadi H dan He, maka bisa dipastikan ukuran Uranus bahkan lebih besar dari Jupiter dan lebih renggang pula.

Suhu lautan air yang ada di planet ini bisa mencapai 6.650°C. Jika dibandingkan dengan bumi, air mendidih pada suhu 100°C. Namun karena di Uranus tekanannya lebih besar 5 juta kali lipatnya maka memungkinkan air tetap mencair dan molekulnya terpecah menjadi uap.

Atmosfer Uranus terdiri dari He, H dan sedikit metana. Planet ini juga berbeda dengan planet Jovian lainnya karena memancarkan panas yang berasal dari dalam pusat planet. Pusat planet ini diperkirakan berupa inti batuan yang ukurannya lebih kecil dari inti bumi.

4. Neptunus
Planet terakhir yang berada dalam kelompok Planet Jovian adalah Neptunus. Pusat dari planet diperkirakan berupa inti batuan dengan besar hampir sama dengan bumi dan terdiri atas silikon dan besi.

Sementara itu, atmosfer Neptunus terdiri atas gas He dan H serta 3% amoniak dan metana. Atmosfer Neptunus ini memancarkan cahaya berwarna biru. Hal ini karena Metana yang berada di atmosfer menyerap gelombang jingga dan merah namun tetap menghamburkan cahaya biru.

Tahun 1988 ditemukan molekul Metil yang bereaksi dengan sesama sehingga menjadi Etana. Metil ini menunjukkan bahwa di dalam planet ini terdapat kandungan Metana yang diubah menjadi Metil oleh matahari.

Penemuan tersebut menunjukkan bahwa di Planet Neptunus terdapat sumber daya alam yang sangat melimpah yang bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar dari pesawat penjelajah luar angkasa nantinya.

Dibawah ini merupakan tabel ringkasan 4 planet yang masuk dalam Planet Jovian disertai karakteristiknya:
Contoh Planet JovianKarakteristik Planet
Jupiter Berukuran paling besar, bagian inti merupakan helium dan hidrogen
Saturnus Planet terbesar kedua, memiliki cincin yang terlihat dari bumi, atmosfernya berupa hidrogen, helium, metana
Uranus Memiliki 10 cincin dan 21 satelit, ukuran lebih kecil, komposisi utamanya uap air, pancaran panas tinggi dari dalam planet
Neptunus Inti planet berupa besi dan silikon, komposisi atmosfer He, H, amoniak dan metana, memancarkan cahaya biru, banyak gas Metana

Demikian tadi penjelasan tentang Planet Jovian secara lengkap, mulai dari karakteristik planet secara umum, contoh planet-planet yang termasuk ke dalam golongan Planet Jovian, serta ciri-ciri dari planet Jovian tersebut. Semoga dengan penjelasan ini bisa menambah wawasan tentang Planet Gas Raksasa ini.
Komentar