Jumlah Planet Di Tata Surya Kita

jumlah planet di tata surya
Hingga saat ini jumlah galaksi di alam semesta sebagian besar tidak diketahui manusia. Faktanya, para ilmuwan berspekulasi bahwa mungkin ada jumlah galaksi yang tak terbatas. Galaksi kita, Bima Sakti, diperkirakan menampung sekitar 100 miliar planet yang sebagian besar mengorbit bintang. Dalam waktu dekat, para astronom telah menemukan ratusan planet di galaksi kita, beberapa di antaranya menunjukkan beberapa karakteristik mirip Bumi. Tata surya kita terdiri dari matahari, delapan planet dan bulan-bulannya, dan beberapa badan tata surya kecil.

Sebelumnya, Pluto dianggap sebagai planet kesembilan di Tata Surya. Namun, pada tahun 2006, Pluto diturunkan statusnya menjadi "planet kerdil" karena definisi yang lebih konkret dan ketat tentang apa itu planet. Untuk menjadi sebuah planet, sebuah objek tidak hanya harus mengorbit Matahari tetapi juga memiliki massa yang cukup untuk memiliki bentuk bulat yang disebabkan oleh gravitasi. Planet potensial juga harus menjadi objek paling penting di "lingkungannya".

Planet-planet di Tata Surya kita adalah sebagai berikut:
  1. Merkurius
  2. Venus
  3. Bumi
  4. Mars
  5. Jupiter
  6. Saturnus
  7. Uranus
  8. Neptunus

1. Merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Ini juga merupakan planet terkecil di tata surya kita. Merkurius menyelesaikan revolusi penuh mengelilingi matahari dalam 88 hari. Ini adalah planet berbatu dengan radius ekuatorial 1.516 mil. Menariknya, Merkurius tidak memiliki atmosfer. Ini berarti bahwa suhu pada Merkurius dapat berfluktuasi dari 840°F di siang hari menjadi minus 275°F di malam hari. Orbit Merkurius berbentuk oval. Pada beberapa kesempatan, Merkurius dapat dilihat dari Bumi.

2. Venus

Venus adalah planet terdekat kedua dengan matahari. Venus juga merupakan planet terpanas dengan suhu rata-rata 863°F. Atmosfer di Venus padat dan memerangkap udara hangat di dalamnya. Venus adalah tetangga terdekat Bumi.

Venus memiliki waktu revolusi dan rotasi terpanjang dari planet mana pun di tata surya. Venus membutuhkan 224,7 hari Bumi untuk berputar mengelilingi matahari. Rotasi Venus pada porosnya sangat lambat sehingga dibutuhkan waktu yang setara dengan 243 hari Bumi untuk menyelesaikan satu putaran, yang berarti satu hari di Venus lebih lama dari satu tahun penuh di Venus.

3. Bumi

Planet Bumi adalah satu-satunya planet yang diketahui menampung kehidupan. Ini menyelesaikan revolusi mengelilingi matahari setiap 365,256 hari. Jaraknya 92.955.820 mil dari matahari dan merupakan planet ketiga terdekat dari matahari.

Diperkirakan pembentukan Bumi dimulai 4,54 miliar tahun yang lalu. Total luas permukaannya adalah 196.940.000 mil persegi, 71% darinya tertutup air sementara 29% sisanya adalah daratan. Atmosfer Bumi melindungi kehidupan dari ruang yang tidak dapat dihuni, melindungi kita dari radiasi berbahaya, dan mengendalikan cuaca. Bumi adalah planet terpadat di Tata Surya.

4. Mars

Mars, juga dikenal sebagai "planet merah," adalah planet keempat di tata surya serta yang terkecil kedua. Ini memiliki permukaan padat seperti Bumi, tetapi atmosfernya tipis.

Mars setengah ukuran Bumi dan 143.000.000 mil dari matahari. Mars terkadang terlihat dari Bumi pada malam hari karena permukaannya yang cerah. Air cair tidak ditemukan di permukaan planet ini karena tekanan atmosfer yang rendah. Para peneliti sedang meneliti kemungkinan bahwa kehidupan pernah ada di Mars. Para ilmuwan percaya bahwa tutup es di kutub planet ini terdiri dari air dan es di kutub selatan akan mengisi permukaan planet hingga kedalaman 36 kaki jika meleleh.

5. Jupiter

Jupiter adalah planet kelima dan sekaligus sebagai planet terbesar di tata surya. Bersama dengan Saturnus, Uranus, dan Neptunus, Jupiter dianggap sebagai salah satu raksasa gas Tata Surya. Massa Yupiter adalah 2,5 kali total massa planet-planet lain yang digabungkan. Jupiter adalah planet gas yang berarti bahwa ia tidak memiliki permukaan padat, meskipun para peneliti percaya bahwa inti planet ini adalah padat. Jupiter sangat besar sehingga objek seukuran 1.300 kali besar Bumi akan muat di dalamnya.

Atmosfer Jupiter sangat keras. Kecepatan angin disana bergerak dengan kecepatan rata-rata 340 mph, dua kali kecepatan badai kategori lima di bumi. Planet ini memiliki tiga cincin yang terbuat dari partikel debu yang sulit dilihat. Butuh 12 tahun di Bumi bagi Jupiter untuk membuatnya berevolusi mengelilingi matahari.

6. Saturnus

Saturnus merupakan planet nomor 2 terbesar di tata surya setelah Jupiter. Ini adalah planet gas seperti Jupiter tetapi memiliki sembilan cincin kontinyu dan beberapa ikal yang terbuat dari batu dan es. Ini dianggap sebagai planet paling indah di tata surya dan terdiri dari hidrogen dan helium.

Diameter luas Saturnus adalah sembilan kali lipat dari Bumi. Volumenya sama dengan 763.5 kali dari Bumi, dan permukaannya sama dengan 83 kali Bumi. Namun, beratnya hanya seperdelapan kali massa Bumi. Saturnus memiliki sekitar 150 bulan, 53 di antaranya telah diberi nama.

7. Uranus

Uranus adalah planet terbesar ketiga di tata surya. Permukaannya terdiri dari komponen bahan beku dan karena itu dianggap sebagai planet raksasa es. Namun, atmosfernya terdiri dari hidrogen dan helium bersama "es" lainnya seperti metana, amonia, dan air.

Meskipun ini bukan planet terjauh dari matahari, Uranus adalah yang terdingin dengan suhu mencapai -224° C. Uranus adalah satu-satunya planet yang tidak memancarkan panas dari intinya. Uranus berjarak sekitar 2 miliar mil dari matahari.

8. Neptunus

Neptunus adalah planet terjauh dari matahari. Planet ini pertama kali dianggap sebagai bintang tetap oleh Galileo yang menggunakan prediksi matematis untuk menemukannya daripada metode biasa untuk melakukan pengamatan. Jaraknya hampir 2,8 miliar mil dari matahari dan menyelesaikan revolusi mengelilingi matahari setiap 164,8 tahun Bumi.

Neptunus menyelesaikan revolusi pertamanya pada 2011 sejak ditemukan pada 1846. Ia memiliki 14 bulan yang dikenal dengan Triton sebagai yang terbesar. Atmosfernya terdiri dari hidrogen dan helium. Ini adalah planet paling berangin di tata surya, menampung sembilan kali kecepatan angin rata-rata Bumi. Baru-baru ini, NASA menemukan bahwa Neptunus memiliki aliran sungai dan danau metana cair.
Pertanyaan : Berapa Banyak Planet yang Ada di Tata Surya Kita?
Jawaban : Ada 8 planet di tata surya kita yaitu : Merkurius, Venus, Bumi, Mars Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Komentar