5 Ciri-Ciri Planet Saturnus | Mulai dari Ukuran, Cincin dan Jumlah Satelitnya

Ciri-Ciri Planet Saturnus - Planet saturnus merupakan planet yang berada di urutan 6 setelah planet Jupiter dalam susunan tata surya kita. Selain itu planet saturnus yang berasal dari nama dewa romawi kuno yang suka bertani dan bercocok tanam. Planet saturnus mempunyai simbol arit yang membedakannya dengan planet yang lain.

Planet saturnus mempunyai ciri khas utama yaitu jenis massa kecil atau yang paling lunak karena seluruh tubuhnya tersusun atas gas. Selain itu planet saturnus ini juga terkenal akan keindahan pada sistem cincin yang melingkarinya serta mempunyai 18 buah satelit.

Planet Saturnus mempunyai beberapa ciri yang membuatnya berbeda dengan planet lain, diantaranya adalah:

1. Ukuran Planet Saturnus
Planet saturnus mempunyai ukuran sepuluh kali lebih besar daripada ukuran planet bumi dengan ukuran diameter sekitar 120.000 kilometer dan juga terkenal sebagai planet terbesar nomer dua setelah planet Jupiter. Jarak planet saturnus dengan matahari sekitar 1.428.000.000 kilometer.

ciri-ciri planet saturnus

2. Waktu untuk Berotasi
Selain itu planet saturnus juga mempunyai waktu untuk berputar sama hal dengan planet yang lainnya. Waktu yang dibutuhkan oleh planet saturnus untuk berputar sekitar 10,7 jam. Selain itu planet saturnus juga mempunyai waktu yang berbeda dalam mengeliling matahari dimana planet saturnus ini membutuhkan waktu sekitar 29,5 tahun.

3. Planet Saturnus Di Kelilingi Cincin Es
Planet saturnus sudah terkenal dengan keindahannya yang seluruh tubuhnya di kelilingi oleh ribuan cincin yang membedakan dengan planet yang lainnya. Walaupun planet saturnus terlihat padat dengan cincin yang berada di seluruh tubuhnya. Namun sebenarnya cincin planet Saturnus tersusun oleh milyaran serpihan batu yang dilapisi es. Serpihan es yang terkecil yang ada di planet saturnus berupa seperti debu namun bagi serpihan yang terbesar kemungkinan besar mempunyai ukuran sebesar rumah yang bergerak mengelilingi planet saturnus.

4. Planet Saturnus mempunyai Cincin di dalam Cincin
Planet saturnus terkenal dengan planet yang di kelilingi oleh beberapa cincin yang lebar. Namun sebenarnya pada planet saturnus ini terdapat ribuan cincin kecil dan sempit yang terletak di seluruh tubuh planet saturnus. Selain itu cincin-cincin kecil yang berada di planet saturnus menyusun membentuk F dimana cincin yang sempit saling terpilih dan di pisahkan oleh cincin yang lainnya dengan adanya tarikan gravitasi dua bulan yang sering di sebut Prometheus dan Pandora.

5. Memiliki 21 Satelit
Planet Saturnus mempunyai satelit sebanyak 21. Satelit terbesar yang ada dalam planet saturnus ialah titan. Satelin titan merupakan satu-satunya bulan di ketahui mempunyai atmosfer yang tebal. Sedang satelit yang berada di sisi berkawah dan satu lagi sisi yang lebih rata dinamakan Enceladus.

Selain itu, di planet saturnus terdapat satelit mimas yang mempunai kawah besar yang di bentuk dengan adanya tubrukan yang hampir menghancurkan. Masih banyak lagi satelit yang berada pada plenat saturnus seperto Atlas, Euphemetheus, Janus, Mimas co-orbital, 1980s26, 1980S27, 1980s28, Tethys, Telesto, Calypso, Dione, Dione Co-orbital, 1980S5, 1980S6, Hyperion dan Phoebe yang menjadikan ciri khas pada planet saturnus.

Planet saturnus merupakan planet yang mempunyai keindahan yang luar biasa dengan adanya cincin-cincin yang mengelilinginya. Planet saturnus juga termasuk planet terbesar nomer dua setelah planet jupiter. Selain itu planet ini mempunyai ciri khas dan simbol arit yang berbeda dengan planet yang lainnya. Planet saturnus juga di kelilingi serpihan batu yang ada di seluruh tubuh planet tersebut.

5 Ciri-Ciri Planet Saturnus | Mulai dari Ukuran, Cincin dan Jumlah Satelitnya