Ciri-Ciri Planet Jupiter yang Membuatnya Berbeda dari Planet Lain

Apa saja ciri dari Planet Jupiter? - Di tata surya tersebar berbagai benda langit. Salah satunya adalah planet. Di sistem tata surya matahari terdapat 8 planet yang berevolusi mengelilingi matahari. Setiap planet memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan planet lain, tidak terkecuali Jupiter. Ciri ciri planet Jupiter sangat terlihat apabila dibandingkan dengan planet lain.

Jupiter merupakan planet ke-5 dalam susunan tata surya kita. Nama jupiter diambil dari nama mitologi kepercayaan Romawi. Planet jupiter telah diamati sejak abad ke-7 SM oleh astronom Babilonia. Pengamatan tersebut dilanjutkan pada abad ke-2 SM oleh astronom Ptolemaeus dari Yunani dan ditulis di buku berjudul Almagest. Planet yupiter memiliki karakteristik yang unik. Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh planet jupiter.

1. Planet Terbesar
Dalam tata surya matahari, planet jupiter merupakan planet terbesar. Volume planet mencapai 1,43×1015 km3 dan diameternya mencapai 142.860 km. Ukuran ini lebih besar daripada ukuran bumi. Volume jupiter 1.300 kali volume bumi, sedangkan diameter jupiter hampir 11 kali diameter bumi. Apabila jupiter dianggap sebagai wadah, maka ia dapat menampung sebanyak 1310 planet seukuran bumi. Meskipun memiliki ukuran yang sangat besar, berat jupiter hanya mencapai 2,5 kali bumi.

ciri planet jupiter

2. Tersusun atas Gas dalam Jumlah Besar
Inti planet jupiter tersusun atas unsur berat tetapi permukaan planet jupiter tersusun atas gas dalam jumlah besar. Hal tersebut menyebabkan berat planet tidak terlalu besar. Gas-gas yang terdapat di permukaan planet jupiter antara lain hidrogen (H2), helium (He), amoniak (NH3), dan metana (CH4) dengan komposisi terbesar helium.

Di bagian atmosfernya terdapat hidrogen, helium, dan unsur lain. Gas tersebut terus bergerak mengelilingi jupiter. Adanya gas tersebut tidak sesuai dengan syarat adanya kehidupan sehingga membuat peneliti menyimpulkan tidak adanya kehidupan di planet jupiter.

Lokasi Gas
Inti Helium (24%), Hidrogen (1%), Unsur lain (5%)
Permukaan Hidrogen, Helium, Neon
Atmosfer Hidrogen (75%), Helium (24%), Unsur lain (1%)terdiri atas Metana, Silikon, Uap air, Etana, Hidrogen Sulfida, Oksigen, Fosfor, Neon, Sulfur

3. Bercak Merah Besar
Salah satu ciri ciri planet jupiter yang terkenal adanya bercak merah besar. Bercak merah besar telah diketahui sejak abad ke-17. Bercak ini dapat dilihat dengan menggunakan teleskop dan terlihat jelas di permukaannya. Diduga bercak merah besar berasal dari perbedaan aliran lapisan.

Bercak merah besar memiliki diameter sebesar 50.000 km dan berbentuk lonjong. Warna bercak merah besar selalu berubah, mulai dari merah, merah cerah, sampai merah muda tipis. Bercak merah besar tersebut diduga sebagai angin topan besar yang berputar di atmosfer jupiter.

4. Memiliki Banyak Satelit
Jumlah satelit yang dimiliki jupiter mencapai 67 satelit alami. Pada 1975 telah tercatat 51 satelit. Dari data tersebut diketahui terdapat 4 satelit terbesar dengan sebutan Galileo, antara lain Io, Europa, Ganymede, dan Callisto. Selain satelit tersebut, satelit jupiter lainnya diklasifikasikan menjadi 2 kelompok besar yaitu reguler dan ireguler.

Dalam kelompok reguler dibagi menjadi 2 subkelompok, yaitu satelit galileo dan kelompok dalam, sedangkan dalam kelompok ireguler dibagi menjadi 6 subeklompok, yaitu thermisto, carpo, kelompok ananke, kelompok pasiphae, kelompok himalia, dan kelompok carme.

Itulah 4 ciri ciri planet jupiter yang wajib Anda ketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Tata surya merupakan tempat yang luas. Masih banyak misteri lain yang tersimpan dan dapat digali lebih dalam.

Ciri-Ciri Planet Jupiter yang Membuatnya Berbeda dari Planet Lain