Profil Negara Ukraina [+Gambar Peta Lengkap]

profil negara ukraina
Ukraina (Ukraine) adalah sebuah negara yang letaknya berada di sebelah tenggara Benua Eropa dan masuk dalam wilayah Eropa Timur. Negara ini pernah memperdebatkan Semenanjung Krimea yang akhirnya secara internasional lebih diakui sebagai wilayah dari Ukraina. Karena itu, jika digabungkan, luas wilayah Ukraina bersama dengan Krimea bisa mencapai 603.638 km². Berikut ini adalah profil lengkap dari Negara Ukraina.

Sejarah Negara Ukraina

Ukraina mengalami sejarah panjang sebelum merdeka sebagai negara sendiri di tahun 1991. Ukraina bahkan sudah ada sejak jaman prasejarah sekitar 43.000 tahun yang lalu. Terbukti dengan berbagai situs arkeolog yang ditemukan.

Ukraina di Era Awal

Situs-situs Molodova menunjukkan pada sekitar tahun 43.000SM sudah ada permukiman Neanderthal yang terbuat dari tulang mammoth di wilayah Ukraina ini. Dugaan lain juga menyebutkan jika wilayah ini digunakan untuk merawat kuda.

Pendudukan oleh Peradaban Gravetium yang berada di Pegunungan Krimea menjadi pendudukan oleh manusia modern di daerah Ukraina dan sekitarnya. Dilanjutkan kemudian pada periode Neolithikum, tepatnya pada tahun 4500SM, di wilayah ini berkembang Peradaban Tripillia dan Kukuteni. Kemudian di jaman besi, daratan Ukraina dikuasai oleh bangsa Kimmeri, Sarmatia dan Skithia dan akhirnya diantara tahun 700-200SM menjadi kekuasaan Kerajaan Skithia.

Era Keemasan Kiev

Sekitar tahun 880M, Bangsa Rus yang asalnya dari Skandinavia mendirikan Kiev Rus. Wilayahnya meliputi bagian utara, tengah dan barat dari Ukraina modern, Belarus dan bagian barat wilayah Rusia modern. Orang Rus ini pada awalnya adalah orang-orang Varangia yang berasal dari Skandinavia.

Rus Kiev menjadi negara terkuat dan terbesar di Eropa pada abad ke-10 hingga abad ke-11. Kiev ini jugalah yang menjadi peletak dasar jati diri kebangsaan Ukraina dan juga Rusia. Sedangkan Kiev yang kemudian dikenal sebagai ibukota Ukraina menjadi kota yang penting bagi Bagsa Rus.

Era keemasan Rus Kiev ditandai saat Vladimir I bertahta di tahun 980-1015. Era ini berhasil mengubah bangsa Rus untuk memeluk kristen. Setelah itu kepemimpinan dilanjutkan oleh putranya, Yoroslav yang bijaksana pada 1019-1054. Pada masa ini Rus Kiev mengalami puncak kejayaan pada bidang militer dan kebudayaan. Tak lama kemudian Rus Kiev harus terpecah karena kepentingan kekuatan regional.

Kekuasaan terakhir dipegang oleh Vladimir II Monomakh dan putra pertamanya, Mstislav I sebelum akhirnya Rus Kiev terpecah belah. Rus Kiev mengalami kehancuran total pada tahun 1240 setelah ekspansi dari Mongol. Di atas tanah Ukraina kemudian didirikan Kepangeranan Halych-Volyna.

Dominasi Asing di Abad Pertengahan

Peperangan antara Polandia dan Lituania melawan Mongol berlangsung pada abad ke-14. Akibat perang ini, sebagian besar wilayah Ukraina kemudian berada dalam kekuasaan Polandia dan Lituania. Abad ke-15 menjadi penanda kejatuhan Gerombolan Emas yang kemudian menjadi dasar dari Kekhanan Krimea.

Gagasan menjadi sebuah bangsa muncul di Ukraina pada pertengahan abad ke-18. Saat itu terjadi pemberontakan yang kemudian dilanjutkan dengan pemisahan dari Persemakmuran Polandia-Lituania. Sisa dari Ukraina kemudian jatuh ke Kekaisaran Rusia. Di sisi lain, tepi kanan Ukraina tetap menjadi milik Polandia-Lituania. Hingga kemudian di tahun 1793 tepi kanan ini juga berhasil dianeksasi Rusia dalam peristiwa Pemisahan Polandia Kedua.

Era Perang Dunia dan Kemerdekaan

Ukraina sebenarnya sudah menyatakan kemerdekaan pertama kali pada 1917-1921. Namun pernyataan kemerdekaan ini justru menghasilkan Republik Sosialis Uni Soviet. Pasca Perang Dunia II, disahkan sebuah konstitusi Soviet Ukraina. Isinya memperbolehkan kedua negara bertindak layaknya negata berdaulat dalam beberapa hal dan tetap menjadi bagian dari Uni Soviet pada berbagai hal lain.

Adanya ini jugalah, akhirnya Soviet Ukraina boleh menjadi salah satu negara pembentuk PBB. Dalam kapasitasnya ini, Soviet Ukraina kemudian terpilih sebagai anggota Dewan Keamanan PBB. Kemudian di tahun 1954, The Oblast Krimea akhirnya diserahkan kepada Soviet Ukraina.

Runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991 menjadi awal baru bagi Ukraina. Ukraina akhirnya menyatakan kemerdekaan dari Negara Rusia dan diformalkan melalui referendum di bulan Desember 1991. Pada tahun ini juga Ukraina melakukan pemilihan presiden pertama.

Geografi Negara Ukraina

peta ukraina
Gambar Peta Ukraina.

Ukraina merupakan bagian dari wilayah Eropa Timur. Ukraina bersama Krimea memiliki luas wilayah 603.628km². Dengan luas wilayah ini menjadikan Ukraina sebagai negara paling luas di Eropa. Negara ini juga menempati sebagai negara terluas di dunia pada posisi 46. Ukraina memiliki karakteristik geografis yang khas. Berikut adalah penjelasannya.

Letak dan Batas Wilayah

Secara astronomis, Ukraina terletak diantara garis 44°LU - 53°LU serta 22°BT - 41°BT. Secara historis, negara ini juga pernah menjadi bagian dari Uni Soviet. Sedangkan secara geografis, Ukraina terletak berbatasan langsung dengan negara lain di Eropa serta beberapa bentang alam terkenal, seperti berikut ini.
  • Utara: Negara Rusia dan Belarus
  • Timur: Negara Rusia
  • Selatan: Laut Hitam, Hongaria, Laut Azov, Negara Moldova, Rumania
  • Barat: Negara Slovakia dan Polandia

Bentang Alam Ukraina

Sebagian besar landscape Ukraina berbentuk stepa yang subur serta dialiri oleh sungai-sungai besar. Salah satunya adalah Sungai Dneiper yang menjadi sungai paling panjang ke-3 di Eropa. Daerah aliran sungainya mencapai 518.000km² serta puluhan ribu danau kecil yang tersebar di seluruh bagian Ukraina.

Sebelah barat Daya Ukraina terdapat delta Sungai Donau yang juga menjadi perbatasan wilayah Ukraina dengan Negara Rumania. Wilayah Ukraina sebenarnya terdiri dari berbagai jenis fitur geografi, dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Namun Ukraina hanya memiliki 1 gunung, dan menjadi satu-satunya gunung di wilayah tersebut, yaitu Pegunungan Carpathian. Puncak tertingginya adalah Hora Hevorla yang terletak di ketinggian 2.061m.

Ukraina memiliki sejumlah daerah dataran tinggi. Sebelah barat ada dataran tinggi Vllolyn-Podillalia Upland serta Near-Dnipro Upland. Bagian sebelah Timur terdapat taji barat daya dataran tinggi Rusia Tengah. Dataran Tinggi Azov Dekat dan Punggung Bukit Donets bisa ditemukan di dekat Laut Azov.

Kondisi Iklim Ukraina

Ukraina masuk dalam ketegori zona iklim sedang, kecuali di pesisir selatan Krimea yang masuk sebagai zona iklim subtropis. Iklim di Ukraina ini dipengaruhi oleh udara yang agak hangat dan lembab dari Samudera Atlantik. Musim dingin di Ukraina relatif lebih ringan dan tidak ada rasa dingin yang berlebihan. Namun, salju tetap turun kecuali di wilayah bagian selatan. Sedangkan di musim panas biasanya agak panas dan kering, namun tetap turun hujan sekali-sekali.

Suhu rata-rata tahunan di Ukraina berkisar pada 5,5°-7°C di bagian utara Ukraina dan 11,0°-13,0°C di wilayah bagian selatan. Presipitasi tidak terjadi merata di seluruh wilayah. Titik tertingginya di bagian utara dan barat dan titik terendahnya di bagian tenggara dan Timur. Di bagian barat, terutama di Pegunungan Carpathia mendapatkan 1200mm per tahun. Di sisi lain, di kawasan pesisir Laut Hitam dan Krimea hanya menerima 400mm.

Keanekaragaman Hayati Ukraina

Ukraina memiliki keanekaragaman hayati yang cukup kaya. Terutama untuk beberapa spesies seperti jamur, mikroorganisme, hewan dan tumbuhan. Untuk kawasan zoologi di Ukraina sendiri dibagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama adalah spesies hutan yang berada di sebelah barat, bagian kedua adalah spesies padang rumput yang berada di sebelah timur.

Di wilayah hutan, spesies binatang yang banyak ditemui adalah serigala, lynx, beruang, berang-berang, hamster, goper dan beberapa binatang predator lainnya. Ukraina menjadi rumah bagi spesies fungi. Ada total 6.600 lebih spesies fungi, namun masih ada kemungkinan lebih banyak spesies fungi yang belum teridentifikasi.

Ekonomi Negara Ukraina

Di era Soviet, Ukraina menjadi negara terbesar kedua. Setelah Soviet bubar, Ukraina kemudian beralih dari sistem ekonomi terencana menjadi sistem ekonomi pasar. Namun, proses peralihan itu tidak berjalan dengan mudah karena Ukraina harus mengalami penurunan perekonomian yang parah. Hal ini membuat mayoritas penduduk masuk dalam kemiskinan.

Ukraina memiliki pendapatan domestik bruto (PDB) sebesar US$ 366,4 miliar. Dari jumlah ini, 14% diantaranya berasal dari sektor pertanian. Sedangkan pendapatan per kapita penduduknya sebesar US$ 8.700. Selain sektor pertanian, Ukraina juga mengandalkan sektor lain untuk menunjang perekonomiannya.

Sektor Pertanian

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, Ukraina mengandalkan sektor pertanian sebagai penunjang perekonomian utamanya. Letaknya strategis dengan beberapa sungai besar yang yang membuat daerahnya menjadi cukup subur. Komoditas pertanian utama yang dihasilkan di Ukraina adalah susu, daging sapi, biji-bijian, biji bunga matahari dan gula.

Sektor Industri

Ukraina juga mengandalkan sektor industri dalam meningkatkan perekonomiannya. Industri-industri yang menjadi penggerak perekonomian Ukraina diantaranya adalah industri mesin dan peralatan transportasi, batubara, logam besi, tenaga listrik, bahan-bahan kimia serta pengolahan makanan. Sedangkan komoditas ekspor yang paling diandalkan adalah ekspor biji-bijian.

Politik dan Pemerintahan Ukraina

Sistem pemerintahan yang diterapkan di Ukraina adalah pemerintahan Republik semi-Presidensial. Kepala negara yang menjabat jabatan tertinggi adalah Presiden yang dipilih melalui pemilihan secara langsung oleh rakyat dengan masa jabatan 5 tahun. Sedangkan untuk kepala pemerintahan yang menjabat adalah perdana menteri. Perdana menteri ini dipilih oleh parlemen dengan masa jabatan juga 5 tahun.

Parlemen

Parlemen di Ukraina disebut dengan Verkhovna Rada. Jumlah anggota parlemen yang mengisi adalah 450 orang. Dalam menjalankan pemerintahan, perdana menteri memang memegang jabatan tertinggi, namun dalam penunjukan menteri, presiden tetap memiliki hak, yaitu memilih menteri pertahanan dan luar negeri, dengan syarat tetap melalui persetujuan dari parlemen.

Lembaga Yudikatif

Ukraina memiliki lembaga Yudikatif yang terdiri dari Mahkamah Konstitusi. Fungsi salah satunya adalah untuk membatalkan undang-undang maupun akta-akta yang sebelumnya diterbitkan oleh Dewan Tertinggi Krimea, apabila ditemukan pelanggaran konstitusi. Sedangkan Mahkamah Agung merupakan tubuh utama di dalam sistem peradilan umum.

Demografi Negara Ukraina

Ukraina memiliki luas wilayah total sebesar 603.550 km². Luas ini adalah luas wilayah paling luas yang ada di daratan Eropa. Dengan luas wilayah sebesar ini, Ukraina memiliki jumlah penduduk kurang lebih sebesar 44. 033.874 jiwa berdasarkan estimasi pada tahun 2017. Jumlah ini juga menempatkan Ukraina sebagai negara dengan penduduk paling banyak di dunia pada posisi ke-32.

Pada tahun 2017, Ukraina mengalami pengurangan penduduk, hingga menyebabkan tingkat penduduknya berkurang drastis mencapai angka -0,41%. Hal ini disebabkan karena tingkat kematian penduduknya lebih besar dibandingkan dengan tingkat kelahirannya.

Wilayah yang ditempati oleh Ukraina juga dibagi menjadi 2 kategori, yaitu wilayah pedesaan dan perkotaan. Wilayah pedesaan terdiri dari pemukiman-pemukiman dan pedesaan. Sedangkan di wilayah perkotaan dibagi menjadi wilayah kota-kota serta pemukiman dengan tipe urban. Selain itu, dengan jumlah populasi penduduk sebesar itu, Ukraina juga memiliki keragaman suku dan agama di dalamnya. Berikut adalah penjelasannya.

Suku Bangsa / Etnis

Suku bangsa atau etnis yang teridentifikasi di Negara Ukraina tidaklah terlalu bervariasi. Berdasarkan data ada 2 suku bangsa yang teridentifikasi menghuni kawasan Ukraina, yaitu dominan etnis Ukraina dengan jumlah mencapai 77,8% dan diikuti dengan etnis Rusia yang menempati 17,3% dari total populasi yang ada.

Selain dua suku bangsa atau etnis mayoritas yang disebutkan di atas, ada pula beberapa etnis minoritas yang terdeteksi menghuni kawasan Ukraina. Diantaranya adalah etnis Belarusia dengan total 0,6%, Tatar Krimea 0,5%, Moldova 0,5%, Bulgaria 0,4%, Hungaria dan Rumania 0,3% dan beberapa etnis minoritas lainnya.

Agama

Hal yang hampir serupa juga berlaku pada agama yang dianut oleh penduduknya. Mayoritas penduduk Ukraina memeluk agama Kristen sebesar 81,9%. Dari jumlah ini masih dibagi lagi menjadi beberapa aliran Kristen yang dianut, yaitu 65,4% adalah ortodoks, Kristen 7,1% serta sejumlah 6,5% adalah Yunani Ritus Katolik dan Protestan sebesar 1,9%. Sisanya adalah penduduk beragam Islam sebesar 1.1%, diikuti dengan pengikut Hindu dan Yahudi masing-masing sebesar 0,2%. Sementara itu, sisanya sebesar 16,3% tidak mengidentifikasi agama yang dipeluknya.

Bahasa

Jika dilihat dari konstitusinya, bahasa yang digunakan penduduk Ukraina adalah Bahasa Ukraina. Namun, secara luasnya bahasa yang digunakan lebih banyak adalah Bahasa Rusia. Apalagi di daerah selatan dan timur ukraina. Survei di tahun 2001 juga menunjukkan hal serupa dimana sebesar 67,5% penduduk menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa ibu, dan bahasa keduanya adalah bahasa Rusia. Sisanya adalah penduduk yang menggunakan bahasa Tatar Krimea dan bahasa etnis lain.

Seni dan Budaya Ukraina

Budaya di Negara Ukraina tak bisa dilepaskan dari agama mayoritas yang dianut penduduknya, yaitu Kristen, terutama ortodoks. Budaya Ukraina yang terpengaruh oleh budaya barat dari negara di sekitarnya bisa dilihat dari musik, seni dan arsitekturnya.

Budaya Telur Paskah

Tradisi menghias telur paskah yang hingga saat ini populer di berbagai dunia tak bisa dilepaskan dari sejarah Ukraina. Di Ukraina sendiri proses menghias telur paskah dimulai dari pelukisan untuk membentuk pola dari lilin. Setelah itu baru dioleskan warna. Selanjutnya telur dicelupkan hingga membuat lapisan lilin mengelupas dan hanya menyisakan pola. Tradisi ini bahkan sudah berlangsung selama ribuan tahun bahkan bisa dibilang mendahului kedatangan Kristen di Ukraina.

Tulisan dan Seni Ukraina

Bidang tulisan dan seni Ukraina sangat terpengaruh oleh kedatangan komunisme. Kala itu, kebijakan realisme sosialis dibuat oleh Stalin di Uni Soviet. Kebijakan ini diumumkan bersamaan dengan diumumkannya dekret Rekonstruksi Organisasi Sastra dan Seni. Dampaknya sangat berpengaruh pada daya cipta.

Kemudian di tahun 1980 diperkenalkanlah glasnost atau keterbukaan pada penulis dan seniman sehingga para penulis dan seniman ini kembali bebas mengekspresikan perasaan dalam karya seni dan sastra.

Ukraina merupakan sebuah negara yang berada di Eropa Timur dengan sejarah pembentukan yang panjang. Penjelasan tentang profil negara Ukraina mulai dari sejarah, karakteristik geografi, kondisi politik dan ekonomi, persebaran dan demografi penduduk serta kebudayaannya diatas semoga bisa menambah wawasan Anda tentang negara-negara dunia, khususnya Ukraina.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel