Profil Negara Polandia [+Gambar Peta Lengkap]

profil negara polandia
Polandia (Poland) merupakan salah satu negara republik yang berada di Benua Eropa, tepatnya Eropa Tengah. Polandia termasuk negara yang kuat dan terkategorikan maju di kawasan tersebut, dengan pencapaian ekonomi yang paling besar kedelapan dan paling dinamis di antara Uni Eropa. Ibukota Polandia sekaligus kota terbesarnya ialah Warsawa. Berikut profil lengkap negara maju satu ini yang juga kaya situs warisan dunia.

Sejarah Negara Polandia

Sejarah Polandia cukup panjang dan kompleks karena terdapat banyak peristiwa penting yang diabadikan dalam dokumen sejarah. Dari masa kerajaan hingga terbentuknya republik sebagaimana bentuk negara hari ini, berikut peristiwa sejarah yang turut menyertai Polandia dari masa ke masa.

Awal Mula Kerajaan Polandia

Penduduk Polandia mempunyai akar sejarah yang sama dengan suku Slav. Di masa awal Abad Pertengahan, suku Slav mendirikan pemukiman permanen yang berkembang menjadi masyarakat awal. Kemudian memasuki abad ke-10, Wangsa Piast menjadi penguasa Polandia pertama.

Setelah itu Adipati Mieszko I yang wafat pada 992 mendapat kehormatan sebagai pendiri negara Polandia secara de facto meskipun pada masa itu masih berupa wilayah kerajaan. Mieszko juga dihormati sebagai penyegar agama Kristen Gereja Barat di Polandia. Pada 1025, Raja Boleslaw berkuasa kemudian selanjutnya Raja Kazimiers yang membawa Kerajaan Polandia mencapai masa kejayaan.

Persemakmuran Polandia-Lithuania

Usai pembentukan Persemakmuran Polandia-Lithuania tepatnya pada tahun 1596, selama dua abad negara ini mempunyai struktur masyarakat yang lebih beragam. Terdapat lebih banyak budaya, bahasa, dan agama, yang terjadi akibat akulturasi dan asimilasi. Persemakmuran ini utamanya terdiri atas tiga negara, yakni Polandia, Lithuania, Ruthenians.

Pada awalnya negara persemakmuran ini berada pada masa kejayaan sebagaimana era Polandia sebelumnya. Namun pada pertengahan abad 17 terjadi perang dan sistem politik yang kian terpuruk menyebabkan kemerosotan hingga berakhirlah persemakmuran Polandia-Lithuania diikuti pembagian wilayah pada tahun 1795.

Kembalinya Republik Polandia

Republik Polandia berdiri pada 1918. Kedaulatan sebagai negara merdeka pernah dihancurkan rezim Nazi dari Jerman dan Uni Soviet pada awal Perang Dunia II dalam invasi Polandia. Kekejaman Nazi termasuk melakukan genosida dan menggalakkan perbudakan memunculkan gerakan-gerakan revolusi yang kian banyak.

Negara Polandia yang telah mengalami pemusnahan beberapa etnis kembali berdiri pada 1945 dengan ciri keberagaman yang memudar. Usai Soviet memaksa muncur pasukan Nazi, peluang kemerdekaan Polandia semakin terbuka dan pada 1952 dikenal Republik Rakyat Polandia yang menjadi negara komunis. Barulah di akhir 1980-an, reformasi Polandia terus digulirkan dan melahirkan republik Polandia dengan sistem demokrasi parlementer.

Konstitusi Demokratis Polandia

Polandia sebagaimana hari ini telah menyelenggarakan sistem pemerintahan dengan menganut republik parlementer. Ini merupakan fase Republik Polandia ketiga yang terus berkembang menjadi negara modern sejak 1989. Polandia mengaplikasikan kapitalisme pada sistem perekonomian, dan liberalisme di segala aspek konstitusional.

Geografi Polandia

peta negara polandia
Gambar Peta Polandia.

Total wilayah negara Polandia secara keseluruhan seluas 312.685 kilometer persegi dengan berbagai kenampakan alam yang bervariasi. Polandia juga mempunyai berbagai spesies fauna endemik yang beberapa di antaranya merupakan jenis langka di dunia.

Letak dan Batas Wilayah

Secara astronomis, Polandia berada pada garis lintang 49° LU – 55° LU, serta melintang di garis bujur 14° BT – 25° BT. Posisi astronomis ini berpengaruh terhadap kondisi iklim dan zona waktu Polandia, sehingga mengikuti Waktu Eropa Tengah UTC+1 dan UCT+2 sebagai waktu musim panas.

Secara geografis, Polandia yang terletak di Eropa Tengah ini berbatasan langsung dengan Laut Baltik di sebelah barat laut yang membentang alami dari Teluk Pomerania sampai Teluk Gdansk. Perbatasan alami ini ditandai dengan bukit pasir dan beberapa bekas teluk yang terputus. Garis pantai barat laut ini sering disebut Laguna Laguna Szczecin.

Pada bagian barat Polandia berbatasan dengan negara Jerman tepatnya di Perbatasan Oder-Neisse, serta negara Ceko. Sementara itu di sebelah selatan berbatasan langsung dengan Slovakia. Polandia juga berbatasan dengan Lituania dan Rusia pada bagian timur laut, serta berbatasan dengan Ukraina dan Belarusia di sebelah barat yang ditandai Garis Curzon.

Topografi dan Keanekaragaman Hayati

Relief bumi Polandia sangat bervariasi karena mencakup area ekoregion. Deretan pegunungan membentang di sepanjang wilayah selatan, mulai dari Pegunungan Swietokrzyskie, Pegunungan Sudety, Pegunungan, Beskidy, dan Pegunungan Carpathian. Daerah tertinggi berada di Carpathian dengan Pegunungan Tatry yang memiliki sekitar 70 gunung setinggi 2.000 meter.

Polandia mempunyai dua sungai yang utama dan sudah digunakan sejak dulu kala. Pada awal masa navigasi, kelompok Viking bepergian dari Vistula ke Oder melalui jalur air dengan menggunakan perahu panjang. Demikian juga ketika Abad Pertengahan hingga awal masa modern, aktivitas distribusi pertanian dan logistik di Vistula dilakukan melalui jalur sungai.

Hutan Bialowieza yang terdapat di Polandia telah tercatat dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO karena menjadi habitat bagi sekitar 800 bison yang hidup secara liar. Selain itu, ada banyak jenis hewan dari berbagai spesies yang hidup di alam Polandia, seperti beruang coklat, lynx, serigala kelabu, berung, dan rusa. Polandia juga menjadi rumah untuk populasi bangau putih yang terbesar di penjuru Eropa.

Kondisi Iklim

Iklim yang dimiliki oleh Polandia adalah sedang. Sebagaimana negara beriklim sedang lainnya, Polandia mempunyai empat musim: musim semi, musim panas, musim gugur, musim dingin; yang bergilir dalam jangka waktu tertentu. Suhu rata-rata di negara ini terkategorikan hangat dan cukup lembap.

Pada musim panas, suhu rata-rata berkisar di angka 18°C hingga 30°C. Dalam rentang suhu ini udara masih relatif hangat dan tidak terlalu kering. Sementara itu ketika musim dingin lebih terasa kering dan tentu saja dingin. Suhu rata-rata musim dingin di daerah barat laut berkisar antara 3°C, sedangkan di timur laut sekitar –6°C.

Ekonomi Polandia

Perekonomian Polandia dapat dikatakan paling stabil dan sudah sangat maju dengan Pendapatan Domestik Bruto yang cukup tinggi. Berbagai sektor saling berkontribusi memajukan perekonomian nasional serta mengurangi angka pengangguran.

Aktivitas Perekonomian Polandia

Sebagai sebuah negara maju, Polandia mempunyai beberapa sektor yang menjadi bidang mata pencaharian masyarakat meliputi sektor jasa (67,3%), sektor industri (28,1%), dan sektor pertanian (4,7%). Pada tahun 2012 prosentasi pengangguran yang tercatat sekitar 9,9%, sedangkan tenaga kerja aktif mencapai 16,99 juta.

Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Polandia mencapai US$ 1,111 triliun, sedangkan pendapatan per kapita negara ini di tahun yang sama sebesar US$29.300,-. Beban utang yang ditanggung Polandia sebesar 47,5% pada 2009 dan ditaksir berkurang di tahun-tahun selanjutnya.

Perdagangan Luar Negeri

Polandia merupakan bagian dari Uni Eropa sekaligus World Trade Organization sehingga bisa lebih mudah dalam melakukan perdagangan di kancah internasional. Sektor ekspor Polandia yang terbanyak adalah mesin dan peralatan transportasi (34.4%), disusul manufaktur dan material (17,8%), kemudian bahan kimia (14,3%), dan bahan bakar mineral (10,7%), serta sektor tambahan lain (10,3%).

Selain ekspor, Polandia juga melakukan impor barang berupa mesin dan alat angkut (41,1%), bahan tambang (20,3%), bahan hasil olahan tambang (12,8%), makanan dan hewani (9,2%), dan bahan kimia (8,6%). Adapun negara-negara yang menjadi rekan dagang Polandia antara lain Jerman, Inggris, Perancis, Italia, dan Belanda.

Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Polandia merupakan negara yang mempunyai pendapatan nasional tertinggi dan terbesar keenam di jajaran Uni Eropa. Pertumbuhan ekonomi nasional pertahun mencapai 3% sejak tahun 2000. Bahkan pada tahun 2010, pertumbuhan ekonomi Polandia meningkat menuju angka 3.9% dan menjadi salah satu yang tertinggi di Eropa. Polandia menganut asas liberalisasi dalam sistem ekonominya, yang berarti memperbolehkan asas kebebasan.

Polandia juga mempunyai sektor perbankan yang sangat maju hingga menjadi yang terbesar di penjuru Eropa Tengah dan Timur. Di bawah wewenang negara, Poland Financial Supervision Authoriry turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional dan berkecimbung dalam dunia financial Eropa secara lebih terbuka.

Politik dan Pemerintahan Polandia

Polandia merupakan sebuah negara yang berbentuk republik demokratis dengan multipartai. Fungsi eksekutif dijalankan oleh presiden beserta perdana menteri. Presiden dipilih melalui pemilihan umum yang diselenggarakan sesuai konstitusi.

Pembagian Wilayah Administratif

Berdasarkan administratif, Polandia terbagi menjadi 16 provinsi yang disebut dengan istilah voivodeship. Masing-masing voiovodeship terdiri atas kabupaten (powiats), yang dibagi lagi atas kota madya (gminas). Berikut 16 voivodeship di Polandia:
Nama ProvinsiIbukota
West Pomeranian Zachodniopomorskie
Warmian-Masurian Warmińsko-Mazurskie
Świętokrzyskie Świętokrzyskie
Subcarpathian Podkarpackie
Silesian Śląskie
Pomeranian Pomorskie
Podlaskie Podlaskie
Opole Opolskie
Lubusz Lubuskie
Lublin Lubelskie
Lower Silesian Dolnośląskie
Łódź Łódzkie
Lesser Poland Małopolskie
Kuyavian-Pomeranian Kujawsko-Pomorskie
Greater Poland Wielkopolskie
Masovian Mazowieckie

Sistem Pemerintahan

Polandia merupakan sebuah negara yang berbentuk republik, yang dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Pemerintah pusat memberikan otonomi kepada masing-masing daerah, dengan menyerahkan wewenang administratif tingkat provinsi (voivodeship) kepada gubernur yang ditunjuk.

Di tingkat voivodeship terdapat majelis regional (sejmik) yang dipilih untuk menjalankan kewenangan. Selain itu ada pula marshal voivodeship yang merupakan seorang eksekutif pilihan majelis. Dengan sistem pemerintahan republik parlementer yang dianutnya, Polandia turut menyelenggarakan pemerintahan berbasis pembagian kekuasaan.

Politik Luar Negeri

Polandia tergabung dalam Uni Eropa, sekaligus menjadi anggota WTO yang merupakan persatuan dagang negara-negara di dunia dalam naungan United Nations (PBB). Polandia juga menjadi bagian Wilayah Schengen dan OECD. Polandia berada dalam blok NATO dan tergabung pula dengan Inisiatif Tiga Laut sekaligus Grup Visegard.

Demografi Polandia

Berdasarkan sensus yang dilakukan pada tahun 2017, diperoleh jumlah penduduk Polandia sekitar 38.476.269 jiwa dengan komposisi beragam. Berbagai suku bangsa yang tinggal di Polandia tidak bisa terlepas dari asal-usul dan sejarah negara ini.

Agama, Bahasa dan Etnis

Meninjau dari segi sejarah, agama Kristen yang berada di bawah naungan Gereja Katholik Roma masuk ke Polandia pada 966. Sejak saat itu Polandia menjadi negara yang mayoritas warganya memeluk agama Katholik (87%). Yohanes Paulus II merupakan orang Polandia-Slavia pertama yang menjadi Paus Katholik Roma pada tahun 1978 dan 2005.

Sebagian besar (hampir semua) masyarakat Polandia mempunyai bahasa ibu (native languange) bahasa Polandia. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Polandia. Meskipun demikian banyak pula penutur bahasa Inggris yang menggunakannya untuk beberapa situasi percakapan.

Berdasarkan sensus yang dilakukan tahun 2011, masyarakat Polandia terdiri atas etnis Polandia (96,88%), Silesian (1,13%), Kashubian (0,19%), Jerman (0,09%) dan Belarusia (0,09%). Adapun etnis minoritas yang terdapat di Polandia meliputi Romani, Lemkos, Armenia, Lithuania, Vietnam, Rusia, Yunani, Ceko, Slovakia, dan Yahudi Polandia.

Pendidikan

Sejarah mencatat sekian banyak orang Polandia yang turut berkontribusi dalam perkembangan keilmuan, khususnya bidang sains. Sebut saja Nicolaus Copernicus yang menggemparkan dunia dengan gagasan heliosentrisnya, Marie Curie yang menjadi perempuan pertama peraih nobel untuk bidang fisika dan kimia, serta ada pula antropolog terkenal Bronislaw Malinowski.

Pendidikan di Polandia terkategorikan maju dengan berbagai sekolah tinggi dan universitas yang telah mencetak banyak ilmuwan terkemuka. Universitas Warsawa merupakan salah satu pendidikan tinggi di Polandia yang mendapatkan peringkat tinggi di jajaran universitas terkemuka dunia.

Seni dan Budaya Polandia

Polandia mempunyai sejarah panjang yang menjadi poin penting dalam perkembangan dan kemajuan kebudayaan. Pada beberapa periode, Polandia bahkan menjadi pelopor munculnya seniman-seniman terkenal dunia misalnya Chopin dan Tamara de Lempicka.

Seni

Polandia dengan kebudayaan tingginya memiliki banyak seniman ternama dari berbagai genre dan aliran seni. Yang paling dikenal dan dihormati dunia internasional salah satunya Tamara de Lempicka dengan gaya Art Deco yang fenomenal. Lukisan karyanya diminati persona dan para selebritas terkenal di dunia.

Seni fotografi dan dokumenter di Polandia berkembang sejak 1960-an. Pada abad 19, seni modern Polandia beranjak dalam cakupan lebih luas melalui aliran formalis dan impresionis. Ada pula seniman Stanislaw Witkiewicz yang berada pada barisan realisme, serta Artur Grottger yang menggeluti romantisisme semasa hidupnya.

Musik

Polandia menjadi rumah bagi para musisi klasik masterpiece seperti Chopin, Paderewski, dan Rubinstein. Musik berkembang dalam berbagai genre, mulai dari musik klasik, musik modern, dan musik rakyat. Ada juga genre musik khas Polandia berupa disko polo dan puisi yang dinyanyikan.

Musik jazz dan metal banyak diminati masyarakat kontemporer. Karya-karya terkenal dari komposer Chopin menciptakan inovasi besar dalam bidang waltz, piano sonata, étude, prélude, impromptu, polonaise, nocturne, dan mazurek. Instrumental balade ini menjadi karya paling fenomenal dalam bidang musik klasik.

Olahraga dan Perfilman

Polandia telah maju dalam bidang olahraga, dan beberapa kali tercatat sebagai pemenang kompetisi olahraga dunia. Regu voli pria nasional Polandia berhasil membawa pulang medali emas FIVB Wordl Championship pada tahun 1974, 2014, serta 2018. Selain itu, Polandia juga mempunyai kompetisi sepak bola utama Ekstraklasa dengan 16 kesebelasan yang tergabung.

Industri perfilman Polandi tergolong berkembang sejak era film bisu semasa periode perang. Beberapa sutradara terkenal asal negara ini adalah Warner bersaudara, Max Fleischer, Samuel Goldwyn, Roman Polanski, dan masih banyak lainnya. Film-film produksi Polandia juga telah memenangkan piala Oscar Academy Award, seperti film “Ida” pada tahun 2005.

Kekayaan Kuliner

Sebagaimana masakan Eropa bagian Tengah pada umumnya, Polandia mempunyai beragam kuliner olahan daging, terutama ayam, daging babi, dan daging sapi. Selain itu ada pula aneka makanan sayur, dan menu mie yang terkenal dengan nama kluski. Ada pula sejenis sereal semacam kasza.

Makanan yang dikenal sebagai ciri khas Polandia antara lain roulade, pieczen roast, barszcz, rosól, dan lain-lain. Polandia juga mempunyai minuman alkohol tradisional yang dikonsumsi untuk menghangatkan saat musim dingin. Jenis minuman lain yang disukai masyarakat Polandia seperti susu asam, buttermilk, dan aneka jus.

Itulah profil lengkap negara Polandia yang bisa menambah wawasan seputar negara maju ini, mulai dari sejarah, geografi, kondisi ekonomi, politik dan pemerintahan, demografi, hingga kebudayaan. Semua informasi profil negara yang disajikan tersebut akan sangat berguna sebagai bahan untuk pembelajaran serta menambah pengetahuan umum berkaitan dengan negara Polandia.

Posting Komentar