Profil Negara Meksiko [+Gambar Peta Lengkap]

profil negara meksiko
Meksiko (Mexico) atau yang juga dikenal dengan nama Persatuan Negara-Negara Meksiko merupakan salah satu negara yang terletak di Benua Amerika, tepatnya di Amerika Utara di bagian selatan. Letak Meksiko berbatasan darat secara langsung dengan Negara Amerika Serikat. Meksiko sendiri merupakan negara di urutan ke-3 terbesar di Amerika Latin sekaligus negara dengan penutur Bahasa Spanyol terbesar. Untuk lebih mengenal tentang negara ini, berikut adalah ulasan profil Meksiko secara lengkap.

Sejarah Negara Meksiko

Meksiko menjadi salah satu negara yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah peradaban modern. Berbagai penelitian sejarah sudah membuktikan jika Meksiko sejak dahulu sudah menjadi negara dengan peradaban maju. Lebih jelasnya, berikut adalah sejarah perkembangan Meksiko.

Era Peradaban Suku Maya, Aztec dan Amerindian

Suku pertama yang dipercayai sebagai penghuni sekaligus peletak pertama peradaban di Meksiko adalah suku-suku yang sudah ada di negara ini, seperti Suku Maya, Aztec dan Amerindian. Suku-suku ini menguasai daratan Meksiko selama lebih dari 3000 tahun dan terkenal sebagai peradaban paling maju dikala itu.

Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya peninggalan suku-suku ini yang masih bisa ditemukan hingga saat ini. Beberapa diantaranya bahkan dinobatkan sebagai warisan dunia yang masih dilestarikan.

Era Kolonial Spanyol - Kemerdekaan

Meksiko kemudian mulai memasuki era kolonialisme oleh Spanyol pada awal abad ke-16. Dimulai dengan kekalahan Bangsa Aztec oleh Spanyol yang waktu itu dibawah pimpinan Hernan Cortez, era kolonial Meksiko pun dimulai sebagai Spanyol Baru. Kolonialisme ini berlangsung selama kurang lebih 3 abad lamanya.

Perang Kemerdekaan Meksiko menjadi awal sejarah baru kemerdekaan Meksiko atas Spanyol. Sebelum perang ini, kemerdekaan sudah dinyatakan di tahun 1810 oleh Miguel Hiralgo y Costilla. Peperangan untuk merebut kemerdekaan ini berlangsung cukup lama hingga berakhir di tahun 1821 dengan kemenangan Meksiko. Atas kemenangan ini, Meksiko pun menyatakan kemerdekaannya serta membentuk Kekaisaran Meksiko Pertama.

Pasca Kemerdekaan

Pasca deklarasi kemerdekaan Negara Meksiko serta pembentukan Kekaisaran Meksiko Pertama ini, semua negara di kawasan Amerika Tengah menyetujui untuk tidak bergabung dengan kekaisaran ini, kecuali Chiapas.

Kekaisaran Meksiko kemudian jatuh ke tangan pihak republikan. Republik pertama pun dibentuk dengan Presiden pertamanya adalah Guadalupe Victoria. Setelah itu terjadi pemberontakan oleh penduduk Texas dan Texan lain di kawasan Coahuila untuk menuntut kemerdekaan.

Pemberontakan ini terus berlanjut dengan pecahnya perang Alamo antara Texas dan Mexico. Penduduk di kawasan ini, yang notabene merupakan penjelajah berkebangsaan Inggris sebenarnya sudah membentuk Republik Texas. Hasil pemberontakan itu adalah kemerdekaan Texas pada akhir tahun 1836. Dengan kemerdekaan ini, wilayah Meksiko pun menjadi semakin kecil.

Serangan-Serangan Lain

Meksiko terus menghadapi serangan dari negara lain. Serangan pertama dilakukan oleh Amerika Serikat pada tahun 1840. Akibat serangan ini, Meksiko harus kehilangan wilayah cukup besar. Diantaranya adalah Arizona, New Mexico, Utah, Nevada dan Alta California.

Serangan selanjutnya terjadi pada tahun 1860-an oleh Perancis. Tujuan serangan ini adalah untuk menaikkan Ferdinand Maximillian, Archduke dari Austria yang juga mendapat bantuan dari golongan Creole dan pendeta Katolik. Pemberontakan terus terjadi di Meksiko selepas kematian Juarez selama 30 tahun. Dimulai dari pemberontakan Meksiko di tahun 1910.

Geografi Negara Meksiko

peta meksiko
Gambar Peta Meksiko.

Secara geografis, Meksiko terletak di Benua Amerika, tepatnya di sebelah selatan dari Amerika Utara. Negara ini berbatasan langsung dengan Amerika Serikat. Luas wilayah Meksiko mencapai 1.958.201 km². Meksiko memiliki karakteristik geografi yang berbeda dengan negara lain di Amerika Utara. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Letak Astronomis dan Batas Wilayah

Dilihat secara astronomis, Meksiko terletak pada garis 6° - 34°LU dan 86° - 118°BB. Secara geografis, Negara Meksiko berbatasan langsung dengan beberapa negara serta kenampakan alam lainnya. Berikut adalah batas wilayah Negara Meksiko:
  • Utara: Negara Amerika Serikat
  • Selatan: Guatemala, Belize, Samudera Pasifik dan Laut Karibia
  • Barat: Samudra Pasifik
  • Timur: Teluk Meksiko

Bentang Alam

Bentang alam Meksiko sebagian besar didominasi oleh jajaran pegunungan. Ada Sierra Madre Occidental di barat, Cordillera Neovolcanica di tengah, Sierra Madre Oriental di sebelah Timur, serta Sierra Madre del Sur di sebelah selatan. Wilayah sebelah Timur Meksiko merupakan Plato berupa tanah liat dan tanah gamping.

Bagian barat terdiri dari bukit-bukit serta batuan vulkanis. Sedangkan di bagian selatan berupa plato dan disekat oleh pegunungan yang masih menunjukkan kegiatan vulkanis aktif. Gunung tertinggi di negara Meksiko ini adalah Gunung Orizba dengan ketinggian 5.700 meter. Bagian utara dan Plato Tengah adalah kawasan yang kering.

Di bagian utara ini tidak terdapat sungai dan mayoritas bentang alamnya adalah dataran rendah. Dataran rendah pantainya membentang dari Rip Grande hingga ke Semenanjung Yukatan. Sedangkan dataran rendah Pantai Pasifik adalah dataran rendah tang relatif sempit serta berbukit-bukit.

Kondisi Iklim

Meksiko merupakan negara dengan kondisi iklim yang bervariasi. Mayoritas mengalami dua musim yaitu musim panas dan musim hujan. Mus hujan terjadi antara bulan Juni-September dan musim panas terjadi antara bulan Oktober-April. Curah hujannya cenderung lebih rendah di daerah pedalaman dan di bagian utara. Sedangkan curah hujan tinggi terjadi di Semenanjung Yucatan, pesisir timur dan di selatan.

Ekonomi Negara Meksiko

Dari segi ekonomi, Meksiko mengalami pertumbuhan ekonomi cukup besar, yaitu 2% setia tahun semenjak tahun 2013. Produk Domeatik Bruto (PDB) Meksiko pada tahun 2016 jika dilihat dari paritas daya belinya mencapai angka US$ 2,307 triliun. Sedangkan pendapatan perkapitanya adalah US$ 18.900. Melalui kesepakatan Free Trade Agreements, Meksiko bisa melakukan perdagangan bebas.

Perekonomian Meksiko bergantung pada beberapa sektor. Sektor perekonomian andalannya adalah pertambangan. Sebelum Perang Dunia II, perekonomian Meksiko bergantung pada sektor pertanian. Namun, setelah perang dunia beralih menjadi pertambangan.

Pertambangan

Meksiko merupakan negara yang memiliki sumber daya minyak bumi yang melimpah, bahkan pernah menjadi negara penghasil minyak terbesar ke 10 di dunia. Selain minyak bumi, Meksiko juga menjadi negara penghasil perak terbesar sekaligus pengekspor paling penting di dunia. Daerah di Meksiko yang menghasilkan perak diantaranya, Taxco, Pachuza, Guanajuato, dan San Luis Potosi.

Sedangkan untuk minyak bumi, cadangan terbesarnya berada di sepanjang Teluk Meksiko. Selain itu, di wilayah bagian selatan Veracruz juga banyak ditemukan belerang. Hasil tambang lain yang ditemukan di Meksiko adalah uranium, mangan, flour, timah dan seng.

Pertanian

Selain pertambangan, Meksiko juga menggantungkan perekonomiannya dari hasil pertanian. Dari seluruh wilayah di Meksiko, lima belas persen dari keseluruhan wilayah tersebut bahkan digunakan untuk pertanian. Kegiatan pertanian di Meksiko mayoritas dilakukan di daerah di sekitar Plato Tengah.

Daerah ini merupakan daerah vulkanis yang sangat subur, ditambah lagi dengan curah hujan yang tinggi membuatnya cocok dijadikan lahan pertanian. Sektor pertanian di Meksiko ini dikerjakan secara kolektif. Artinya, lahan pertanian itu dikerjakan oleh sekelompok penggarap tanah.

Peternakan, Industri, dan Pariwisata

Pada sektor peternakan banyak dilakukan di Pegunungan Mesa. Jenis hewan yang dikembangkan untuk sektor pertanian ini juga bervariasi, mulai dari kuda, unggas, dan babi. Sedangkan untuk peternakan dengan skala yang lebih besar banyak dilakukan di bagian utara.

Sektor industri juga menjadi sektor andalan penopang perekonomian Meksiko. Industri utama dan yang paling diandalkan di Meksiko adalah industri baja dan tekstil. Industri Baja banyak terdapat di daerah Las Truchas, Monterey, dan Toluca. Sedangkan untuk industri tekstil beserta bahan dasar kapas berpusat di Meksiko dan Puebla. Industri lain yang berkembang di Meksiko antara lain industri karet, pengolahan minyak bumi, barang-barang kimia, serta barang-barang elektronik.

Meksiko juga terus berupaya mengembangkan devisa negaranya melalui sektor pariwisata. Wisatawan yang berkunjung ke Meksiko mayoritas berasal dari Amerika Serikat, Jerman, Prancis dan Belanda. Objek wisata terkenal di Meksiko yang banyak dikunjungi wisatawan antara lain Puerto Nalliarta, Acapulco dan Pantai Baja California.

Politik dan Pemerintahan Meksiko

Bentuk Negara Meksiko

Negara Meksiko memiliki ibukota negara di Mexico City. Seperti yang sedikit disebutkan sebelumnya, Meksiko yang memiliki nama lengkap Persatuan Negara-Negara Meksiko ini berbentuk Republik Federal Presidensil. Yang dimaksud dengan sistem pemerintahan republik federal presidensil ini adalah sistem pemerintahan dimana di dalamnya terdiri dari persekutuan berbagai negara bagian.

Kepala Negara dan kepala pemerintahan dari sistem pemerintahan ini adalah sama-sama presiden. Presiden ini dipilih secara langsung melalui pemilihan umum setiap 6 tahun sekali. Presiden memegang kekuasaan eksekutif di negara ini.

Lembaga Legislatif

Dalam sistem pemerintahan ini juga terdapat lembaga pemerintahan legislatif. Lembaga legislatif di negara ini terdiri dari Dewan Rakyat dan Senat. Sama seperti presiden, anggota senat juga dipilih untuk masa jabatan 6 tahun. Sedangkan untuk dewan rakyat dipilih dengan masa jabatan 3 tahun.

Di Meksiko, Mahkamah Agung merupakan sebuah badan yang sifatnya independen. Badan ini berkuasa untuk mengendalikan kekuasaan eksekutif yang sedang berjalan. Sementara itu, pada setiap negara bagian terdapat pengadilan tinggi yang bertugas untuk menyelidiki berbagai perkara, baik itu pidana maupun perdata. Karena itu, agar pengaturan pemerintahan menjadi semakin mudah, Meksiko kemudian dibagi menjadi 31 negara bagian, dimana masing-masing merupakan kesatuan otonom.

Hubungan Luar Negeri

Sama seperti negara lain, Meksiko juga butuh melakukan kerja sama luar negeri. Kerja sama luar negeri yang dilakukan Meksiko bisa dilihat dari keaktifan Meksiko dalam keanggotaan PBB. Selain tergabung sebagai anggota PBB, Meksiko juga tergabung dalam lembaga-lembaga lain di bawah naungan PBB. Meksiko juga tergabung dalam organisasi dunia lainnya seperti OECD, G20 dan APEC.

Demografi Negara Meksiko

United Mexican States atau yang juga dikenal dengan Meksiko memiliki jumlah penduduk 123.166.749 jiwa. Dengan jumlah populasi penduduk sebesar ini menempatkan Meksiko sebagai negara dengan penduduk terbanyak ke-11 di dunia. Jumlah populasi penduduk ini terbagi dalam berbagai etnis dan suku serta kelompok lainnya. Lebih jelasnya, berikut adalah rincian demografi penduduk Meksiko.

Suku / Etnis

Meksiko sebenarnya merupakan negara yang multi etnis. Namun, akibat pasca revolusi akhirnya membuat pemerintah Meksiko menyatukan semua masyarakat non-pribumi menjadi satu etnis tunggal, Mestizo. Akibatnya, sejak tahun 1930 klasifikasi etnis yang dikenal di Meksiko hanya 'masyarakat adat'.

Survei yang kemudian dilakukan oleh pemerintah Meksiko menunjukkan sejumlah 62% adalah etnis Mestizo (Amerindian-Spanish). Selanjutnya diikuti dengan Amerindian Predominantly sejumlah 21%, Amerindian 7% dan etnis lainnya 10% yang mayoritas merupakan etnis Eropa.

Agama

Berdasarkan sensus yang dilakukan oleh Instituto Nacional de Estadistica menunjukkan mayoritas penduduk Meksiko adalah beragama Katolik Roma, yaitu sebesar 83%. 10% dari jumlah populasi tersebut adalah denominasi Kristen, yang terdiri dari Evangelicals, Pentakosta, Protestan dan lain lain sebagainya. Sisanya adalah penduduk non Kristen dan tidak memiliki agama.

Bahasa

Meksiko menggunakan bahasa resmi Spanyol. Namun selain itu, pada kenyataannya ada lebih dari 40 bahasa kecil yang digunakan masyarakat. 23% masyarakat aslinya menggunakan bahasa Nahuati yang merupakan bahasa kaum Aztec untuk berkomunikasi. 14% penduduk yang merupakan orang Indian menuturkan Bahasa Maya. Serta masih ada beberapa bahasa penduduk lainnya.

Seni dan Budaya Meksiko

Meksiko sejak jaman dulu sudah dikenal sebagai pusat peradaban yang maju. Suku Aztec dan Suku Maya yang menetap di wilayah Meksiko adalah contoh majunya peradaban dan kebudayaan modern pada masa itu. Kebudayaan Indian sebagai kebudayaan asli harus tergantikan oleh kebudayaan barat Eropa. Beberapa kebudayaan Meksiko adalah sebagai berikut.

Arsitektur

Ada sekitar 29 situs arsitektur di Meksiko yang bahkan sudah masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Sebagian besar merupakan arsitektur yang berkaitan dengan sejarah negara itu sendiri. Asrsitektur Mesoamerika adalah arsitektur yang terkenal dari Meksiko. Arsitektur bergaya Mesoamerika ini sendiri terbagi menjadi 3 era, yaitu era Pre Classic, Classic dan Post Classic.

Perkembangan arsitektur di Meksiko kemudian dilanjutkan dengan gaya kolonial seiring dengan datangnya Spanyol ke Meksiko. Setelah Revolusi Meksiko, arsitektur pun ikut berkembang dengan menggabungkan elemen-elemen bergaya Meksiko dan Eropa serta Amerika Utara dan membentuk karya arsitektur modern.

Sastra

Karya sastra Meksiko bersumber dari karya sastra asli dari pemukim yang berasal dari Mesoamerika. Sedangkan untuk karya sastra Meksiko modern sangat dipengaruhi oleh konsep-konsep yang dibawa oleh Spanyol. Penyair terkenal dari era sastra Mesoamerika adalah Netzahualcoyoti. Sedangkan penyair-penyair dan penulis sastra modern Meksiko yang terkenal juga cukup banyak seperti Juqn Ruiz de Alarcon, Alfonso Reyes dan banyak lagi lainnya.

Kuliner

Meksiko juga terkenal dengan kulinernya yang khas. Kuliner Meksiko terkenal sebagai kuliner perpaduan antara kuliner penduduk asli Meksiko dengan kuliner Eropa. Kuliner tradisional Meksiko biasanya terbuat dari bahan dasar jagung, daging babi, ayam, kacang, kentang, paprika, tomat dan beberapa bahan khas Meksiko lainnya. Makanan populer Meksiko diantaranya tacos, burrito, atole, tamales dan makanan lainnya.

Sedangkan untuk minuman panas dengan rasa coklat dan kayu manis, yang dibuat dengan campuran air atau susu dicampur hingga kemudian menjadi frothed. Pembuatannya juga masih sederhana dengan alat tradisional yang terbuat dari kayu bernama milinilo. Meksiko juga terkenal dengan minuman beralkoholnya seperti tequila, pulque dan mescal.

Nah, demikian tadi penjelasan lengkap tentang profil Negara Meksiko. Sejarah dan kebudayaan yang membentuk negara ini terbukti dan diakui sebagai kebudayaan yang sudah maju bahkan sejak dulu. Melihat dari sejarahnya, Meksiko juga pernah mengalami era kolonialisme yang kemudian membawa pengaruh pada kebudayaan modern negara ini. Karena asimilasi kebudayaan ini bahkan harus menghilangkan kebudayaan asli, yaitu kebudayaan Indian yang terkenal sebagai kebudayaan yang tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel