Musim Dingin : Ciri-Ciri dan Faktanya

Apa itu musim dingin? - Musim dingin atau musim salju termasuk ke dalam empat musim yang terjadi pada negara-negara beriklim sedang dan subtropis. Jika musim dingin tiba maka suhu di daerah yang mengalaminya akan terasa sangat dingin.

Lihat juga: Pengertian Iklim Tropis

Musim dingin disebut juga sebagai musim salju karena sebagian besar negara yang mengalami musim dingin akan turun salju. Agar Anda paham mengenai apa itu musim dingin, berikut ini ada beberapa fakta dan ciri-ciri dari musim dingin.

Fakta Tentang Musim Dingin

Untuk lebih mengenal musim dingin, Anda harus mengetahui beberapa fakta populer tentang musim yang satu ini. Berikut ini beberapa 7 fakta seputar musim dingin yang harus Anda ketahui.
  1. Di bagian utara bumi, musim dingin dimulai sejak tanggal 21 Desember sampai dengan tanggal 21 Maret. Sedangkan bagian selatan bumi mengalami musim dingin sejak tanggal 21 Juni hingga 23 September.
  2. Dalam bahasa Inggris musim dingin atau musim salju disebut dengan Winter.
  3. Ketika musim dingin banyak orang yang melakukan olahraga seperti ski, ice skating, snowboard, dan lain sebagainya.
  4. Musim dingin merupakan peralihan dari musim gugur ke musim semi.
  5. Jika tidak berdiam diri di rumah, warga yang merasakan musim dingin akan keluar dengan pakaian sangat tebal. Karena suhu di musim dingin benar-benar sangat dingin.
  6. Pada musim dingin mayoritas wilayah negara mengalami hujan salju atau es, namun ada beberapa negara yang tidak mengalaminya. Yunani, Portugal, dan Spanyol merupakan negara-negara Eropa dengan suhu terhangat ketika musim dingin. Salju yang turun di negara-negara tersebut terjadi dengan intensitas ringan dan tidak tebal.
  7. Di negara-negara dengan musim dingin yang parah, orang-orang akan menyimpan makanan dan minuman hangat dalam jumlah yang banyak jauh-jauh hari sebelum suhu turun.

Lihat juga: Kondisi Geografis Pulau Jawa

Ciri-Ciri Musim Dingin

Setelah mengetahui berbagai fakta mengenai musim dingin, selanjutnya Anda harus mengetahui ciri-cirinya agar paham apa itu musim dingin. Berikut ini ciri-ciri musim dingin secara lengkap.

1. Hawa di Musim Dingin adalah 20% Panas dan 80% Dingin
Saat musim dingin, tentu saja hawa dingin akan lebih terasa dibandingkan dengan hawa panas. Perbandingan hawa dingin dan hawa panas yang terjadi adalah 80:20. Jika terjadi cuaca ekstrim hawa bisa terasa jauh lebih dingin.

2. Hewan-Hewan Tidak Ada yang Keluar dari Sarangnya
Datangnya musim dingin juga bisa diketahui lewat tingkah laku hewan. Mayoritas hewan tidak akan keluar jika musim dingin datang. Entah beraktivitas di sarang atau melakukan hibernasi. Ada beberapa jenis hewan yang melakukan migrasi juga di musim ini.

3. Mulai Turun Salju
Salju merupakan awal datangnya musim dingin setelah sebelumnya suhu yang mulai menurun. Bahkan saat cuaca ekstrim ada beberapa negara yang terjadi badai salju.

musim dingin

4. Tumbuhan Mulai Rotok dan Gundul
Tumbuhan yang rontok di musim gugur akan mulai gundul dan tertutupi salju di musim dingin. Rontok dan gundul terjadi karena tumbuhan tidak bisa menahan hawa dingin yang ekstrim.

5. Terjadi Fenomena Aurora Di Langit
Saat musim dingin, terkadang muncul fenomena aurora di langit-langit. Banyak juga orang yang menyukai fenomena ini.

Itulah informasi yang bisa diberikan berkaitan dengan apa itu musim dingin mulai dari fakta-fakta hingga ciri-cirinya. Jika Anda ingin merasakan musim dingin dengan salju terbaik, kunjungi negara-negara seperti Swiss, Turki, Jerman, California, dan masih banyak lagi negara lain. Semoga sedikit informasi yang diberikan tersebut dapat berguna untuk Anda yang penasaran dengan musim dingin.

Musim Dingin : Ciri-Ciri dan Faktanya