Daftar Sungai Terpanjang di Benua Afrika dan Negara yang Dilewatinya

Sungai Terpanjang di Benua Afrika - Benua Afrika adalah salah satu benua besar yang ada di dunia. Benua Afrika memiliki beragam fitur alam, salah satunya adalah sungai. Meskipun terkenal memiliki tanah yang kering, Afrika sesungguhnya memiliki banyak sungai yang mengaliri wilayah-wilayahnya. Sebagai fakta bahwa sungai-sungai di Benua Afrika banyak masuk dalam daftar sungai terpanjang di dunia.

Jumlah sungai di Benua Afrika cukup banyak dan memiliki karakteristik khas yang mudah diingat oleh orang. Keindahan sungai di benua ini dapat membuat orang terkagum-kagum. Berikut Daftar 10 Sungai Terpanjang di Afrika yang berhasil di rangkum Geologinesia.
# Nama Sungai Panjang (km) Negara yang Dilewati
1. Sungai Nil 6.650 Mesir, Sudan, Sudan Selatan, Burundi, Rwanda, Tanzania, Uganda, Kenya, Zaire, dan Ethiopia
2. Sungai Kongo 4.700 RD Kongo, Rwanda, Gabon, Zambia, Tanzania, Republik Afrika Tengah, Burundi, Kamerun, dan Angola
3. Sungai Niger 4.180 Niger, Guinea, Mali, Benin, dan Nigeria
4. Sungai Nil Putih 3.700 Sudan Selatan dan Sudan
5. Sungai Zambezi 2.574 Zambia, Namibia, Zimbabwe, Botswana, dan Mozambique
6. Sungai Orange 2.200 Afrika Selatan, Lesotho, dan Namibia
7. Sungai Kasai 2.153 Angola, RD Kongo
8. Sungai Lualaba 1.800 Kongo
9. Sungai Kwango 1.770 RD Kongo, Angola
10. Sungai Limpopo 1.750 Botswana, Afrika Selatan, Mozambik, dan Zimbabwe

Berdasarkan daftar diatas Setidaknya terdapat 4 sungai yang memiliki panjang luar biasa (lebih dari 3 ribu kilometer). Saking panjangnya, sungai tersebut sampai melewati banyak negara.

Untuk lebih mengenal sungai besar yang ada di Benua Afrika, berikut uraian singkat karakteristik dari 4 sungai terpanjang di Benua Afrika (S.Nil, S.Kongo, S.Niger, dan S.Nil Putih).

Sungai Nil

sungai di benua afrika
Kenampakan Sungai Nil di negara Ethiopia.
Sungai Nil tidak hanya masuk dalam sungai terpanjang di Afrika, tetapi juga salah satu dari sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil mengalir dan melewati berbagai macam daerah sejauh 6650 km. Urutan aliran ini mengalir ke danau Victoria, danau Albert, sungai Nil Putih, sungai Nil Biru, dan induk sungai Nil.

Hilir sungai Nil menuju ke Laut Tengah. Di sungai Nil terbentuk delta Nil yang berawa. Delta tersebut disinyalir menutup beberapa cabang sungai Nil sehingga cabang sungai menjadi mengecil atau bahkan lenyap.

Lihat juga: Daftar Sungai Terpanjang di Asia

Sungai Kongo

sungai besar di benua afrika
Kenampakan Sungai Kongo di Afrika Tengah.
Sungai Kongo merupakan sungai terpanjang kedua di Afrika dan terbesar di Afrika Tengah. Sungai Kongo mengalir sepanjang 4700 km dengan kedalaman 220 m. Muara sungai berakhir ke Samudera Atlantik. Nama Kongo diambil dari Kerajaan Kongo. Pemerintah Zaire menyebut sungai Kongo sebagai sungai Zaire.

Sungai Kongo juga melewati hutan hujan terbesar di dunia. Bentuk sungai Kongo sangat unik. Sungai Kongo meliuk-liuk mulai hulu sampai ke hilir. Ngarai di sekitar sungai Kongo dikenal sebagai ngarai yang panjang dan dijuluki sebagai Gates of Hell.

Lihat juga: Daftar Sungai Terpanjang Benua di Eropa

Sungai Niger

sungai terpanjang di afrika
Kenampakan Sungai Niger di negara Mali.
Sungai terpanjang ketiga di Benua Afrika adalah sungai Niger. Panjang sungai Niger mencapai 4180 km. Hulu sungai berada tidak jauh dari Samudera Atlantik dan mengalir menjauhi Gurun Sahara. Sungai Niger berhilir ke delta Niger dan bermuara ke Teluk Guinea.

Delta Niger berada di bebatuan kuno yang sedikit melepaskan endapan sehingga menghasilkan sungai yang cukup jernih. Karakteristik khusus sungai Niger adalah delta Pedalaman Niger yang terbentuk di lereng sungai yang mematah (patahan). Akibatnya terdapat aliran arus seperti jalinan pita, rawa-rawa, dan danau.

Lihat juga: Daftar Sungai Terpanjang di Pulau Jawa

Sungai Nil Putih

Nil Putih merupakan anak sungai Nil. Panjangnya mencapai 3700 km. Sumber mata air sungai Nil Putih adalah danau Victoria yang merupakan danau terbesar di benua Afrika.

Sungai Nil Putih melewati 2 kota dari 2 negara yaitu Khaotum dan Juba. Ciri khas sungai Nil Putih adalah airnya terasa asin sehingga menyebabkan ikan yang hidup di dalamnya juga terasa asin. Aliran sungai Nil Putih tidak deras.

Itulah daftar sungai terpanjang di Benua Afrika. Kondisi geografis di Afrika dan setting geologinya sangat berperan menciptakan morfologi yang unik pada semua sungai disana. Seperti di benua lainnya, sungai di Afrika juga menjadi sebuah keajaiban alam yang harus selalu dijaga kelestariannya.
Komentar