Daftar Sungai Terpanjang di Benua Afrika dan Negara yang Dilewatinya

Sungai Terpanjang di Benua Afrika - Benua Afrika adalah salah satu benua besar yang ada di dunia. Benua Afrika memiliki beragam fitur alam, salah satunya adalah sungai. Meskipun terkenal memiliki tanah yang kering, Afrika sesungguhnya memiliki banyak sungai yang mengaliri wilayah-wilayahnya. Sebagai fakta bahwa sungai-sungai di Benua Afrika banyak masuk dalam daftar sungai terpanjang di dunia.

Jumlah sungai di Benua Afrika cukup banyak dan memiliki karakteristik yang mudah diingat oleh orang. Keindahan sungai-sungainya dapat membuat orang terkagum-kagum. Setidaknya terdapat 4 sungai yang memiliki panjang luar biasa. Saking panjangnya, sungai tersebut sampai melewati beberapa negara. Untuk lebih mengenal dekat sungai di Benua Afrika, berikut uraian singkat mengenai 4 sungai terpanjang di Benua Afrika yang harus Anda ketahui.

1. Sungai Nil
Sungai Nil tidak hanya masuk dalam sungai terpanjang di Afrika, tetapi juga salah satu dari sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil mengalir dan melewati berbagai macam daerah sejauh 6650 km. Urutan aliran ini mengalir ke danau Victoria, danau Albert, sungai Nil Putih, sungai Nil Biru, dan induk sungai Nil.

Hilir sungai Nil menuju ke Laut Tengah. Di sungai Nil terbentuk delta Nil yang berawa. Delta tersebut disinyalir menutup beberapa cabang sungai Nil sehingga cabang sungai menjadi mengecil atau bahkan lenyap.

Nama Sungai Negara yang Dilewati
1. Sungai Nil Mesir, Sudan, Sudan Selatan, Burundi, Rwanda, Tanzania, Uganda, Kenya, Zaire, dan Etiopia. Mata air sungai Nil berasal dari Burundi dan Rwanda
2. Sungai Kongo Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Rwanda, Gabon, Zambia, Tanzania, Republik Afrika Tengah, Burundi, Kamerun, dan Angola
3. Sungai Niger Niger, Guinea, Mali, Benin, dan Nigeria
4. Sungai Nil Putih Sudan Selatan dan Sudan

2. Sungai Kongo
Sungai Kongo merupakan sungai terpanjang kedua di Afrika dan terbesar di Afrika Tengah. Sungai Kongo mengalir sepanjang 4700 km dengan kedalaman 220 m. Muara sungai berakhir ke Samudera Atlantik. Nama Kongo diambil dari Kerajaan Kongo. Pemerintah Zaire menyebut sungai Kongo sebagai sungai Zaire.

Sungai Kongo juga melewati hutan hujan terbesar di dunia. Bentuk sungai Kongo sangat unik. Sungai Kongo meliuk-liuk mulai hulu sampai ke hilir. Ngarai di sekitar sungai Kongo dikenal sebagai ngarai yang panjang dan dijuluki sebagai Gates of Hell.

3. Sungai Niger
Sungai terpanjang ketiga di Benua Afrika adalah sungai Niger. Panjang sungai Niger mencapai 4180 km. Hulu sungai berada tidak jauh dari Samudera Atlantik dan mengalir menjauhi Gurun Sahara. Sungai Niger berhilir ke delta Niger dan bermuara ke Teluk Guinea. Delta Niger berada di bebatuan kuno yang sedikit melepaskan endapan sehingga menghasilkan sungai yang cukup jernih.

Karakteristik khusus sungai Niger adalah delta Pedalaman Niger yang terbentuk di lereng sungai yang mematah. Akibatnya terdapat aliran arus seperti jalinan pita, rawa-rawa, dan danau.

4. Sungai Nil Putih
Nil Putih merupakan anak sungai Nil. Panjangnya mencapai 3700 km. Sumber mata air sungai Nil Putih adalah danau Victoria yang merupakan danau terbesar di benua Afrika (lihat disini: danau terbesar di dunia).

Sungai Nil Putih melewati 2 kota dari 2 negara yaitu Khaotum dan Juba. Ciri khas sungai Nil Putih adalah airnya terasa asin sehingga menyebabkan ikan yang hidup di dalamnya juga terasa asin. Aliran sungai Nil Putih tidak deras.

Itulah daftar 4 sungai terpanjang di Benua Afrika. Sungai-sungai tersebut menjadi keajaiban alam yang harus dijaga keasriannya.

Daftar Sungai Terpanjang di Benua Afrika dan Negara yang Dilewatinya