Daftar Sungai Terpanjang di Benua Asia

Sungai adalah wilayah perairan di darat berbentuk memanjang yang mengalir secara terus menerus. Di dunia, ada banyak sungai yang terkenal panjang dan besar. Muara sungai dikenal dengan sebutan hilir, sementara sumber sungai adalah hulu. Di benua Asia, ada banyak sungai dengan panjang mencapai ribuan kilometer. Sungai terpanjang di asia memang tersebar di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, sungai yang paling panjang adalah Sungai Kapuas.

Baca juga: Sungai Terbesar di Indonesia

Di belahan bumi terdapat sungai-sungai panjang yang indah. Selain itu, sungai juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai jalur kapal atau perahu untuk menyeberang ke daerah lain. Untuk Anda yang penasaran dimana saja sungai terpanjang di asia, dibawah ini adalah ulasan lengkapnya.

1. Sungai Yangtze, Cina

Sungai terpanjang di asia selanjutnya adalah Sungai Yangtze yang ada di negara Cina. Aliran sungai Yangtze memiliki panjang sampai dengan 6300 kilometer. Luar biasa panjang bukan? Muara sungai ini ada di Laut Cina Selatan. Sungai terpanjang ini juga dikenal dengan nama sungai Yangzi. Namun nama Yangtze adalah nama pertama yang didengar oleh orang-orang dari negara luar. Sehingga Yangtze lah nama yang digunakan untuk sungai panjang di Cina ini.

Sungai Terpanjang di Asia
Gambar Sungai Yangtze, salah satu sungai terpanjang di Benua Asia.

2. Sungai Huang Ho, China

Sungai Huang Ho adalah sungai kedua paling panjang yang ada di Cina. Sungai ini berada di Cina Utara. Huang Ho memiliki panjang aliran sampai dengan 5.464 kilometer. Muara sungai ini ada di Laut Bohai. Melihat panjang alirannya tersebut, tidak mengherankan jika Huang Ho masuk dalam jejeran sungai terpanjang di asia.

Baca juga: Rantai Makanan di Sungai

3. Sungai Mekong, Vietnam

Vietnam memiliki sungai yang sangat panjang. Sungai ini dikenal dengan nama Sungai Mekong. Saking panjangnya sungai ini melewati sampai dengan 6 negara yang ada di benua Asia, seperti Myanmar, Laos, Cina, Vietnam, Thailand dan Kamboja. Sungai Mekong memiliki panjang sekitar 4.350 sampai dengan 4.909 kilometer. Masing-masing negara yang dilewati memiliki nama tersendiri untuk menyebut Sungai Mekong. Muara sungai mekong ada di Laut Cina Selatan.


4. Sungai Lena

Sungai Lena memiliki panjang aliran sungai sampai dengan 4400 kilometer. Sungai ini berada di Negara Rusia yang ada masuk dalam Bagian Asia. Muara Sungai Lena adalah Laut Laptev yang kemudian mengalir di Samudera Arktik. Gunung Bakai adalah sumber Sungai Lena.

5. Sungai Irtysh

Sungai dengan aliran terpanjang selanjutnya adalah Sungai Irtysh. Sungai ini mengaliri 4 negara sekaligus yaitu China, kazakhstan, Mongolia dan Rusia. Dikenal sebagai salah satu sungai terpanjang yang ada di benua Asia, sungai Irtysh memiliki panjang aliran sebesar 4248 kilometer. Aliran sungai Irtysh akan bermuara pada Teluk Ob.

6. Sungai Brahmaputra, India

Sebagai salah satu sungai terbesar yang ada di Asia, Sungai Brahmaputra mempunyai panjang aliran sungai hingga 3848 km. Sungai ini memiliki aliran yang mengalir ke beberapa negara seperti Nepal, Bhutan, Bangladesh, dan India. Muara sungai Brahmaputra adalah Sungai Gangga. Sedangkan asal mula aliran sungainya adalah Pegunungan Himalaya yang adai di Tibet. Sekedar informasi, sebagian besar aliran air pada sungai Brahmaputra melewati negara India.

Baca juga: Sungai dalam Laut

Sungai terpanjang yang ada di benua Asia, kebanyakan memang melewati beberapa negara. Sungai sendiri memiliki peranan yang cukup besar terhadap kehidupan manusia. Oleh karena itulah kenapa kebersihan dan kelestarian sungai harus tetap dijaga. Demikianlah ulasan terkait dengan negara mana saja yang memiliki sungai terpanjang di asia, semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Daftar Sungai Terpanjang di Benua Asia