Daftar Sungai Terpanjang di Benua Eropa Beserta Negara dan Kota yang Dilewatinya

Apa nama sungai terpanjang di Eropa? - Eropa merupakan salah satu benua besar yang ada di dunia (lihat: Peta Eropa). Benua Eropa terletak berdekatan dengan Benua Asia dan Benua Afrika. Di benua Eropa terdapat beberapa kondisi alam yang sangat menarik, salah satunya sungai. Apabila diurutkan berdasarkan panjangnya, Anda dapat lebih mudah mengenal sungai-sungai yang ada di benua ini. Pada uraian berikut akan dijelaskan mengenai 4 sungai terpanjang yang ada di benua Eropa.

Sungai adalah aliran air yang ada di tengah daratan. Umumnya sungai mengalir dari sumber mata air dan bermuara ke laut. Adanya sungai memberikan manfaat kepada orang di sekitarnya. Di benua Eropa tercatat 4 sungai terpanjang yang harus Anda ketahui. Panjangnya aliran sungai membuat keempat sungai tersebut melewati berbagai negara dan kota-kota besar (lihat juga: sungai terpanjang di Asia).

Nama Sungai Nama Kota yang Dilewati
Volga Astrakhan, Kazan, Nizhny, Novgorod, Samara, Saratov, Tver, Ulyanovsk, Volgograd, Yaroslavl
Donau Bratislava, Beogard, Budapest, Gyurgeyo, Izmail, Mauthausen, Nikopol, Ulm, Weltenburg, Valhalla, Vukvar, Wina
Ural Atyrau, Kazakhstan, Magnitogorsk, Oral, Orenburg, Orsk
Dnieper Arheimar, Bykhaw, Cherkasy, Dnipro, Dorogobuzch, Enerhodar, Kamjanske, Kamianka-Dniprovska, Kaniv, Kherson, Kiev, Kremenchuk, Mahanets, Mahilyow, Nova Kakhovka, Nikopol, Orsha, Rahachow, Rechytsa, Smolensk, Skhlow, Zaporizhia, Zhlobin

sungai terpanjang di benua eropa

1. Sungai Volga
Predikat sungai terpanjang di Eropa diraih oleh sungai Volga. Secara administratif, sungai Volga termasuk dalam negara Rusia. Sungai Volga mengalir di bagian barat Rusia. Sungai ini mengelilingi 11 kota terbesar negara tersebut salah satunya ibukota negara Moskwa. Hulu yang menjadi sumber mata air sungai Volga adalah perbukitan Valdai. Dari mata air tersebut, sungai Volga mengalir sejauh 3.692 km sebelum sampai ke laut Kaspia.

Volga memiliki 2 anak sungai yaitu Oka yang ada di sebelah kanan dan Kama yang ada di sebelah kiri. Sungai Volga terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Volga atas yang dimulai dari sumber mata air sampai anak sungai Oka, Volga tengah yang merupakan pertemuan anak sungai Oka dengan anak sungai Kama, dan Volga rendah yang merupakan pertemuan anak sungai Kama ke ujung Volga.

2. Sungai Donau
Sungai Donau mengalir sejauh 2850 km dan menjadi sungai terpanjang kedua di Eropa. Sumber mata air sungai Donau berada di Hutan Hitam di Jerman dan bermuara sampai Laut Hitam di Rumania. Sungai Donau melalui 10 negara dengan masing-masing terdapat beberapa kota yang dilaluinya.

Sungai Donau memiliki anak sungai yang tersebar di 7 negara lainnya. Bentuk fisik sungai Donau yang lebar dan dalam dimanfaatkan oleh warga setempat untuk transportasi kapal. Untuk mempermudah transportasi, bagian hulu telah dibangun terusan yang terhubung dengan sungai Main menuju sungai Rhein.

3. Sungai Ural
Di Rusia dan Kazakhstan terdapat sungai Ural dengan panjang 2428 km. Tidak hanya di benua Eropa, sungai Ural juga melewati benua Asia (lihat disini: Peta Asia). Hulu sungai Ural berada di Rusia dan hilirnya berada di Laut Kaspia. Dalam proses alirannya, sungai Ural melewati beberapa kota. Debit air yang mengalir di sungai Ural sebesar 400 m3/s.

4. Sungai Dnieper
Sungai sepanjang 2285 km ini melewati berbagai kota di Rusia, Belarusia, dan Ukraina dengan persentase terbesar di Ukraina. Hulu sungai Dnieper ada di rawa-rawa di perbukitan Valdai dan bermuara ke Laut Hitam, Dnieper estuary, dan Dnieper-Bug estuary. Sejak dulu, sungai Dnieper telah dijadikan sebagai jalur transportasi air. Pada 1948, dibangun kembali PLTA yang memanfaatkan aliran sungai Dnieper.

Sungai terpanjang di Eropa menjadi perhatian bagi siapapun. Informasi-informasi di atas merupakan hal yang wajib Anda ketahui.

Daftar Sungai Terpanjang di Benua Eropa Beserta Negara dan Kota yang Dilewatinya