Daftar Sungai Terpanjang di Pulau Jawa

Sungai Terpanjang di Pulau Jawa - Sungai memiliki peran penting untuk makhluk hidup. Bukan hanya manusia, tapi juga hewan dan tumbuhan. Sungai sendiri memiliki panjang yang bervariasi. Untuk Indonesia, khususnya Pulau Jawa sungai yang ada memang tidak sepanjang sungai di Kalimantan. Namun, sungai tersebut masih sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Seperti halnya 4 sungai terpanjang di Pulau Jawa di bawah ini yang hingga saat ini keberadaannya masih bisa berguna bagi masyarakat. Berikut daftar beserta ulasan dan tabelnya.

1. Sungai Bengawan Solo
Sungai pertama yang masuk ke daftar ini adalah Sungai Bengawan Solo. Sesuai dengan namanya, sungai ini terletak di wilayah Solo, Jawa Tengah. Sungai ini memiliki dua hulu yaitu di Pegunungan Sewu, Wonogiri dan juga Ponorogo. Muara dari Bengawan Solo adalah di Gresik, Jawa Timur.

Dengan panjang mencapai 548,53 km dan melewati 2 buah provinsi di Jawa maka tak heran jika sungai ini dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Pulau Jawa. Saking populer dan melegenda bahkan sungai yang satu ini memiliki lagu khusus yang diciptakan dengan terinspirasi dari Sungai Bengawan Solo (lihat lebih lengkap: Sungai Terpanjang di Indonesia).

No. Nama Sungai Panjang Letak
1 Sungai Bengawan Solo 548,53 km Solo, Jawa Tengah
2 Sungai Brantas 320 km Batu, Jawa Timur
3 Sungai Citarum 300 km Bandung, Jawa Barat
4 Kali Pesanggrahan 66,7 km Jakarta

2. Sungai Brantas
Yang kedua ada Sungai Brantas dengan panjang 320 km. Sungai tersebut mempunyai mata air yang asalnya dari Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, tepatnya dari Gunung Arjuno. Di Mojokerto Jawa Timur, Sungai Brantas akan bercabang menjadi dua bagian yaitu Kali Mas dan Kali Porong. Kali Mas mengarah ke Surabaya, sementara Kali Porong akan menuju ke Sidoarjo. Dengan model pola aliran sungai yang seperti itu maka tak heran jika Sungai Brantas menjadi sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa.

3. Sungai Citarum
Selanjutnya ada Sungai Citarum yang berada di Bandung, Jawa Barat. Sungai terbesar di Jawa Barat ini mempunyai nilai sejarah, nilai ekonomi, dan juga nilai sosial yang tinggi. Sayangnya terhitung sejak tahun 2007 sungai ini menjadi salah satu sungai yang tingkat pencemaran airnya tinggi di dunia. Hulu sungai ini berada di Gunung Wayang Selatan Bandung yang akan mengalir ke daerah utara yang muaranya di Laut Jawa.

4. Kali Pesanggrahan
Sungai yang berada di ibukota Indonesia ini masuk ke dalam daftar sungai terpanjang di daerah Pulau Jawa. Kali Pesanggrahan mengalir melewati Kabupaten Bogor dan menuju ke Depok serta Tangerang. Kecamatan yang dilalui oleh Kali Pesanggrahan antara lain Bojong Gede, Tanah Sereal, Limo, Sawangan, dan lain sebagainya.

Bisa dibilang jika sungai yang satu ini termasuk ke dalam sungai yang cukup bersih yang ada di Jakarta. Karena alasan itulah maka tak banyak kasus banjir yang terjadi akibat luapan Kali Pesanggrahan. Sungai tersebut memiliki panjang 66.7 km yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang ke empat yang ada di Pulau Jawa.

Daftar 4 sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut hingga kini masih ada. Akan tetapi seiring berjalannya waktu kebersihan sungai mulai terjaga. Padahal fungsi sungai dan manfaatnya sangat besar bagi umat manusia (lihat juga: Sungai Terpanjang di Sumatera). Meski tak semuanya menjadi tempat untuk mencari mata pencaharian namun sungai-sungai di atas tetap harus dijaga demi kepentingan bersama.

Daftar Sungai Terpanjang di Pulau Jawa