Kondisi Geografis Pulau Papua : Batas, Topografi, Iklim dan Keadaan Alam

Bagaimanakah kondisi geografis Pulau Papua? - Indonesia terdiri atas berbagai keadaan geografi wilayah yang berbeda. Mulai dari Sabang sampai Merauke, kondisi geografis yang dimiliki tampak berbeda satu sama lain. Perbedaan ini kebanyakan disebabkan karena posisi geografis yang mempengaruhi bentuk bentang alam, iklim, dan fitur-fitur alam di suatu wilayah.

Kondisi geografis Pulau Papua adalah hal yang menarik untuk dibahas. Hal ini dapat terlihat dengan cukup banyaknya properti geografi yang berbeda dengan pulau besar lainnya di Indonesia.

Seperti yang diketahui bahwa Pulau Papua adalah pulau yang terletak di ujung timur Indonesia. Pulau Papua terbagi menjadi 2 wilayah utama, yaitu masuk Indonesia dan Papua Nugini. Berikut merupakan kondisi lain yang menggambarkan geografis Pulau Papua.

Batas-Batas Pulau Papua

Setiap wilayah pastinya memiliki perbatasan di sekelilingnya. Perbatasan wilayah tersebut dapat berupa daratan, laut atau keduanya. Untuk lebih memahami batas wilayah Pulau Papua, perhatikan tabel berikut:
Bagian Batas Daratan Batas Laut
Utara - Samudera Pasifik
Barat Kepulauan Maluku Laut Banda
Selatan Benua Australia Samudera Hindia, Teluk Carpentaria, Laut Arafuru
Timur Papua Nugini -

Lihat juga: kondisi geografis pulau jawa

Dari tabel tersebut dapat diketahui bahwa batas daratan Pulau Papua adalah Kepulauan Maluku di sebelah barat, Benua Australia di sebelah selatan, dan Papua Nugini di sebelah timur. Sedangkan batas lautan adalah Samudera Pasifik di sebelah utara, Laut Banda di sebelah barat, serta Samudera Hindia, Teluk Carpentaria, dan Laut Arafuru di sebelah selatan.

Kondisi Topografi Pulau Papua

Wilayah Pulau Papua seluas 786 ribu km2. Wilayah Pulau Papua terdiri atas wilayah pemerintahan Indonesia dan Papua Nugini. Kota dengan topografi tertinggi di Papua berada di Kabupaten Puncak Jaya, sedangkan kota dengan permukaan terendah di Papua berada di Kota Merauke.

Sebesar 71% wilayah di Papua merupakan hutan hujan tropis yang susah untuk didatangi oleh manusia. Hal tersebut disebabkan oleh adanya lembah dan pegunungan tinggi. Akibat kondisi wilayah yang berbeda-beda, persebaran penduduk menjadi tidak rata karena menyesuaikan dengan kondisi wilayah yang dapat ditempati.

Ketahui juga: kondisi geografis pulau kalimantan

Kondisi Iklim Papua

Kondisi geografis Pulau Papua salah satunya melihat kondisi iklim. Kelembaban Pulau Papua termasuk tinggi, yaitu antara 80% sampai 89%. Kondisi kelembaban ini juga mempengaruhi persebaran penduduk di Pulau Papua. Curah hujan juga menjadi faktor iklim yang dapat diperhatikan.

Curah hujan di Pulau Papua berkisar 45mm sampai 255mm per tahun. Tingkat curah hujan ini tergolong tinggi. Sedangkan kondisi iklim lain yaitu suhu udara rata-rata menunjukkan suhu 29°C sampai 31,8°C.

Suhu udara akan semakin menurun ketika posisi kita berada di lokasi yang tinggi, misalnya di Kabupaten Puncak Jaya dan pegunungan Jayawijaya suhu rata-ratanya bisa mencapai 14,5°C. Maka tidak heran jika beberapa lokasi tertinggi di pegunungan Jayawijaya menghasilkan salju.

Pelajari juga: kondisi geografis pulau sulawesi

4. Keadaan Bentang Alam Pulau Papua
Pulau Papua memiliki banyak daerah yang terkenal keindahan bentang alamnya. Bentang alam yang bisa ditemui cukup lengkap, antara lain mulai dari pantai, sungai, dataran rendah, dataran tinggi, gunung, dan pegunungan.

Beberapa lokasi dataran rendah merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal di Pulau Papua. Khusus mengenai dataran rendah, lihat juga nama-nama dataran rendah di pulau sulawesi.

Dataran rendah merupakan hamparan dengan ketinggian kurang dari 200 meter. Terdapat beberapa lokasi dataran rendah yang terkenal. Selain itu, terdapat beberapa lokasi sungai dan gunung di Pulau Papua.

Bentang Alam Contoh
Pantai Pantai Teluk Triton, Pantai Yen Baba, Pantai Pulau Venue, Pantai Bakaro.
Daerah Rendah Pesisir Arafura, Pesisir Trans-Fly, Pesisir Teluk Papua.
Gunung Puncak Idenburg, Puncak Trikora, Pyramid Puncak Jaya, Puncak Carstenz.
Sungai Sungai Digul, Sungai Baliem, Sungai Bian, Sungai Kamundan.

Informasi mengenai perbatasan wilayah, kondisi topografi, iklim, dan keadaan alam merupakan rincian kondisi geografis Pulau Papua. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobat geologinesia.

Soal yang terjawab dari pembelajaran ini adalah : bagaimana kondisi geografis pulau papua, jelaskan batas pulau papua, apa batas daratan pulau papua, jelaskan keadaan alam pulau papua, sebutkan batas wilayah pulau papua, jelaskan mengenai kondisi geografis pulau papua, tuliskan batas laut pulau papua, bagaimana geografis pulau papua, sebutkan kondisi geografis papua.
Update: Agustus 2021.
Komentar