Nama Dataran Rendah di Sulawesi yang Terkenal

Dataran rendah di Sulawesi - Indonesia terkenal memiliki kenampakan alam yang beragam. Tidak hanya pegunungan dan dataran tinggi yang banyak ditemukan di Indonesia, dataran rendah juga menjadi kenampakan alam yang jumlahnya tidak sedikit. Dataran rendah adalah wilayah daratan yang berukuran cukup luas dengan ketinggian umumnya tidak lebih dari 200 meter.

Dataran rendah kebanyakan ditemukan di daerah dekat pantai meskipun tak sedikit juga dataran rendah yang ditemukan di daerah pegunungan. Setiap daerah di Indonesia juga memiliki dataran rendah masing-masing. Seperti di Sulawesi juga memiliki dataran rendah. Berikut adalah beberapa dataran rendah di Sulawesi yang cukup terkenal (lihat disini: Ciri-Ciri Dataran Rendah).

Sudah sedikit dijelaskan sebelumnya jika Indonesia terdiri dari berbagai kenampakan alam, salah satunya dataran rendah. Dataran rendah ini pun tersebar di beberapa wilayah. Misalnya adalah beberapa dataran rendah di Sulawesi berikut. Dataran rendah berikut adalah dataran rendah yang cukup terkenal di Sulawesi dan biasanya juga menjadi destinasi wisata masyarakat setempat.

1. Dataran Rendah Maros
Dataran rendah pertama yang ada di Sulawesi adalah dataran rendah Maros yang terletak di Kawasan Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Di dataran rendah ini juga menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia. Selain pemandangan daratan yang luas dan indah, salah satu daya tarik dari dataran rendah ini adalah adanya situs taman prasejarah. Jadi selain bisa menikmati pemandangan dataran rendah yang menakjubkan, Anda juga bisa belajar dari situs prasejarah yang ada disini.

2. Dataran Rendah Barru
Kabupaten Barru yang juga berada di Kawasan Sulawesi Selatan ini juga memiliki berbagai dataran rendah dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Beberapa destinasi wisata yang terdapat di daerah dataran rendah Barru ini antara lain Celebes Canyon, air terjun 7 susun batulapa, bukit maddo dan beberapa destinasi lainnya. Dataran rendah Barru ini banyak terdapat di pesisir barat. Di daerah dataran rendah ini terdiri dari sebagian wilayahnya adalah rawa, daerah pasang serta sungai-sungai besar.

3. Dataran Rendah Mamuju
Dataran rendah yang terkenal di Sulawesi selanjutnya berada di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat. Dataran rendah di sepanjang pantai di Bulukumba selain memiliki pemandangan yang indah juga memiliki potensi untuk dijadikan sebagai jalur transportasi darat. Selain itu di dataran rendah ini juga memiliki keanekaragaman hayati yang masih alami karena belum banyak dieksplor.

4. Dataran Rendah Bulukumba
Kabupaten Bulukumba juga menjadi salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dengan topografi yang terdiri dari sebagian besar adalah dataran rendah. Dataran rendah di Bulukumba ini bisa mencapai 7 kecamatan dari 10 kecamatan yang ada di Bulukumba. Daerah dataran rendahnya memiliki ketinggian antara 0-25 m di atas permukaan laut.

Masih ada beberapa dataran rendah lain yang terkenal di Pulau Sulawesi. 4 dataran rendah yang disebutkan di atas hanyalah beberapa tang terkenal. Dataran rendah yang ada di Sulawesi bisa dikelompokkan berdasarkan letaknya seperti yang ada di tabel berikut.
Nama Dataran Rendah Lokasi
Dataran Rendah Maros Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan
Dataran Rendah Barru Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan
Dataran Rendah Mamuju Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
Dataran Rendah Bulukumba Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Demikian tadi adalah daftar dataran rendah di Sulawesi yang terkenal dan banyak dikunjungi karena memiliki pesona dan daya tarik wisata. Pulau Sulawesi adalah salah satu pulau di Indonesia dengan bentuk topografi yang beragam di Indonesia. Maka tak heran jika di Sulawesi Anda tidak hanya akan menemukan pegunungan dan dataran tinggi saja, namun juga pantai dan dataran rendah.

Nama Dataran Rendah di Sulawesi yang Terkenal