Daftar Sungai Terpanjang di Kamboja

Apa nama sungai terpanjang di Kamboja? - Kamboja adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara (lihat: Peta Kamboja). Negara tersebut memiliki kekayaan alam yang melimpah, salah satunya yaitu sungai. Kendati sungai yang ada di negara tersebut tak sebanyak jumlahnya dengan yang ada di Indonesia, namun negara tersebut masih memiliki sejumlah sungai yang dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. Berikut adalah daftar 4 sungai terpanjang di Kamboja yang harus Anda ketahui.

1. Sungai Mekong (4.350 km)
Sungai pertama yang bisa masuk ke dalam kategori sungai paling panjang di Kamboja adalah Sungai Mekong. Sungai tersebut mendapat predikat di urutan ke-9 sungai terpanjang di dunia dan dinobatkan juga sebagai sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai Mekong mengaliri sejumlah negara seperti Kamboja, Myanmar, Cina, Thailand, Laos, dan juga Vietnam. Sungai yang satu ini memiliki nilai historis yang tinggi bagi sejumlah negara di Asia Tenggara. Sebenarnya sumber (hulu) dari sungai tersebut belum dapat dipastikan karena sejumlah anak sungai yang dilaluinya.

2. Sungai Kong (480 km)
Sungai selanjutnya yang masuk ke dalam kategori 4 sungai terpanjang di Kamboja adalah Kong River. Kong River memiliki nama lain yaitu Se Kong atau Xe Kong. Sungai tersebut berasal dari daerah Vietnam Tengah, atau lebih tepatnya di Provinsi Thua Thien-Hue. Sungai ini mengalir melewati Laos Selatan dan juga Kamboja Timur, kemudian bergabung ke Sungai utama Kamboja yaitu Sungai Mekong di wilayah Stung Treng, Kamboja. Bagian dari jalur sungai tersebut membentuk suatu batas wilayah internasional bagi negara Kamboja dan Laos.

Daftar 4 Sungai Paling Panjang di Kamboja
Nama Sungai Panjang Sungai Aliran
1. Sungai Mekong 4.350 km Kamboja, Myanmar, Cina, Thailand, Laos, Vietnam
2. Sungai Kong 480 km Kamboja, Laos
3. Sungai Sangkae 250 km Kamboja
4. Sungai Saigon 225 km Kamboja, Vietnam

3. Sungai Sangkae (250 km)
Di urutan ketiga ada Sungai Sangkae (Sangkae River) atau yang memiliki nama lain Stung Sangkae atau Stung Sangké. Sungai ini menjadi salah satu sungai utama di Kamboja selain Sungai Mekong. Sangkae River berada di Provinsi Battambang di sebelah barat laut negara Kamboja. Panjangnya yang mencapai 160 mil tersebut mengalir melewati 6 kabupaten serta 27 komune. Aliran tersebut akan menuju ke Danau Tonle Sap.

Berdasarkan data dari Departemen Sumber Daya Air Battambang di tahun 2013, sungai tersebut memiliki kedalaman rata-rata yaitu sekitar 6,79 meter atau 22,3 kaki saat musim hujan, dan juga 2,35 meter atau 7,7 kaki saat musim kemarau.

4. Sungai Saigon (225 km)
Sungai terakhir yang masuk ke dalam daftar sungai paling panjang di Kamboja adalah Sungai Saigon. Saigon River merupakan sungai yang mengaliri dua negara yaitu Vietnam dan Kamboja. Jika dilihat dari Vietnam, sungai tersebut berada di daerah Vietnam Selatan yang menjulang hingga ke daerah Phum Daung di Kamboja Tenggara. Kemudian sungai tersebut akan mengalir ke arah selatan sejauh 230 kilometer atau sekitar 140 mil hingga muaranya berada di Soai Rap.

Sungai tersebut dinamakan sebagai Sungai Saigon karena letaknya. Sungai tersebut bergabung 29 km ke arah timur laut dari kota Ho Chi Minh. Kota tersebut sebelumnya dinamakan dengan Saigon. Saigon River memiliki fungsi utama bagi kota Ho Chi Minh. Fungsi utamanya adalah sebagai pemberi pasokan air utama bagi masyarakat di sana. Selain itu, Saigon River juga menjadi rumah bagi Pelabuhan Saigon yang terkenal.

Itulah tadi daftar 4 sungai terpanjang di Kamboja. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Sekian.

Daftar Sungai Terpanjang di Kamboja